Analisis Efektivitas Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ekstrak Kulit Masnggis (Mastin).

listyowati, Nike (2015) Analisis Efektivitas Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ekstrak Kulit Masnggis (Mastin). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Periklanan merupakan salah satu media yang sering digunakan perusahaan untuk media promosi, khususnya iklan pertelevisian. Iklan menjadi alat yang sering digunakan sebagai media penyampaian informasi semenjak aspek informasi menjadi bagian penting dalam bisnis. Iklan yang efektif dipandang mampu mempengaruhi kecenderungan mengkonsumsi dalam masyarakat. Hal ini menuntut perusahaan untuk semakin kreatif dalam menjalankan kegiatan usahanya. Banyaknya perusahaan yang mempromosikan produk melalui iklan membuat semakin ketat daya saing antar perusahaan tersebut. Ditambah lagi dengan adanya kesamaan produk olahan yang diciptakan oleh perusahaan menuntut perusahaan semakin kreatif dalam membuat iklan. Di Indonesia sendiri sudah sangat banyak produk-produk olahan baik produk obat-obatan, kosmetik ataupun makanan. Mastin merupakan produk ekstrak kulit manggis yang akhir-akhir ini gencar melakukan pemasaran melalui iklan. Mastin ditampilkan dalam iklan yang berbeda mulai dari segi penyampaian pesan, daya tarik yang dimunculkan dan kreativitas iklan itu sendiri. Ini dilakukan untuk menjadikan iklan itu efektif dan mampu mempengaruhi masyarakat untuk membeli. Dalam penelitian ini dilakukan analisis tentang efektivitas iklan Mastin terhadap keputusan pembelian masyarakat. Penelitian ini menggunakan alat Path Analysis melalui program SPSS versi 16.00 dan dengan menggunakan metode Acidental Sampling dalam menentukan responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung variabel kualitas pesan, daya tarik iklan dan kreativitas iklan terhadap efektivitas iklan dan keputusan pembelian. Dengan menggunakan 75 responden didapatkan hasil penelitian bahwa semua variabel adalah signifikan. Variabel kualitas pesan dengan indikator kesesuaian manfaat, pesan tagline dan informatif secara signifikan mampu mempengaruhi efektivitas iklan dengan taraf kepercayaan sebesar 99,9%, variabel daya tarik iklan dengan indikator daya tarik endorser, jingle dan keunggulan daya tarik mampu mempengaruhi efektivitas iklan secara signifikan dengan taraf kepercayaan sebesar 100% dan variabel kreativitas iklan dengan indikator original, tidak terduga dan mudah diingat mampu mempengaruhi efektivitas iklan secara signifikan dengan taraf kepercayaan sebesar 97,7% serta variabel efektivitas iklan dengan indikator menarik perhatian, menimbulkan ketertarikan dan dapat diterima mampu mempengaruhi keputusan pembelian secara signifikan dengan taraf kepercayaan sebesar 100%. Untuk pengaruh tidak langsung variabel X1,X2,X3 terhadap Y2 didapatkan hasil bahwa efektivitas iklan mampu memediasi X1 terhadap Y2 sebesar 23%, efektivitas iklan mampu memediasi X2 terhadap Y2 sebesar 20% dan efektivitas iklan mampu memediasi X3 terhadap Y2 sebesar 14% dimana taraf kepercayaan dari masing-masing pengaruh tidak langsung variabel tersebut adalah 100%. Hal ini menunjukan bahwa variabel kualitas pesan, daya tarik iklan dan kreativitas iklan berpengaruh langsung terhadap efektivitas iklan, efektivitas iklan berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian dan variabel kualitas pesan, daya tarik iklan dan kreativitas iklan berpengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian. sehingga dapat dikatakan iklan Mastin sudah efektif dan mampu mempengaruhi keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/604/051507597
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 16 Oct 2015 14:49
Last Modified: 19 Oct 2021 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130628
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item