Irfiana, Yuniar Rizki (2015) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perpindahan Konsumen Dari Pasar Tradisional Ke Pasar Modern Di Kota Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan ritel telah melanda negara-negara maju sejak 1920 khususnya Negara Amerika dan Kanada. Persaingan terjadi terutama antara usaha ritel tradisional dan ritel modern. Namun, menjelang tahun 1970 sampai dengan 1980 lalu persaingan telah meluas hingga ke negara-negara berkembang, awal tahun 1990-an merupakan tonggak sejarah masuknya retail asing ke Indonesia. Pengelola ritel asing mulai merambah masuk pasar dalam negeri yang menimbulkan persaingan sengit dengan pengelola ritel lokal. Pertambahan penduduk dan pertumbuhan kegiatan ekonomi yang pesat di beberapa wilayah menjadi peluang bagi ritel modern semakin berkembang di antara pasar tradisional sehingga keberadaan pasar tradisional semakin teracam. Kondisi ini ditambah dengan semakin meningkatnya tingkat pengetahuan, pendapatan, dan jumlah pendapatan keluarga ganda (suami-istri bekerja) dengan waktu yang terbatas. Ketika konsumen menuntut ’nilai lebih’ atas setiap uang yang dibelanjakannya, maka kondisi pasar tradisional yang kumuh, kotor, bau, dalam jam operasional yang relatif terbatas tidak mampu mengakomodasi hal ini. Kondisi ini menjadi salah satu alasan konsumen untuk beralih dari pasar tradisional ke pasar modern. Berdasarkan hal tersebut, alasan penelitian dilakukan yaitu untuk mengetahui seberapa besar perpindahan konsumen dari pasar tradisional ke pasar modern dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan gambaran umum perpindahan belanja konsumen masyarakat kota Gresik, (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi perpindahan belanja dari pasar tradisional ke pasar modern di Kota Gresik. Lokasi Penelitian ditentukan dengan metode purposive, yaitu Kota Gresik. Jenis data menggunakan data primer yaitu kuisioner. Untuk menjelaskan gambaran umum perpindahan belanja konsumen digunakan metode analisis deskriptif, serta faktor-faktor yang mempengaruhi perpindahan konsumen dari ii pasar tradisional ke pasar modern metode OLS (Ordinary Least Square) dengan model persamaan regresi linier berganda. Perilaku belanja masyarakat Kota Gresik cenderung lebih memilih untuk berpindah tempat atau beralih belanja kebutuhan sehari-hari ke retail modern dari pada ke pasar tradisional dengan presentase 34,8% dan 34% dengan alas an konsumen cari alternatif lain apabila kebutuhan mendesak dengan porsi waktu yang singkat. Sedangkan untuk konsumen yang hanya coba-coba melakukan pembelian di retail modern sebesar 31,2%, konsumen ini hanya tertarik dengan adanya promosi maupun iklan yang di tawarkan oleh retail modern Faktor-faktor yang berpengaruh positif terhadap perpindahan belanja masyarakat Kota Gresik yaitu Produk, Iklan dan Promosi, Personil Penjualan, Fasilitas, Atribut Fisik Toko, Atmosfer Toko dan Kepuasan Sesudah Transaksi. sedangkan faktor Lokasi dan Harga berpengaruh negatif terhadap perpindahan konsumen ke pasar modern. Pembenahan fasilitas, atmosfer pasar, kebersihan dan kenyamanan konsumen merupakan peran pemerintah yang harus di imbangi dengan tingkat pelayanan yang baik dan ramah para pedagang pasar tradisional agar dapat terwujudnya pasar tradisional yang setaraf dengan pasar modern
English Abstract
Retail competition has entered the advanced countries since 1920 particularly the United State and Canada. Competition occurs primarily between traditional retail business and modern retail. But 1970 to 1980 and then the competition has expanded to developing countries, the early 1990s marked a milestone in the entry of foreign retailers into Indonesia. Foreign retail business has made inroads in the domestic market that raises fierce competition with local retail managers. Population growth and rapid growth of economic activity in some areas into opportunities for modern retail is growing among traditional markets so that the existence of traditional markets increasingly. This condition coupled with the increasing level of knowledge, income, and the number of double-income family (husband and wife work) with limited time. When consumers demand value of any money that shoping, the traditional market conditions are rundown, dirty, smelly, in a relatively limited operating hours are not able to accommodate this. This condition is one reason consumers to switch from traditional markets to modern market. Based on this, the reason that the research conducted to find out how big the movement of consumers from traditional markets to modern market and the factors that influence it. The purpose of this study were (1) to describe the general picture of consumer spending urban community Gresik, (2) Knowing the factors that affect the movement of spending from traditional markets to modern market in Kota Gresik. Research location determined by purposive method, namely Kota Gresik. The type of data using primary data questionare. To explain the general picture, consumer movement using descriptive analysis, and the factors that affect the movement of consumers from traditional markets to modern market OLS (Ordinary Least Square) with a multiple linear regression model. iv Shopping behavior of people in Gresik tend to prefer to move or shift spending everyday needs of the modern retail to traditional markets with a percentage of 34.8% and 34% of the reasons consumers are looking for alternatives when immediate needs with a portion of a short time , As for consumers who just try to make purchases in the modern retail by 31.2%, the consumer is only interested in the promotion and advertising offered by modern retail Factors positive effect on public expenditure displacement Gresik namely Products, Advertising and Promotion, Sales Personnel, Facilities, Physical Attributes Store, Atmospheric Stores and Satisfaction After the Transaction. While the location and price factors negatively affect consumer move to the modern market. Settling facilities, market atmosphere, cleanliness and comfort of the consumers is the role of government should be balanced with a good level of service and friendly traditional market traders in order to realize the traditional market comparable to the modern market.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2015/836/ 051509658 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 20 Jan 2016 09:34 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 06:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130876 |
Preview |
Text
0910440222_BAB 3.pdf Download (340kB) | Preview |
Preview |
Text
0910440222_BAB 4.pdf Download (547kB) | Preview |
Preview |
Text
0910440222_BAB 2.pdf Download (360kB) | Preview |
Preview |
Text
0910440222_BAB 1.pdf Download (289kB) | Preview |
Preview |
Text
0910440222_COVER + DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) | Preview |
Preview |
Text
0910440222_BAB 5.pdf Download (568kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |