Analisis Pengaruh Faktor Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap (Studi kasus Perusahaan Jenang Tradisional Lasimun UD Sari Murni Bono Boyolangu Tulungagung)

Widyasari, DhitaAyu (2015) Analisis Pengaruh Faktor Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap (Studi kasus Perusahaan Jenang Tradisional Lasimun UD Sari Murni Bono Boyolangu Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat berperan terhadap perekonomian nasional. Beberapa peran UMKM diantaranya adalah mampu menyediakan lapangan kerja atau membuka peluang kerja bagi masyarakat, dapat memanfaatkan sumber daya lokal yang ada dengan pengolahan sederhana, selain itu UMKM juga dapat mendorong adanya pengembangan dan inovasi teknologi. Pertumbuhan UMKM sendiri terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data, jumlah UMKM di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2012 adalah sebanyak 4.211.541, sebanyak 38.244 diantaranya berada di Kabupaten Tulungagung. Selanjutnya dari jumlah tersebut, beberapa diantaranya merupakan perusahaan yang memproduksi makanan khas atau makanan tradisional. Perkembangan UMKM secara langsung semakin meningkatkan persaingan antar UMKM. UD Sari Murni sebagai perusahaan acuan dalam penelitian ini merupakan salah satu UMKM yang memproduksi pangan olahan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka UD Sari Murni juga menghadapi persaingan pasar yang semakin tinggi, hal ini semakin diperkuat dengan munculnya UMKM baru yang juga memproduksi produk sejenis, yaitu jenang tradisional. Setiap perusahaan akan berusaha untuk dapat memenangkan persaingan tersebut, sekaligus mewujudkan konsumen yang loyal terhadap produk yang dipasarkan. Loyalitas konsumen sangat berperan bagi kelangsungan hidup perusahaan. Beberapa keuntungan yang diperoleh perusahaan dengan memiliki konsumen yang loyal adalah biaya pemasaran perusahaan akan berkurang. Selanjutnya biaya transaksi lebih rendah, hal ini dikarenakan perusahaan tidak memerlukan biaya lain untuk mengerjakan administrasi bagi konsumen baru. Keuntungan lainnya yaitu biaya perputaran pelanggan dan biaya kegagalan menurun. Hal sebaliknya yang menguntungkan perusahaan yaitu keberhasilan cross selling meningkat serta konsumen yang loyal terhadap perusahaan akan merekomendasikan produk kepada orang lain, sehingga hal ini membantu perusahaan memasarkan produk. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai. Tujuan pertama adalah, untuk mengetahui apakah faktor kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen jenang tradisional Lasimun. Kedua, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari masing-masing faktor tersebut terhadap loyalitas konsumen. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Analisis regresi linear berganda ini untuk mengetahui besarnya pengaruh masing-masing variael independen terhadap variabel dependen. Selanjutnya untuk menganalisis pengaruh secara simultan serta parsial dari ketiga faktor tersebut terhadap loyalitas konsumen, pengujian yang digunakan adalah dengan Uji T dan Uji F. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa ketiga faktor yang ada yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga memiliki pengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen. Hal ini dapat diketahui dari nilai signifikansi masing-masing faktor yang kurang dari 0,05. Selanjutnya secara simultan atau bersama-sama melalui Uji F yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa faktor kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga variabel independen yang ada yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga memiliki pengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen. Faktor kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga memiliki pengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi yang kurang dari 0,000 yaitu sebesar 0,07. Nilai koefisien regresi dari masing-masing faktor adalah kualitas produk sebesar 0,393, kualitas pelayanan sebesar 0,314, dan harga sebesar 0,281.

English Abstract

The development of Micro, Small, and Medium Enterprises has a big contribution to the national economy. Some of the role of it are able to provide jobs or employment opportunities, can take the benefit of local resources with simple processing, in addition it can also encourage the development and technological innovation. MSME is increasing continuesly from year to year. Based on data, the number of MSME in East Java province in 2012 was as much as 4.211.541, which is 38.244 of it are in Tulungagung. Some of them, are companies that produce special food or traditional food. The development of MSME causes the market competition inter MSME increase. UD Sari Murni as a company of reference in this study is one of the MSME that produces processed food. Based on it, UD Sari Murni have to face that competition, the new companies that produce same product make this condition more difficult. Every company always try to win the competition, and also create customer loyalty. Customer loyalty is very capitalize to company viability. Some advantages that company gets are marketing cost abated. Then, transaction cost lower, it caused company do not need other cost for do administration for a new consumer. The other advantage is the customer circle cost and failure cost are decreasing. The other positive things are customer loyalty makes cross selling increases, and the consumers that have a loyalty to the company will recommend product to other people, so it helps the company to sell their product. This study has several purposes that want to be approached. The first purpose is to determine which factor of product quality, service quality, and price has effect on customer loyalty of Lasimun traditional porridge. The second is this study want to determine how much the number of influence of each factors on customer loyalty. The analysis method in this research is multiple linear regression analysis. This analysis to determine the number of effectation of each independent variable to dependent variable. Then to analyze simultaneous and partial effect of these factors on custumer loyalty. The testing that used on it are T Test and Test F. Based on the research results, obtained the result that there are three factors, namely product quality, service quality, and price have partial effect on customer loyalty. It provable from the significant value of each factor of less than 0.05. Furthermore, simultaneous effect of these factors to customer loyalty can be seen through F test that has done, the result is that the factor of product quality, service quality, and the price have effect on customer loyalty. It provable from the of significance value which is less than 0,05 is equal to 0,000. The conclusion of this study is that product quality, service quality, and price have partial effect to customer loyalty. Second, product quality, service quality, and price have simultaneous effect to the customer loyalty. The last is coefficient value of each factoris 0,393 for product quality, 0,314 for service quality, and 0,281 for price.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/103/ 051604045
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 30 May 2016 15:18
Last Modified: 30 May 2016 15:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131072
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item