Kurniawati, Anis (2015) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Jamur Tiram Putih. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu subsektor pertanian yang berkontribusi penting terhadap perekonomian Indonesia adalah hortikultura. Jamur tiram putih adalah salah satu komoditas hortikultura yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan maupun minuman yang bisa digunakan untuk pencegahan dan pengobatan suatu penyakit. Meningkatnya konsumsi jamur di pasar membuat permintaan konsumen juga meningkat. Hal tersebut membuat produsen berusaha untuk meningkatkan produksinya. Seiring dengan meningkatnya produksi dari produsen jamur, maka persaingan jamur di pasar juga meningkat. Hal ini menyebabkan perusahaan harus menyusun strategi yang baik untuk berusaha secara kompetitif menghadapi pesaing. Melalui analisis bauran pemasaran, diharapkan perusahaan mengetahui komponen mana yang banyak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam membeli produk. Empat variabel bauran pemasaran yang digunakan untuk penelitian ini adalah produk, harga, promosi dan distribusi. Atribut yang digunakan untuk variabel produk adalah kemasan, ukuran produk, dan kualitas produk. Atribut yang digunakan untuk variabel harga adalah harga produk dan persepsi harga. Atribut yang digunakan untuk variabel promosi adalah promosi penjualan dan penjualan perseorangan. Sedangkan atribut yang digunakan untuk variabel distribusi adalah tempat penjualan dan jangkauan produk. Alat analisis yang digunakan untuk melihat pengaruh antara variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian jamur tiram putih adalah analisis regresi logit. Secara simultan, uji statistik menunjukkan semua variabel bauran pemasaran yakni produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan distribusi (X4) berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian jamur tiram putih di CV. Prima Investama sebesar 82,8%. Sedangkan 17,2% sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Secara parsial, tidak semua atribut berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian jamur tiram putih. Terdapat 3 atribut yang berpengaruh nyata yakni harga produk (X2.1), promosi penjualan (X3.1) dan penjualan perseorangan (X3.2). Sedangkan 6 lainnya yakni kemasan produk (X1.1), kualitas produk (X1.2), ukuran produk (X1.3), persepsi harga (X2.2), tempat penjualan (X4.1) dan jangkauan produk (X4.2), tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian secara statistik. Atribut yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah penjualan perseorangan. Atribut tersebut memiliki peluang sebesar 82,972 kali untuk mempengaruhi konsumen dalam membeli jamur tiram putih. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diharapkan hasil tersebut bisa menjadi pertimbangan perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran kedepannya. Dari uji analisis yang telah dilakukan, variabel promosi mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian jamur tiram putih. Namun selama ini, promosi yang dilakukan oleh CV. Prima Investama hanya sekedarnya, dalam hal ini hanya dari mulut ke mulut. Kedepannya mungkin bisa lebih diperhatikan terkait dengan promosi yang dilakukan, bisa dimulai dari media internet yang sekarang banyak sekali di akses oleh masyarakat. Hal ini cukup berpotensi untuk meningkatkan penjualan produk-produk di CV. Prima Investama. Saran untuk penelitian selanjutnya, karena variabel bauran pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini hanya 4 yakni produk, harga, promosi dan distribusi, maka untuk kedepannya bisa dilanjutkan dengan menambah variabel bauran pemasaran menjadi 7P bahkan bisa 9P dengan produk yang sama atau menggunakan produk yang lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2015/531/051507524 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Oct 2015 09:25 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130548 |
Preview |
Text
5._BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
9._BAB_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
8._BAB_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
10._BAB_VI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7._BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6._BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2._RINGKASAN_DAN_DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1._COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3._LEMBAR_PERSEMBAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |