Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Sayuran Organik (Studi Kasus di Kurnia Kitri Ayu Farm, Kecamatan Sukun, Kota Malang)

Marcilia, Dita (2015) Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Sayuran Organik (Studi Kasus di Kurnia Kitri Ayu Farm, Kecamatan Sukun, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penduduk Indonesia sebagian besar yang tinggal di daerah pedesaan masih bermata pencaharian sebagai petani. Sistem pertanian di Indonesia kebanyakan masih menggunakan sistem bertani secara konvensional daripada sistem bertani secara organik. Pertanian organik sangat penting untuk dikembangkan pada era globalisasi ini. Perusahaan selalu berusaha semaksimal mungkin memelihara loyalitas dihati para pelanggan. Semakin banyak jumlah pelanggan yang loyal terhadap produk tersebut, semakin besar pula keuntungan yang didapat perusahaan. Hubungan pemasaran sangat penting karena tanpa adanya perantara dan masyarakat yang mengkonsumsi produk tersebut maka proses produksi dan distribusi produk akan terhambat. Pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang setia dengan merek produk yang sama, tetapi dalam kenyataannya masih banyak pelanggan sayuran organik Kurnia Kitri Ayu Farm yang masih membeli produk sayuran organik di tempat lain. Permasalahan yang terjadi pada sayuran organik Kurnia Kitri Ayu Farm sering terjadi pada transaksi jual beli sayuran organik. Hubungan antara perusahaan dengan pelanggan harus terjalin dengan baik dan seimbang supaya pelanggan menjadi nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena masih banyak masyarakat yang mengkonsumsi sayuran biasa yang penuh dengan bahan-bahan kimia daripada sayuran organik yang dapat menjaga kesehatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda, meliputi uji F (uji simultan), uji t (uji parsial), uji dominan, dan uji koefisien determinasi (adjusted R2). Sistem agribisnis sayuran organik Kurnia Kitri Ayu Fam terdiri dari penyiapan lahan, penyemaian benih, penanaman, pemeliharaan, pengendalian hama penyakit, panen, pasca panen, dan pemasaran. Hasil penelitian yang didapat membuktikan bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan dari relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan sayuran organik Kurnia Kitri Ayu Farm. Hasil tersebut dapat dilihat dari Fhitung > Ftabel (8.526 > 2.43). Variabel yang memiliki nilai signifikan < α (0.05) pada uji t, antara lain variabel kepercayaan sebesar 0.011, variabel komitmen sebesar 0.393, variabel komunikasi sebesar 0.013. Variabel yang dominan adalah variabel kepercayaan. Nilai adjusted R2 sebesar 0.434. Kesimpulannya, apabila ketiga variabel tersebut digunakan dalam relationship marketing pembelian sayuran organik Kurnia Kitri Ayu Farm akan berdampak lebih menguntungkan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan.

English Abstract

Indonesian population mostly living in rural areas still are farmers. Agricultural systems in Indonesia mostly still use conventional farming systems rather than organic farming system. Organic farming is crucial for development in this era of globalization. The company always try to maintain the loyal customers.. The more number of customers who are loyal to the product, the profit of company is more increasing. Relationship marketing is very important because without intermediaries and people who consume these products, the production and distribution process will be hampered. Loyal customer is a loyal customer to the brand of the same product, but in reality there are many customers organic vegetables of Kurnia Kitri Ayu Farm are still buying organic vegetable products in another place. The problems that occurred in the organic vegetable Kurnia Kitri Ayu Farm frequent in buying or selling organic vegetables. The relationship between the company and the customer should be well maintained and balanced so that customers become comfortable and satisfied with the services provided by the company. This research is important because there are many people who consume ordinary vegetables filled with chemicals than organic vegetables to keep their health. The method analysis that used in this research is multiple linear regression method, including the F test (simultaneous test), t test (partial test), the dominant test, and test the coefficient of determination (adjusted R2). Organic vegetable agribusiness system Kurnia Kitri Ayu Fam such as land preparation, seeding, planting, maintenance, pest and disease control, harvest, post-harvest and marketing. Research results obtained prove that simultaneously there is significant influence of relationship marketing on customer loyalty organic vegetables Kurnia Kitri Ayu Farm. The results can be seen from f test > f table (8.526 > 2.43). Significant value t <of α (0:05) is trust variables for 0.011, communication variables for 0.013, and satisfaction variables for 0.020. The dominant variable is a variable of trust. Adjusted R2 values for 0.434. In conclusion, if the three variables used in relationship marketing to purchase organic vegetables Kurnia Kitri Ayu Farm will impact more profitable to getting customer loyalty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/983/051602635
Uncontrolled Keywords: Hubungan pemasaran, loyalitas pelanggan, sayuran organi , relationship marketing, customer loyalty, organic vegetables
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 07 Apr 2016 11:26
Last Modified: 11 Nov 2021 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131038
[thumbnail of COVER_ALL.pdf]
Preview
Text
COVER_ALL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ISI_(REVISI).pdf]
Preview
Text
ISI_(REVISI).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item