Putri, AnindyaHediana (2015) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pia Apel Shyif di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan kota Batu sebagai kota pariwisata semakin bertumbuh pesat sejalan dengan berkembangnya bisnis oleh-oleh yang ada. Salah satu produsen yang menjual oleh-oleh khas kota Batu adalah produsen Pia Apel Shyif, yang merupakan salah satu produsen oleh-oleh yang merintis produk pia apel di kota Batu, namun seiring berjalannya waktu banyak produsen lain yang ikut membuat produk serupa, persaingan produk pia apel semakin sulit sehingga penjualan produk Pia Apel Shyif selalu mengalami fluktuasi dan menyebabkan pendapatan yang cenderung menurun. Agroindustri membutuhkan suatu pemasaran untuk dapat memasarkan barang yang diproduksi kepada konsumen. Melalui kegiatan pemasaran yang tepat, perusahaan dapat memasarkan produknya kepada pasar sasaran, sehinga pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan produk. Bauran pemasaran merupakan hal yang penting dalam agroindustri, jika bauran pemasaran itu berhasil, maka akan menghasilkan volume penjualan total dalam presentase yang lebih besar. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan bauran pemasaran yang diterapkan dalam penjualan Pia Apel Shyif, menganalisis pengaruh antara variabel bauran pemasaran terhadap volume penjualan pia apel secara simultan dan parsial serta menganalisis variabel yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan Pia Apel Shyif. Variabel yang digunakan antara lain adalah variabel independen (biaya produksi, harga produk, biaya promosi dan biaya distribusi) yang akan dibandingkan dengan variabel dependen (volume penjualan Pia Apel Shyif). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan menyajikan uraian yang mendeskripsikan perusahaan terutama yang berkaitan dengan bauran pemasaran produk Pia Apel Shyif serta persepsi konsumen mengenai kegiatan bauran pemasaran yang dilakukan agroindustri dan analisis kuantitatif dilakukan menggunakan uji F dan uji t. Berdasarkan penelitian, maka hasil yang diperoleh dari olahan data adalah sebagai berikut : 1. Strategi bauran pemasaran yang dilakukan dalam memasarkan produk Pia Apel Shyif, meliput beberapa macam tindakan mengenai produk, harga, promosi dan tempat. Strategi produk meliputi desain dan bentuk produk, kualitas produk, serta pengemasan produk. Strategi penetapan harga didasarkan pada biaya produksinya namun harga kompetitif. Agroindustri menjual produknya pada toko-toko atau outlet yang menjual produk oleh-oleh, sehingga faktor tempat yang diperhatikan dalam memasarkan produk pia apel adalah saluran distribusi, transportasi serta biaya distribusi. Kegiatan promosi yang dilakukan antara lain melalui penjualan perorangan berupa pemberian sampel, periklanan dilakukan melalui pemberian kartu nama, brosur, majalah, koran, dan jejaring sosial, publisitas dilakukan melalui pameran, bazar dan seminar, serta promosi penjualan dilakukan melalui pemberian bonus dan potongan harga. ii 2. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa variabel independen (biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi dan tingkat harga) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependennya yaitu volume penjualan Pia Apel Shyif. Secara parsial, variabel biaya produksi serta variabel biaya promosi menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Biaya produksi yang diterapkan oleh agroindustri menentukan banyaknya jumlah produksi pia apel yang dihasilkan. Semakin banyak produksi pia apel oleh agroindustri, maka akan berdampak semakin banyak pula terhadap volume penjualannya. Kegiatan promosi yang dilakukan agroindustri menjadikan produk pia apel semakin banyak diketahui oleh masyarakat. Variabel biaya produksi merupakan variabel yang paling dominan memengaruhi volume penjualan Pia Apel Shyif dengan nilai Standardized Coefficient Beta yang lebih besar dari variabel bebas lainnya yaitu sebesar 0,647. Hal ini dikarenakan dengan bertambahnya biaya produksi yang dikeluarkan akan membuat produksi pia apel semakin banyak, sehingga akan agroindustri dapat menawarkan produk pia apel dalam jumlah yang lebih besar kepada konsumen dan hal ini akan membawa pengaruh terhadap bertambahnya volume penjualan pia apel. Harapan dari dilakukannya penelitian ini yakni untuk dapat mempertahankan produk pia apel dalam pasar serta dapat bersaing dengan produk sejenis, meningkatkan penjualan produk Pia Apel Shyif serta dapat meningkatkan pendapatan agroindustri. Maka dari itu saran yang diperoleh antara lain agroindustri dapat mengalokasikan biaya produksi untuk memodifikasi produk yang menyesuaikan selera pasar serta pengalokasian biaya promosi agar produk Pia Apel Shyif dapat lebih dikenal oleh masyarakat dan agroindustri perlu menetapkan harga jual pia apel dengan cermat sesuai dengan kualitas produknya, untuk dapat menghasilkan keuntungan yang optimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2015/485/051507478 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 16 Oct 2015 16:09 |
Last Modified: | 16 Oct 2015 16:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130497 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |