Karakteristik Tanah pada Lahan Bekas Tambang Batubara yang Telah Direklamasi dan Kesesuaiannya Untuk Tanaman Jagung ( Zea mays L.)

Yusuf, Baharuddin (2015) Karakteristik Tanah pada Lahan Bekas Tambang Batubara yang Telah Direklamasi dan Kesesuaiannya Untuk Tanaman Jagung ( Zea mays L.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan pangan dalam negeri terus meningkat seiring pertumbuhan penduduk yang semkin meningkat, sementara ketersediaan lahan produktif untuk lahan pertanian semakin menurun dengan adanya alih fungsi lahan pertanian untuk kegiatan kegiatan di luar pertanian. salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah meningkatkan kualitas lahan kritis agar dapat kembali berfungsi sebagai lahan pertanian. Salah satu lahan kritis yang berpotensi untuk dialihfungsikan menjadi lahan pertanian adalah lahan bekas tambang batubara. Permasalahan yang timbul di lahan bekas tambang batubara biasanya memiliki tingkat kepadatan tanah yang tinggi, kandungan liat tinggi, bahan organik rendah, pH rendah dan kurang subur dikarenakan adanya bahan-bahan timbunan yang berasal dari lapisan bawah tanah, baik horizon C maupun bahan induk tanah. Tujuan penelitian yang akan dilakukan penulis adalah: 1. Mengetahui pengaruh reklamasi terhadap karakteristik tanah pada lahan bekas tambang batubara. 2. Mengevaluasi karakteristik lahan bekas tambang batubara yang telah direklamasi untuk kesesuaian sebagai lahan pertanian tanaman jagung. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2015 hingga April 2015 di lahan revegetasi milik PT. Kitadin Embalut Site yang berlokasi di Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pengambilan sample tanah dilakukan di lahan reklamasi umur 0 tahun, 5 tahun dan 9 tahun. Pengambilan sample tanah dilakukan di 5 titik secara acak disetiap satuan peta lahan yaitu pada kedalaman 0-30 cm dan 30-60 cm. Pengambilan contoh tanah dibagi menjadi dua, yaitu contoh tanah terganggu dan contoh tidak terganggu. Contoh tanah terganggu digunakan untuk analisis di laboratorium fisika (tekstur) dan kimia (N-Total, P, K, C-organik, KTK dan pH (H2O)). Contoh tanah tidak terganggu, menggunakan ring yang digunakan untuk pengukuran pori air tersedia dan pori total. Data hasil penelitian dilakukan uji korelasi dan uji t. Kemudian hasil analisa tanah dilakukan evaluasi kessesuaian lahan untuk tanaman jagung. Hasil penelitian reklamasi lahan dapat memperbaiki sifat fisik tanah berupa berat isi tanah yang semula tanah pada lahan reklamasi 0 tahun 1,22 g/cm3 menjadi lebih rendah setelah dilakukan reklamasi yaitu berkisar 1,17 - 1,19 g/cm3. Pengaruh reklamasi juga berpengaruh terhadap kandungan C-Organik dalam tanah. Lahan yang telah direklamasi memilki peningkatan C-Organik dari 1 % hingga 1,9 - 2 %. Reklamasi lahan bekas tambang dapat menstabilkan tekstur, menurunkan pori total, menurunkan pori air tersedia, meningkatkan pH tanah, meningkatkan Kapasitas Tukar Kation (KTK), meningkatkan kandungan N-Total, meningkatkan kandungan P, dan meningkatkan kandungan K. walaupun dari ketiga lokasi tidak memilki perbedaan yang signifikan. Evaluasi kesesuaian lahan bekas tambang batubara yang telah direklamasi untuk tanaman jagung telah sesuai, namun memilki faktor pembatas yaitu kandungan P yang sangat rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/578/051507571
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 21 Oct 2015 13:24
Last Modified: 21 Oct 2015 13:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130599
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item