Penerapan Tanaman Pinggir Pada Budidaya Padi (Oryza Sativa L.) Secara Pht Terhadap Kelimpahan Populasi Nilaparvata Lugens Stal. (Homoptera : Delphachidae) Dan Laba-Laba

TaufiqurR, Mochamad (2015) Penerapan Tanaman Pinggir Pada Budidaya Padi (Oryza Sativa L.) Secara Pht Terhadap Kelimpahan Populasi Nilaparvata Lugens Stal. (Homoptera : Delphachidae) Dan Laba-Laba. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengendalian hama yang biasa dilakukan oleh petani yaitu dengan menggunakan pestisida kimiawi. Insektisida yang digunakan oleh petani dapat mendorong terjadinya resurjensi Wereng Batang Coklat. Agar tidak terjadi resurjensi Wereng Batang Coklat, maka perlu diterapkan pengelolaan hama terpadu (PHT) atau Integrated Pest Management (IPM). Dalam penelitian ini, digunakan tanaman refugia sebagai tanaman penarik serangga terutama musuh alami. Tanaman refugia ini dapat meningkatkan musuh alami untuk mengendalikan populasi hama terutama Wereng Batang Coklat, selain itu tanaman refugia ini dapat meningkatkan hasil panen. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui kelimpahan populasi Wereng Batang Coklat dan Laba-laba predator pada lahan padi dengan refugia palawija dan pada lahan padi dengan refugia berbunga. Penelitian dilaksanakan di lahan pertanaman padi yang berlokasi di Desa Brangsi, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan. Penelitian dilaksanakan dari bulan Desember 2014 sampai April 2015. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode observasi langsung pada lahan padi, untuk mengetahui populasi wereng coklat dan musuh alami berupa laba-laba. Pengamatan dilakukan pada 2 plot pertanaman padi dengan 2 ulangan yaitu semua plot menggunakan sistem PHT dengan rincian pada plot 1 digunakan tanaman refugia yakni jagung, wijen, dan kacang hijau. Sedangkan pada plot 2 digunakan tanaman refugia yakni bunga kenikir, bunga pacar air, dan bunga matahari. Data hasil pengamatan yang diperoleh dari lahan petak tanaman Refugia dengan menggunakan tanaman palawija dan lahan petak dengan menggunakan tanaman Refugia dari tanaman bunga dianalisis dengan menggunakan Uji T dengan tingkat ketelitian 5%. Dari hasil pengamatan tentang penerapan tanaman refugia berupa tanaman palawija dan tanaman berbunga secara PHT terhadap kelimpahan populasi Wereng Batang Coklat dan laba-laba pada tanaman padi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh jenis tanaman refugia berupa palawija dan berbunga terhadap populasi Wereng Batang Coklat. Ini diduga disebakan sebaran populasi Wereng Batang Coklat merata dan populasi yang rendah pada lahan tanaman palawija dan lahan tanaman berbunga. Perbedaan jenis tanaman refugia palawija dan berbunga juga tidak berpengaruh terhadap jumlah populasi laba-laba. Spesies laba-laba yang ditemukan yakni Pardosa sp dan Oxyopes javanus. Hasil rerata tinggi tanaman padi menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata sedangkan pada hasil rerata jumlah anakan padi menunjukkan hasil yang berbeda nyata. Hasil produksi padi pada perlakuan tanaman refugia dengan tanaman palawija lebih tinggi dibanding dengan perlakuan tanaman refugia dengan tanaman bunga. Dari hasil perhitungan Benefit Cost Ratio (BCR) didapatkan bahwa keuntungan yang diperoleh dari budidaya padi di lahan tanaman palawija dan berbunga adalah 1,34 dan 1,20 kali lipat dari modal usaha yang dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/496/051507489
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 632 Plant injuries, diseases, pests
Divisions: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Oct 2015 09:25
Last Modified: 19 Oct 2021 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130509
[thumbnail of Cover,_Lembar_Persetujuan,_Lembar_Pengesahan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Cover,_Lembar_Persetujuan,_Lembar_Pengesahan_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar,__Daftar_Isi,_Daftar_Gambar,_Daftar_Tabel_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar,__Daftar_Isi,_Daftar_Gambar,_Daftar_Tabel_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I_-_Lampiran.pdf]
Preview
Text
Bab_I_-_Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item