Respon Wanita Pedagang Sayur-Mayur Terhadap Relokasi Pasar Dinoyo Ke Pasar Merjosari, Malang Jawa Timur

Ramadhani, Suci (2015) Respon Wanita Pedagang Sayur-Mayur Terhadap Relokasi Pasar Dinoyo Ke Pasar Merjosari, Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar merupakan pusat perekonomian masyarakat baik di pedesaan maupun perkotaan yang berperan penting dalam memajukan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan memiliki keunggulan bersaing secara alamiah. Pasar sebagai suatu bentuk pelayanan umum tempat transaksi jual beli barang bagi masyarakat, merupakan salah satu cerminan perekonomian dan sosial budaya setiap komunitas di dunia. Keberadaan pasar tradisional di era modern seperti sekarang ini tidak saja masih dibutuhkan, tetapi juga tidak dapat dipisahkan dari sistem kehidupan masyarakat Indonesia. Kota Malang merupakan salah satu kota yang masuk pada wilayah Provinsi Jawa Timur, dengan jumlah penduduk Kota Malang yang tergolong besar maka hal ini mempegaruhi jumlah daya beli konsumen terhadap barang di pasar. Salah satu pasar yang ada di Kota Malang adalah pasar dinoyo, namun pasar tradisional yang dianggap kumuh dan tidak tertata dengan rapi, sehingga pemerintah Kota Malang memberikan solusi agar pasar tradisional lebih baik dan punya daya saing maka perlu adanya revitalisasi yaitu dengan penggabungan antara pasar modern dengan pasar tradisional. Bentuk revitalisasi sendiri diimplementasikan dengan adanya pembangunan Mall Dinoyo City maka para pedagang di pasar Dinoyo direlokasi ke pasar Merjosari. Tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui respon wanita pedagang sayur-mayur terhadap relokasi pasar Dinoyo ke pasar Merjosari, mengetahui kontribusi sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan wanita pedagang sayur-mayur di pasar Merjosari dan mengetahui pendapatan wanita pedagang sayur-mayur setelah terjadinya relokasi pasar. Metode penentuan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive). Dalam penelitian ini penentuan sampel menggunakan purposive. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk menjelaskan tujuan penelitian. Skala Likert digunakan untuk mengukur respon wanita pedagang sayur-mayur. Respon wanita pedagang sayur-mayur dapat dilihat dari tiga aspek yaitu: aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek tindakan. respon wanita pedagang sayur-mayur terhadap relokasi pasar “Tinggi” atau “Positif”, jumlah skor respon wanita pedagang sayur-mayur terhadap relokasi pasar adalah 25,73 atau 77,9 persen dari skor maksimal yang dapat dicapai yaitu 33. Respon wanita pedagang sayur-mayur yang positif juga dipengaruhi oleh rasa nyaman yang dirasakan oleh wanita pedagang sayur-mayur setelah hampir tiga tahun berjualan di pasar Merjosari. Wanita pedagang sayur-mayur sudah merasa nyaman berjualan di pasar Merjosari karena sudah memiliki pelanggan tetap. Hal tersebut juga dapat dilihat dari peningkatan pemasukan wanita pedagang. Selain itu fasilitas di pasar Merjosari saat ini lebih baik dari pasar Dinoyo dulu sehingga dapat membantu kegiatan berdagang. Dari aspek pengetahuan pedagang terhadap relokasi pasar dalam kategori tinggi dengan skor 8,52 atau 94,6 persen, hal tersebut dikarenakan sebelumnya wanita pedagang sudah diberikan sosialisai dan pemberitahuan oleh Dinas Pasar i kepada para pedagang terkait relokasi pasar Dinoyo ke pasar Merjosari. Dari aspek sikap masuk dalam kategori sedang dengan skor 8,22 atau 68,5 persen, karena ada beberapa pedagang berpendapat bahwa pembagian los yang kurang adil dan juga sikap pedagang yang kurang setuju untuk kembali lagi ke pasar Dinoyo. Dari aspek tindakan yang masuk dalam kategori sedang dengan skor 8,99 atau 74,9 persen, hal tersebut dipengaruhi oleh kesediaan wanita pedagang untuk direlokasi dan pedagang harus beradaptasi lingkungan yang baru. Kondisi bangunan pasar relokasi yang baru dan dalam kondisi yang baik tersebut menunjang kegiatan para pedagang. Dengan fasilitas yang ada seperti bedak, meja, kursi, toilet, musholat dan sebagainya dapat menujang kegiatan wanita pedagang sayur-mayur. Pendapatan wanita pedagang sayur-mayur mengalami perubahan setelah terjadi relokasi pasar Dinoyo ke pasar Merjosari, sebesar 61,5 persen wanita pedagang sayur-mayur mengalami kenaikan pendapatan. Dengan rata-rata pendapatan > Rp.1.000.000/hari. Dari respon wanita pedagang sayur-mayur yang positif terhadap relokasi pasar dapat menjadi pertimbangan bagi pengelola pasar agar memperhatikan kebutuhan pedagang sebelum mengembalikan wanita pedagang sayur-mayur ke pasar Dinoyo. Sebagai pertimbangan untuk Dinas Pasar sebaiknya memperbaiki sistem dalam pembagian los dan menambah angkutan umum menuju ke pasar Merjosari agar lebih mudah dijangkau.

