Analisis Efisiensi Pemasaran Wortel (Daucus Carota. L.) Di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Kusuma, ArdiAngga (2015) Analisis Efisiensi Pemasaran Wortel (Daucus Carota. L.) Di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran wortel pada petani responden di daerah penelitian dan menganalisis efisiensi pemasaran wortel dilihat dari distribusi marjin pemasaran, efisiensi saluran pemasaran, efisiensi harga dan efisiensi oprasional. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Penelitian ini telah dilakukan dalam kurun waktu 3 sampai 4 minggu. Metode penentuan responden petani dilakukan secara acak sederhana atau simple random sampling dengan jumlah sampel penelitian 31 petani, sedangkan metode penentuan responden lembaga pemasaran menggunakan non probability sampling dengan teknik snowball sampling. Analisis deskriptif digunakan digunakan mendeskripsikan lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran wortel dan fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan pada wortel di daerah penelitian. Analisis kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu analisis marjin pemasaran serta analisis efisiensi pemasaran. Untuk melihat panjang pendeknya rantai pemasaran yang mempengaruhi share petani dapat digunakan analisis marjin pemasaran. Dengan alat analisis ini dapat diketahui distribusi marjin pemasaran, distribusi share dari biaya pemasaran serta keuntungan lembaga-lembaga pemasaran terhadap marjin total dari berbagai saluran pemasaran. untuk mengetahui efisiensi pemasaran wortel, digunakan dua alat pengukur yaitu, efisiensi harga (pricing efficiency) dan efisiensi operasional (operational efficiency). Efisiensi harga berkaitan dengan keefektifan harga dalam mencerminkan biaya keluaran yang bergerak dalam sistem pemasaran sedangkan Efisiensi operasional berkenaan dengan keefektifan atau kemampuan dalam melakukan aspek-aspek fisik dalam pemasaran sesuai dengan tujuannya. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran wortel yang terjadi di Desa Tulungrejo dimana pada saluran pertama petani menjual wortel ke tengkulak, kemudian ke pedagang pengumpul dari Surabaya kemudian ke Konsumen luar kota. Saluran kedua yaitu Petani ke tengkulak, kemudian tengkulak ke pedagang pungumpul di pasar Samarinda dan berakhir pada konsumen luar pulau. Saluran ketiga dari Petani ke tengkulak, kemudian tengkulak ke pedagang pengecer Pasar Karangploso dan konsumen. Saluran ke empat sama dengan saluran sebelumnya, namun pada saluran ini pedagang pengumpul menjual wortelnya kepada pedagang pengecer di Pasar Batu. Pembagian fungsi lembaga pemasaran pada daerah penelitian di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yaitu petani melakukan fungsi penjualan. Tengkulak melakukan fungsi pembelian, bongkar muat, pengemasan, sortasi dan grading, transportasi, dan penjualan. Pedagang pungumpul melakukan fungsi pembelian, bongkar muat, pengemasan, sortasi dan grading, transportasi, retribusi, dan penjualan. Pedagang pengecer melakukan fungsi pembelian, bongkar muat, pencucian transportasi, retribusi, penjualan Berdasarkan perhitungan efisiensi saluran pemasaran, pada wortel kualitas grade A, saluran I lebih efisien dibandingkan saluran II, karena nilai efisiensi saluran pemasarannya lebih besar yaitu 3,21. Sedangkan wortel grade B, saluran IV sudah efisien, tetapi saluran III tidak efisien, karena nilainya kurang dari 1. Secara keseluruhan saluran pemasaran, saluran I juga yang paling efisien jika di bandingkan dengan saluran lainnya dengan efisiensi sebesar 3,21.Melalui pendekatan analisis efisiensi harga, baik wortel grade A dan grade B didapatkan hasil bahwa pada biaya transportasi maupu pada biaya tenaga kerja borongan di seluruh saluran pemasaran dikatakan sudah efisien, karena selisih harga yang lebih besar daripada rata – rata biaya transportasi dan biaya tenaga kerja. Melalui pendekatan analisis efisiensi oprasional untuk wortel grade A dan grade B didapat hasil bahwa pada tengkulak saluran pemasaran I sebesar 87,5%, tengkulak saluran pemasaran II sebesar 75%, dan pedagang pengecer saluran pemasaran IV sebesar 67,14% belum efisien. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I, diharapkan bahwa petani dan lembaga pemasaran lebih meningkatkan kegiatan pemasaran wortel seperti saluran I. Pada tingkat tengkulak dan pengecer dengan penggunaan fasilitas transportasi belum 100% dari kapasitas angkut. Maka dari itu diharapkan untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan kapasitas kendaraan yang dipergunakan untuk pendistribusian wortel dengan cara pengiriman ke beberapa pedagang dalam waktu bersamaan.

English Abstract

This study aimed to analyze the marketing channels of carrots at the farmer respondents in the area of research and analyze marketing efficiency carrots viewed from the marketing margin distribution, marketing channel efficiency, price efficiency and operational efficiency. Determination of the area of research done intentionally (purposive) that Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. This research has been carried out within a period of 3 to 4 weeks. Method of determining the respondent farmers carried out randomly or simple random sampling with sample 31 farmers, while the method of determining the marketing agency respondents using non-probability sampling with snowball sampling technique. Descriptive analysis is used to describe the marketing institutions that are involved in the marketing of carrots and marketing functions are performed on a carrot in the study area. The quantitative analysis used in this study there are two kinds of marketing margin analysis as well as analysis of marketing efficiency. To see the short length of the marketing chain affecting share can be used of farmers marketing margin analysis. With this analysis instrument can be known marketing margin distribution, distribution share of the cost of marketing and marketing agencies profit margin to the total of the various marketing channels. to determine the efficiency of the marketing of carrots, used two gauges, namely, the efficiency of the price and operational efficiency. Price efficiency with regard to the effectiveness of the price reflects the cost of the output which is engaged in the marketing system while operational efficiency with respect to the effectiveness or ability to perform the physical aspects in the marketing purpose. Results of research conducted shows that there are four marketing channels carrots that occurred in Tulungrejo wherein the first channel carrot farmers sell to the wholesaler, then to traders from Surabaya then to consumers outside of the city. A second channel Farmers to the wholesaler, and the wholesaler to traders in the market Samarinda and ends on consumers outside the island. The third channel of Farmers to the wholesaler, then the wholesaler to retailers and consumers Karangploso Market. The fourth channel is equal to the previous channel, but in this channel carrots traders sell to retailers in Batu Market. The division of functions marketing institutions on research in the area Tulungrejo, Bumiaji, Batu namely farmers to the sales function. Wholesaler perform the functions of purchasing, loading and unloading, packaging, sorting and grading, transportation, and sales. Traders do the purchasing function, loading and unloading, packaging, sorting and grading, transportation, fees, and sales. Retailers perform the functions of purchasing, loading and unloading, transportation laundering, charges, sales Based on the calculation of the efficiency of marketing channels, carrots quality grade A, channel I channel II is more efficient than, for values greater efficiency of marketing channels is 3.21. While carrots grade B, channel IV has been efficient, but the channel III is inefficient, because the value is less than 1. the whole marketing channels, channel I also most efficient when compared with other channels with the efficiency of 3.21. Through analysis approach price efficiency, both carrots grade A and grade B showed that the cost of transportation and the cost of labor contract in all marketing channels is said to have efficient, because the price difference is greater than the average - average cost of transport and labor costs. Through operational efficiency analysis approach for carrots grade A and grade B and the result is that the the wholesaler marketing channels I of 87.5%, the wholesaler marketing channel II by 75%, and retailer marketing channels IV of 67.14% is not efficient. The most efficient marketing channel is the first marketing channel , it is expected that farmers and marketing organizations improve marketing activities carrots as channel I. At the level of the wholesaler and retailer with the use of transport facilities have not been 100 % of the transport capacity. Thus it is expected to further optimize the capacity utilization of vehicles used for the distribution of carrots by way of delivery to multiple merchants in the same time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/682/ 051507675
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 16 Oct 2015 15:34
Last Modified: 16 Oct 2015 15:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130713
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item