Upaya Meminimasi Waste Dengan Pendekatan Lean Healthcare Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Mawaddah Medika

Roikhan, Muhammad (2018) Upaya Meminimasi Waste Dengan Pendekatan Lean Healthcare Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Mawaddah Medika. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah Sakit Mawaddah Medika adalah salah satu rumah sakit di Kabupaten Mojokerto yang berdiri sejak tahun 2009. Permasalahan tentang adanya waste merupakan suatu permasalahan yang sering muncul dalam suatu instansi. Pada penelitian awal di Rumah Sakit Mawaddah Medika terdapat suatu masalah waste pada aktivitas menunggu proses pemeriksaan yang mana terjadi karena proses pencarian berkas rekam medis yang lama dan waste pada aktivitas pengecekan berkas rekam medis karena adanya kegiatan transportasi yang tidak dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu memberikan rekomendasi perbaikan untuk meminimasi atau menghilangkan waste yang ada dalam proses pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Mawaddah Medika sehingga proses pelayanan kesehatan bisa lebih efektif dan efisien serta meningkatkan kepuasan bagi para pasien. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner waste kepada petugas yang sudah ahli dibidangnya kemudian dilakukan pembobotan waste yang terbesar. Dari hasil pembobotan ini nantinya akan dianalisis penyebabnya dengan menggunakan diagram sebab akibat dan akan diberikan rekomendasi perbaikannya. Alur penelitian ini diawali dengan studi literatur, studi lapangan, identifikasi masalah, perumusan masalah dan tujuan masalah. Dilanjutkan dengan pengumpulan data, pengidentifikasian waste, penyusunan kuesioner, penyebaran kuesioner dan pembobotan waste kritis. Selanjutnya dilakukan analisis penyebab waste kritis, pembuatan rekomendasi perbaikan, kesimpulan dan saran. Pada penelitian ini dianalisa 8 macam waste pada lean healthcare yang mana terdapat 34 macam aktivitas yang masih tergolong waste. Berdasarkan penyebaran kuesioner yang telah dilakukan didapatkan bahwa aktivitas “menunggu proses pembuatan obat” memiliki persentase yang paling tinggi yaitu 7,268%, kemudian aktivitas “Pengecekan ada tidaknya berkas rekam medis pasien” sebesar 5,74%, lalu aktivitas “menunggu dokter datang ke ruang pemeriksaan” sebesar 5,74% dan aktivitas “berkas rekam medis menumpuk karena masih dalam proses” sebesar 5,33%. Dari keempat aktivitas ini akan dicari akar penyebabnya dengan diagram sebab akibat. Ada banyak faktor penyebab dari keempat macam aktivitas ini, salah satunya adalah lamanya waktu pencarian obat, stok obat di apotek habis atau kadaluarsa, penulisan keterangan obat di rak kurang jelas, salah entri obat, SOP kerja belum sesuai, tingkat komunikasi yang rendah, kurang motivasi, tenaga kerja kurang terampil, jumlah pegawai rekam medis sedikit, ruang pemeriksaan harus tenang dan tidak boleh ada gangguan, jumlah dokter yang sedikit, dll. Rekomendasi perbaikan yang dapat diberikan berupa pemberian label tulisan obat secara lebih besar dan jelas, adanya pengelompokan jenis obat, pemberian alat kontrol visual berupa slogan atau himbauan, penambahan rak dan area tempat penyimpanan obat, penambahan meja tempat pembuatan obat, menerapkan budaya 5S ke sesama pegawai, evaluasi mengenai prosedur kerja yang sesuai, penambahan jumlah pegawai rekam medis, mencari dokter pengganti sementara, dll.

English Abstract

Mawaddah Medika Hospital is one of the hospitals in Mojokerto Regency established since 2009. Waste Problems often arise in an institute. In preliminary research at Mawaddah Medika Hospital there is a waste problem on waiting activity of examination process which occured because the process of seeking old medical record files and waste on checking activity of medical record file because of unnecessary transportation. The purpose of this study is to provide improvement recommendations to minimize or eliminate existing waste in the process of health services at Mawaddah Medika Hospital so that the process of health services can be more effective and efficient and increase satisfaction for patients. This research was conducted by distributing waste questionnaires to officers who are experts in their field then carried out the highest waste weighting. From the results of this weighting will be analyzed the cause by using cause and effect diagram and will be given improvement recommendations. This research begins with literature studies, field studies, problem identifications, problem formulations and problem objectives. Followed by data collection, waste identification, questionnaires preparation, questionnaires distribution and critical waste weighting. Further analysis of critical waste causes, making improvement recommendations, conclusions and suggestions. This research analyzed 8 kinds of waste in lean healthcare which there are 34 kinds activities that still classified as waste. Based on questionnaires distribution, it was found that the activity of "waiting the drug manufacture process" has the highest percentage of 7.268%, then the activity of "Checking whether or not there is patient medical record file" of 5.74%, then activity "waiting for doctor to come to examination room" of 5.74% and activity" medical record files accumulate because they are still in process" of 5.33%. From these four activities will be sought the root cause with cause and effect diagram. There are many cause factors of the four kinds activities, one of them is the long duration to seek drugs, drugs stock in pharmacy runs out or expired, the lettering of drugs information on shelf are less clear, incorrect drug entry, work SOP is not appropriate, low communication level, lack of motivation, lack of skilled workers, lack of medical record workers, the examination room should be quiet and there should be no distruption, lack of doctors, etc. The improvement recommendations is given are larger and clearer drugs labelling, drugs grouping, provision of visual controls in the form of slogans or appeals, addition of shelves and drug storage areas, addition of a table for drugs manufacture, applying 5S culture to fellow employees, evaluation of appropriate work procedures, addition number of medical record employees, finding temporary doctors, etc.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/909/051809117
Uncontrolled Keywords: Diagram Sebab Akibat, Lean Healthcare, Waste Cause and Effect Diagrams, Lean Healthcare, Waste
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.7 Environmental problems > 363.72 Sanitation > 363.728 Wastes
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jan 2019 06:56
Last Modified: 12 Jan 2022 03:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13077
[thumbnail of Muhammad Roikhan.pdf]
Preview
Text
Muhammad Roikhan.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item