English Abstract

Market is the center of societys economy in both rural and urban areas which takes an important role in promoting economic growth in Indonesia and has a natural competitive advantage. Market as a form of public service to buy and sell goods to the community, is one reflection of the economic and social culture of each community in the world. The existence of traditional markets in modern era is not only needed but also can not be separated from the system of Indonesian society. Malang city is one of the cities in the East Java Province. Malang which has relatively large population can influence the number of consumers purchasing goods in the market. One of the existing market in Malang is Dinoyo market, a traditional market which is considered seedy and not neatly arranged. Therefore, the government of Malang city provides solutions in order to make the traditional market better and have the competitiveness by revitalization that merging the modern market and the traditional market. The revitalization itself is implemented in the development of Dinoyo City Mall and the traders in the Dinoyo market are relocated to Merjosari market. The aims of this study are: to know the response of vegetable trader women towards the relocation of Dinoyo Market to Merjosari market, to determine the contribution of infrastructure in supporting the activities of vegetable trader women in Merjosari market and to determine the income of vegetable trader women after the market relocation. The method of determining the location is done intentionally (purposive). This study uses purposive sampling to choose the respondents. To explain the purpose of the study, the type of research used is qualitative description. Scores (Likert scale) is used to determine the response of vegetable trader women in this study. Vegetable trader women’s response can be seen from three aspects: the aspect of knowledge, the aspect of attitude and the aspect of action. The response of vegetable trader women to the market relocation is "High" or "Positive", the total score of vegetable trader women’s response to the market relocation’s response is 25.73, or 77.9 percen of the maximum score that can be achieved which is 33. the positive response of vegetable seller women is influenced by the comfort sense that they feel after nearly three years selling at Merjosari market . Vegetable seller women already feel comfortable selling in the Merjosari market because they have got regular customers. It can also be seen from the increased income of the woman sellers. In addition, the facilities on Merjosari market currently are better than on Dinoyo market before, so that it can help the selling activities. From the traders’ aspect of knowledge towards the relocation market is in the high category with a score of 8.52 or 94.6 percen. It is because the women traders have been given socialization related to the market relocation from Dinoyo iii market to Merjosari market before by the Dinas Pasar. From the aspect of attitude is in the medium category with a score of 8.22 or 68.5 percen. Since there are some traders found the los is unfair and also the attitude of traders who do not agree to return to Dinoyo market. From the aspect of actions that fall into medium category with a score of 8.99 or 74.9 percen. It is influenced by the willingness of women traders to be relocated and they must adapt to the new environment. The building in the new market location is in a good condition which can support the traders’ activities. The existing facilities such as talc, tables, chairs, toilets, mushola and so on can support the activities of vegetable trader women. The income of vegetable trader women is not changed after the market relocation from Dinoyo market to Merjosari market, for 61.5 percen of vegetable trader women’s income is increased, by an average income> Rp.1.000.000 / day. From the response of women vegetable vendors positive for the market relocation may be a consideration for market managers to pay attention to the needs of traders before restoring women vegetable vendors to market Dinoyo. To be able to repair the Office Market in the distribution system and add los public transportation to Merjosari market to make it more easily accessible.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/65/051501752
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Mar 2015 14:22
Last Modified: 20 Oct 2021 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130677
[thumbnail of SKRIPSI_-_SUCI_RAMADHANI_-_105040101111051.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_SUCI_RAMADHANI_-_105040101111051.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item