Uji Efektivitas Ekstrak Daun Mimba (Azadirachta indica A. Juss.) Dalam Mengendalikan Penyakit Antraknosa (Colletotrichum fragariae Brooks.) pada Buah Stroberi.

Minasari, SintaJuwitaIka (2015) Uji Efektivitas Ekstrak Daun Mimba (Azadirachta indica A. Juss.) Dalam Mengendalikan Penyakit Antraknosa (Colletotrichum fragariae Brooks.) pada Buah Stroberi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanaman stroberi memiliki nilai ekonomis yang tinggi, karena semakin meningkatnya permintaan buah stroberi sebagai olahan makanan atau dalam bentuk buah segar. Tingginya permintaan buah stroberi, berdampak pada prospek agribisnis tanaman stroberi di Indonesia meningkat. Kendala yang masih sering terjadi adalah serangan hama dan penyakit, salah satu penyakit utama yang menyerang tanaman stroberi adalah penyakit busuk buah (antraknosa) yang disebabkan oleh jamur Colletotrichum fragariae Brooks. Penyakit antraknosa di lapangan dapat menginfeksi buah stroberi yang telah matang hingga 65%. Cara efektif untuk mengurangi kerugian hasil panen akibat penyakit antraknosa dengan menggunakan fungisida sintetik, tetapi berdampak pada resistensi patogen dan terdapat residu bahan kimia pada buah. Fungisida nabati adalah fungisida yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, sehingga mudah terurai, aman untuk digunakan, dan tidak meninggalkan residu pada buah stroberi. Tanaman mimba (Azadirachta indica) merupakan salah satu dari beberapa tanaman di Indonesia yang dapat digunakan sebagai fungisida nabati. Tanaman mimba mengandung bahan aktif bersifat antifungi yang dapat menghambat pertumbuhan jamur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga Juli 2015. Penelitian di Laboratorium Mikologi Jurusan Hama Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang dan di Kecamatan Dinoyo Malang. Pada penelitian in vitro menggunakan Rancangan Acak Lengkap, pada 6 taraf konsentrasi yang diulang sebanyak 4 kali. Variabel pengamatan meliputi diameter koloni C. fragariae, persentase penghambatan, dan berat kering miselium (biomassa). Penelitian in vivo menggunakan Rancangan Acak Kelompok pada 6 taraf konsentrasi dan diulang sebanyak 4 kali. Variabel pengamatan meliputi masa inkubasi dan intensitas serangan penyakit antraknosa pada buah stroberi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, ekstrak daun mimba dapat menghambat pertumbuhan jamur C. fragariae penyebab penyakit antraknosa pada buah stroberi. Konsentrasi ekstrak daun mimba yang efektif dalam menghambat pertumbuhan jamur C. fragariae penyebab penyakit antraknosa pada buah stroberi adalah konsentrasi ekstrak daun mimba 20% dan 25%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/466/051507459
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 632 Plant injuries, diseases, pests
Divisions: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2015 14:43
Last Modified: 15 Oct 2015 14:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130477
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item