Analisis Efisiensi Pemasaran Pada Rantai Pasok Kopi Robusta Kelompok Tani Tugu Sari, Desa Baturetno, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang

Puspasari, GayatriAyu (2016) Analisis Efisiensi Pemasaran Pada Rantai Pasok Kopi Robusta Kelompok Tani Tugu Sari, Desa Baturetno, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi merupakan komoditas perkebunan yang dikenal oleh masyarakat mulai dari kalangan ekonomi atas sampai kalangan ekonomi bawah. Ditinjau dari segi produksi, Indonesia menempati urutan ketiga sebagai negara penghasil kopi setelah Brazil dan Vietnam (Kementrian Perindustrian, 2013). Daerah penghasil kopi di Indonesia salah satunya yaitu di Desa Baturetno, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Tanaman kopi yang dibudidayakan di Desa Baturetno adalah kopi robusta. Hasil panen kopi robusta petani tidak hanya dijual di dalam negeri saja, melainkan juga dijual ke luar negeri. Pemasaran kopi hingga ke luar negeri tidak menjamin petani hidup lebih sejahtera karena harga kopi ditingkat petani tergolong rendah. Harga yang rendah disebabkan oleh kualitas kopi yang kurang baik dan pasca panen yang masih sederhana. Agar dapat meningkatkan daya saing kopi robusta, maka perlu diterapkan strategi rantai pasok yang mampu membuat sistem rantai pasok menjadi efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola aliran rantai pasok kopi robusta meliputi aliran barang, uang, dan informasi, serta mengetahui margin pemasaran di setiap saluran pemasaran. Penelitian dilaksanakan di kelompok tani Tugu Sari, Desa Baturetno. Penentuan lokasi dengan metode purposive. Penentuan responden petani dengan menggunakan metode sensus, dikarenakan populasi hanya 26 orang. Sedangkan untuk penentuan responden lembaga pemasaran, dilakukan dengan metode snowball sampling, yaitu lembaga pemasaran yang berhubungan langsung dengan petani. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis margin pemasaran. Pada rantai pasok kopi robusta di kelompok tani Tugu Sari, terdapat dua pola aliran barang yaitu dari petani ke pedagang besar dan dari petani ke ii pedangang pengumpul. Pola aliran uang bermula dari konsumen ke pedagang pengumpul lalu ke petani dan dari konsumen ke pedagang besar lalu ke petani. Sedangkan pada aliran informasi, terdapat dua aliran yaitu informasi pemasaran yang bersumber dari konsumen lalu ke pedagang pengumpul atau ke pedagang besar kemudian diteruskan ke petani melalui perantara sopir jasa pengangkutan. Aliran informasi mengenai budidaya diperoleh petani dari kegiatan penyuluhan dan dari Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT). Nilai margin pada saluran pemasaran I, diperoleh hasil Rp.1.050/kg dengan share harga sebesar 95,57%. Angka tersebut menunjukkan bahwa selisih harga kopi di pedagang pengumpul dan di petani yaitu sebesar Rp. 1.050/kg, dan sebesar 95,57% harga kopi di pasaran diterima oleh petani. Nilai margin saluran pemasaran kedua adalah Rp. 1.600/kg dengan share harga sebesar 93,85%. Angka tersebut menunjukkan bahwa selisih harga kopi di pedagang besar dan di petani yaitu sebesar Rp. 1.600/kg dan sebesar 93,85% harga kopi di pasaran yang diterima oleh petani. Maka diperoleh hasil bahwa saluran pemasaran pertama yang paling efisien.

English Abstract

Coffee is the commodities known in the community ranging from upper class economy until down class economy. In terms of production, Indonesia ranks third as a coffee producer after Brazil and Vietnam (Kementrian Perindustrian, 2013). One of the coffee-producing areas in Indonesia, namely the Village Baturetno, Dampit subdistrict, Malang. Coffee plants are cultivated in the village Baturetno is robusta coffee. Yields of robusta coffee farmers are not only sold domestically, but also sold abroad. Coffee marketing to overseas does not guarantee farmers more prosperous life for coffee prices for farmers is low. The price is low due to the lack of good quality coffee and post-harvest that is still simple. In order to enhance the competitiveness of robusta coffee, it is necessary to apply supply chain strategies that can make the supply chain system to be efficient. The purpose of this study was to determine the flow pattern of robusta coffee supply chain covers the flow of commodities, money and information, as well as knowing the marketing margin in every marketing channel. Research conducted at Tugu Sari farmer group, Village Baturetno. The location determination using purposive. Determination of the respondent farmers using census method, because the population is only 26 people. As for the determination of respondents marketing agencies, conducted by the snowball sampling method, the marketing agencies that deal directly with farmers. Collecting data using interviews, observation, and documentation. Data analysis method used is descriptive analysis and marketing margins. In robusta coffee supply chain in Tugu Sari farmer groups, there are two patterns that flow of commodities from farmers to wholesalers and merchants from farmers to collectors. The pattern of cash flow stems from consumers to traders and to farmers and consumers to wholesalers and then to the farmers. iv While the flow of information, there are two streams are sourced marketing information from consumers and then to traders or wholesalers then passed on to farmers through intermediaries driver freight services. The flow of information regarding the cultivation obtained by farmers from extension activities and of the Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT). The value margin on first marketing channel, the results obtained Rp. 1.050/kg with a share price of 95,57 %. The figure shows that the difference between the price of coffee traders and farmers is Rp. 1.050/kg, and 95,57 % in the market price of coffee is received by the farmer. The second marketing channel margin value is Rp. 1.600/kg with a share price of 93,85 %. The figure shows that the difference between the price of coffee in the big traders and farmers is Rp. 1.600/kg and amounted to 93,85 % in the market price of coffee growers received. The obtained results that the first marketing channels are most efficient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/163/ 051604655
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 01 Jun 2016 10:19
Last Modified: 01 Jun 2016 10:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131137
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item