Kajian Aspek Biologi Ikan Layang (Decapterus Russelli) Di Perairan Utara Pulau Madura Yang Didaratkan Di Pangkalan Pendaratan Ikan (Ppi) Pasongsongan Kabupaten Sumenep Jawa Timur

Syehbiarachman, Harend (2018) Kajian Aspek Biologi Ikan Layang (Decapterus Russelli) Di Perairan Utara Pulau Madura Yang Didaratkan Di Pangkalan Pendaratan Ikan (Ppi) Pasongsongan Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Provinsi Jawa Timur khususnya perairain utara pulau Madura memiliki komoditas sumber daya ikan pelagis kecil yang potensial salah satunya adalah ikan layang (Decapterus russelli). Ikan layang adalah salah satu ikan ekonomis penting yang digemari oleh sebagian besar masyarakat. Selain sebagai sumber pangan, ikan tersebut juga menjadi sumber pendapatan bagi para nelayan dan masyarakat pesisir utara madura khususnya di daerah Pasongsongan. Permintaan pasar terhadap ikan layang yang besar menyebabkan intensitas penangkapan meningkat dan berakibat pada penangkapan berlebih (overfishing). Pemanfaatan suatu potensi sumberdaya perairan harus didasari oleh prinsip pengelolaan sumberdaya alam yaitu tentang bagaimana cara untuk memanfaatkan sumberdaya alam tersebut dengan memperhatikan kelestariannya agar tetap terjaga serta agar dapat dimanfaatkan secara terus-menerus dan dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang. Pengelolaan perikanan membutuhkan suatu analisis dan informasi mendasar, terencana dengan benar dan terstruktur agar pengambilan keputusan dalam suatu pengelolaan tersebut dapat lebih efektif dan efisien. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Mei 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek biologi ikan layang berdasarkan beberapa parameter antara lain hubungan panjang berat, nisbah kelamin, tingkat kematangan gonad, indeks kematangan gonad, Length at first capture (Lc) dan length at first mature (Lm), analisis komposisi makanan, dan parameter pertumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu melakukan pengamatan dan pengambilan data secara langsung di lapang. Data kemudian dianalisis dengan bantuan sofware Microsoft Excel 2013 dan FISAT II (Fish Stock Assesment Tools). Berdasarkan analisis aspek biologi didapatkan jumlah sampel ikan layang sebanyak 600 ekor ikan, hubungan panjang dan berat layang benggol mendapatkan persamaan W = 0,213L2,7216 dengan pola pertumbuhan bersifat Allometrik negatif. Rasio nisbah kelamin jantan dan betina adalah 50 : 50.Tingkat kematangan gonad yang dijumpai dalam penelitian ini antara ikan jantan dan betina rata-rata banyak mencapai TKG I hingga IV, meskipun juga ada yang mencapai TKG 5 namun jumlahnya sedikit. Nilai indeks kematangan gonad didapatkan hasil rerata 1,74%. Nilai Lc sebesar 19 cmTL dan Lm 17,6 cmTL yang artinya ikan masih dalam ukuran belum layak tangkap. Analisa komposisi makanan didapatkan makanan utama layang benggol adalah Ochrophyta.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/606/051806391
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 597 Cold-blooded vertebrates > 597.7 Perciformes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Oct 2018 08:09
Last Modified: 24 Oct 2018 08:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13096
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item