Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Persepsi dan Preferensi Konsumen Beras Fungsional (Studi Kasus pada Beras Pratanak Fitrice di PT. Petrokimia Gresik

Maysita, BalkisDwi (2015) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Persepsi dan Preferensi Konsumen Beras Fungsional (Studi Kasus pada Beras Pratanak Fitrice di PT. Petrokimia Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pola konsumsi karbohidrat yang berlebihan membuat Masyarakat Indonesia rentan terhadap berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus. Pada tahun 2025 diperkirakan penderita diabetes mellitus berjumlah 12 juta orang yang membawa Indonesia masuk dalam daftar 10 negara penderita diabetes terbesar di Asia (Healthy Choice, 2002). Hal tersebut memicu berbagai penelitian untuk menciptakan beras berindek glikemik rendah yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes maupun masyarakat yang ingin hidup sehat, salah satunya adalah beras pratanak. Produsen beras pratanak di Jawa Timur adalah PT. Petrokimia Gresik dengan beras pratanak bermerek Fitrice. Pada kenyataannya berbagai kelebihan beras pratanak masih belum diketahui oleh sebagian besar masyarakat yang berdampak pada permintaan produk Fitrice. Solusi dari permasalahan tersebut adalah senantiasa memperbaharui strategi pemasaran yang mampu memenangkan persaingan dan memberikan pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen untuk mengetahui persepsi konsumen dalam menentukan preferensinya. Harapan kedepan, evaluasi perilaku konsumen terhadap bauran pemasaran mampu merumuskan strategi bauran pemasaran baru yang mampu membentuk minat beli masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap persepsi konsumen beras pratanak Fitrice; (2) Menganalisis pengaruh persepsi konsumen terhadap preferensi konsumen produk beras pratanak Fitrice; (3) Menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap preferensi konsumen melalui persepsi konsumen beras pratanak Fitrice. Penelitian dilaksanakan di outlet mitra kerja PT. Petrokimia Gresik yakni K3PG dan RSPG. Lokasi ditentukan secara Purposive sampling karena distribusi dilakukan secara kontinyu. Metode penentuan responden menggunakan Accidental Sampling dengan perhitungan melalui rumus cooper sebesar 97 responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur yang bertujuan untuk menguji besarnya sumbangan (kontribusi) yang ditunjukkan oleh koefisien jalur pada setiap diagram jalur dari hubungan kausal antar variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), dan promosi (X4) terhadap persepsi konsumen (Z) serta dampaknya terhadap preferensi konsumen (Y) . Hasil analisis jalur diketahui bahwa terdapat pengaruh antara bauran pemasaran (produk, harga, lokasi dan promosi) terhadap persepsi konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai R-square sebesar 57,7 persen dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Persepsi konsumen sangat berkaitan erat dengan pembentukan preferensi konsumen, hal ini dapat dilihat dari nilai R-square bahwa persepsi konsumen mampu menjelaskan preferensi konsumen sebesar 68,7 persen. Kemudian sub struktur ketiga menjelaskan bahwa bauran pemasaran ternyata berpengaruh terhadap preferensi konsumen sebesar 66 persen (Sig 0,00). Hasil analisis tersebut membuktikan bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh terhadap preferensi konsumen melalui persepsi konsumen sebagai variable interveningnya. Bauran pemasaran yang memiliki pengaruh total tertinggi adalah produk sebesar 0,803; promosi sebesar 0,519; Lokasi sebesar 0,411, dan Harga sebesar 0,346. Besarnya angka tersebut menyatakan bahwa kualitas produk, fitur produk, merek, kemasan, dan label merupakan atribut penting yang menjadi penilaian konsumen dalam membentuk pilihannya. Hasil penelitian diatas menunjukkan bahwasanya PT. Petrokimia Gresik telah melaksanakan strategi bauran pemasaran dengan baik. Adapun saran- saran yang perlu dipertimbangkan sesuai dengan preferensi konsumen saat penelitian adalah mempertahankan kualitas produk yang ada saat ini, yakni dengan menjaga kualitas produk dan merek serta memperbaiki kemasan yang menarik minat beli konsumen. Harga memiliki pengaruh yang sensitif terhadap persepsi dan preferensi konsumen sehingga perlu adanya riset konsumen dan harga pesaing sebelum memutuskan perubahan harga. Ditinjau dari segi lokasi responden menginginkan penyebaran distribusi yang lebih merata di supermarket ternama agar produk mudah didapatkan. Semua tidak akan berjalan baik tanpa adanya komunikasi pemasaran sehingga diharapkan promosi produk Fitrice lebih digencarkan untuk menumbuhkan rasa kebutuhan oleh konsumen, semakin rutin kegiatan pemasaran yang dilakukan maka konsumen akan semakin cepat dalam membentuk preferensi mereka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/473/051507466
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Oct 2015 13:25
Last Modified: 16 Oct 2015 13:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130485
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item