Winahyu, Agung Kusumo (2015) Analisis Efisiensi Pemasaran Kopi Di Desa Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Subsektor Perkebunan Merupakan Salah Satu Komponen Sektor Pertanian Yang Diharapkan Mampu Berperan Dalam Menggerakkan Perekonomian Nasional. Hal Tersebut Dapat Dilihat Dari Kontribusi Subsektor Perkebunan Dalam Sebagian Pendapatan Devisa Negara. Adanya Peningkatan Nilai Ekspor Produk Perkebunan Sebesar 2,1% Daripada Periode Tahun 2011–2012 Akan Berakibat Pada Peningkatan Pendapatan Nasional. Dimana Kenaikan Nilai Ekspor Tersebut Ditopang Oleh Beberapa Komoditas Perkebunan Yang Salah Satunya Adalah Kopi (Detik Finance, 2013). Kopi (Coffea Robusta) Merupakan Salah Satu Komoditas Perkebunan Yang Dianggap Menguntungkan Dan Potensial Untuk Dikembangkan. Salah Satu Wilayah Perkebunan Rakyat Yang Memproduksi Kopi Di Jawa Timur Adalah Kabupaten Malang Tepatnya Di Desa Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo. Kopi Menjadi Salah Satu Sumber Penghasilan Bagi Masyarakat. Sebagian Besar Petani Kopi Di Desa Sumbertangkil Mengandalkan Pemasaran Produksinya Melalui Beberapa Lembaga Pemasaran. Pemasaran Yang Efisien Akan Berakibat Pada Harga Yang Terjadi Di Tingkat Petani Sebagai Produsen Dan Tingkat Konsumen Mendapatkan Share Harga Yang Sesuai, Dimana Konsumen Tidak Membayar Mahal Untuk Komoditas Tersebut Dan Petani Juga Tidak Menerima Harga Yang Rendah. Harga Yang Diterima Oleh Petani Menjadikan Pengaruh Terhadap Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Petani. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah (1) Mengidentifikasi Aliran Saluran Pemasaran Kopi Di Desa Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. (2) Menganalisis Efisiensi Pemasaran Kopi Di Desa Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Adanya Lembaga Pemasaran Yang Terlibat Serta Panjangnya Saluran Pemasaran Kopi, Menyebabkan Resiko Kerusakan Semakin Besar Dan Harga Yang Dibayar Konsumen Untuk Memperoleh Barang Tersebut Akan Semakin Tinggi. Untuk Mengurangi Resiko Kerusakan Dalam Pemasaran Kopi Maka Beberapa Lembaga Pemasaran Melakukan Fungsi Pemasaran. Lembaga Pemasaran Kopi Melakukan Fungsi Pemasaran Seperti Fungsi Pertukaran, Fungsi Fisik Dan Fungsi Fasilitas Dengan Biaya Pemasaran Yang Mungkin Terjadi Antara Lain Biaya Pembelian Dan Penjualan, Biaya Bongkar Muat, Biaya Sortasi Dan Grading, Biaya Pengemasan, Biaya Transportasi Dan Biaya Retribusi. Semakin Banyaknya Fungsi Pemasaran Yang Dilakukan Akan Menyebabkan Tingginya Biaya Pemasaran. Penentuan Daerah Penelitian Dilakukan Secara Sengaja Yaitu Di Desa Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Penentuan Lokasi Ini Mempertimbangkan Bahwa Daerah Tersebut Merupakan Salah Satu Sentra Produksi Kopi Di Jawa Timur Dan Dengan Kondisi Alam Dan Kesesuaian Lahan Di Daerah Tersebut Sangat Mendukung Untuk Budidaya Tanaman Kopi. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Seluruh Petani Kopi Yang Terdapat Di Desa Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Populasi Tersebut Kemudian Diambil Beberapa Sampel Petani Kopi. Dari Populasi Petani Kopi Yaitu 900 Orang, Dengan Menggunakan Rumus Slovin Maka Diperoleh Sampel Sebanyak 43 Orang. Jumlah Ini Dianggap Representatif Dan Memenuhi Syarat Untuk Menggambarkan Secara Maksimal Keadaan Populasi. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Data Primer Dan Sekunder. Analisis Digunakan Dalam Penelitian Ini Didasarkan Pada Dua Pendekatan Yakni Deskriptif Dan Kuantitatif. Analisis Kuantitatif Yang Digunakan Adalah Analisis Marjin Pemasaran, Analisis Efisiensi Harga, Analisis Efisiensi Operasional Serta Analisis Rasio Keuntungan Dan Biaya. Berdasarkan Analisis, Terdapat 3 Saluran Pemasaran Kopi Di Desa Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Adapun Saluran Pemasaran Tersebut Adalah Sebagai Berikut : (1) Petani – Pedagang Pengumpul Desa – Pedagang Pengumpul Kabupaten – Konsumen (2) Petani – Pedagang Pengumpul Kabupaten – Konsumen (3) Petani – Pengecer – Konsumen. Share Harga Yang Paling Tinggi Diterima Oleh Petani Terdapat Pada Saluran Pemasaran I Dengan Nilai Sebesar 90,20%. Sedangkan Share Paling Rendah Yang Diterima Oleh Petani Terdapat Pada Saluran Pemasaran Iii, Yaitu Sebesar 38,33%. Semakin Tinggi Perbedaan Harga Petani Dan Konsumen Menyebabkan Share Yang Diterima Petani Semakin Kecil. Rendahnya Share Yang Diterima Petani Menunjukkan Bahwa Petani Tidak Cukup Terlibat Dalam Proses Pembentukan Harga. Efisiensi Saluran Pemasaran Berdasarkan Nilai Rasio Dari Pembagian Antara Total Keuntungan Dan Biaya Fungsi Pemasaran Yang Dikeluarkan Saluran Pemasaran I, Ii Dan Iii Dapat Dikatakan Efisien Karena Mempunyai Nilai Lebih Dari 1. Hal Ini Disebabkan Keuntungan Yang Didapat Lembaga Pemasaran Lebih Besar Daripada Biaya Yang Dikeluarkan. Nilai Rasio Keuntungan Atas Biaya Yang Paling Tinggi Diperoleh Pedagang Pengumpul Kabupaten Pada Saluran Pemasaran Ii Sebesar 10,17. Sedangkan Nilai Rasio Keuntungan Atas Biaya Terendah Diperoleh Pedagang Pengecer Sebesar 3,18. Efisiensi Pemasaran Berdasarkan Analisis Efisiensi Harga Menunjukkan Bahwa Semua Saluran Pemasaran Kopi Di Desa Sumbertangkil Sudah Efisien Karena Semua Nilai Selisih Harga Seluruh Lembaga Pemasaran Lebih Besar Daripada Biaya Fungsi Pemasaran. Efisiensi Pemasaran Berdasarkan Analisis Efisiensi Operasional Berdasarkan Fasilitas Alat Angkut (Transportasi) Dari Masing-Masing Lembaga Pemasaran, Pedagang Pengumpul Desa Dan Pedagang Pengecer Pada Saluran Pemasaran I Dan Iii Masih Belum Efisien Karena Mengangkut Kopi Kurang Dari Kapasitas Kendaraan Sebesar 75% (Under Capacity). Sedangkan Pedagang Pengumpul Kabupaten Pada Masing-Masing Saluran Pemasaran I Dan Ii Sudah Efisien, Karena Mengangkut Kopi Sesuai Kapasitas Kendaraan Sebesar 100% (Full Capacity).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2015/93/051502031 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 16 Mar 2015 14:01 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 06:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130980 |
Preview |
Text
1._Hard_&_Soft_Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3._Kata_Pengantar.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2._Ringkasan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5._Daftar_Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4._Riwayat_Hidup.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6._Daftar_Tabel.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7._Daftar_Gambar.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
8._Daftar_Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
9._BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
10._BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
12._BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
11._BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
13._BAB_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
14._BAB_VI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
15._Daftar_Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |