Analisis Kepuasan Petani Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Pestisida (Studi Kasus Pada Usahatani Bawang Merah Di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Oktavianti, Ilma (2015) Analisis Kepuasan Petani Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Pestisida (Studi Kasus Pada Usahatani Bawang Merah Di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bawang Merah Merupakan Komoditi Hortikultura Yang Tergolong Sayuran Rempah. Sayuran Rempah Ini Banyak Dibutuhkan Terutama Sebagai Pelengkap Bumbu Masakan Guna Menambah Cita Rasa Dan Kenikmatan Makanan. Permintaan Bawang Merah Yang Tinggi Dan Terus-Menerus Tidak Bisa Diimbangi Dengan Produksi Yang Terus-Menerus Pula. Hal Tersebut Disebabkan Oleh Kendala Musim Dan Serangan Organisme Pengganggu Tanaman (Opt) Yang Sangat Merugikan Bagi Petani. Zat Kimia Anti Hama Atau Yang Lebih Sering Disebut Pestisida Dijadikan Salah Satu Andalan Para Petani Untuk Mengatasi Itu Semua. Penggunaan Pestisida Telah Dirasakan Manfaatnya Bagi Petani Untuk Meningkatkan Produksi. Pestisida Merupakan Sarana Yang Sangat Diperlukan, Terutama Digunakan Untuk Melindungi Tanaman Dan Hasil Tanaman. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah: (1) Mendeskripsikan Perilaku Petani Dalam Penggunaan Pestisida Pada Usahatani Bawang Merah. (2) Menganalisis Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Pestisida Pada Usahatani Bawang Merah. Penelitian Dilaksanakan Di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Metode Pengambilan Sampel Pada Penelitian Ini Dengan Cara Probabilitas (Probability Sampling) Dengan Teknik Simple Random Sampling. Metode Pengumpulan Data Didasarkan Atas Jenis Data Yang Diambil. Adapun Jenis Sumber Data Yang Diambil Adalah Data Primer Dan Data Sekunder. Metode Analisis Data Yang Digunakan Yaitu: (1) Analisis Deskriptif Digunakan Untuk Menjawab Tujuan Penelitian Yang Terkait Dengan Perilaku Petani Dalam Penggunaan Pestisida Pada Usahatani Bawang Merah. (2) Analisis Important Performance Analysis (Ipa) Digunakan Untuk Menjawab Tujuan Penelitian Terkait Kepuasan Petani Bawang Merah Setelah Menggunaan Pestisida Berkaitan Dengan Atribut-Atribut Pestisida Yang Sesuai Dengan Harapan Dan Kebutuhan Petani. (3) Analisis Customer Satisfaction Index Digunakan Untuk Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Secara Menyeluruh Dengan Pendekatan Yang Mempertimbangkan Tingkat Kepentingan Dari Atribut-Atribut Kualitas Produk Yang Diukur. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Perilaku Petani Dalam Penggunaan Pestisida Dilihat Dari 7 (Tujuh) Indikator Yaitu: (1) Jenis Pestisida, (2) Alasan Pemakaian, (3) Tempat Pembelian, (4) Cara Pembelian, (5) Waktu Pembelian, (6) Frekuensi Pembelian, (7) Sumber Informasi. Hasil Analisis Importance Performance Analysis (Ipa) Dalam Penelitian Ini Pada Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Pestisida Bahwa Atribut Yang Masuk Pada Kuadran I Perlu Dilakukan Perbaikan Karena Tingkat Kinerja Rendah Dan Tingkat Kepentingannya Tinggi. Hasil Analisis Dari Customer Satisfaction Index (Csi), Maka Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kualitas Pelayanan Kios Pertanian Torong Makmur Berada Pada Tingkatan Puas Dengan Nilai Sebesar 75,92% Atau 0,76. Sedangkan Hasil Dari Customer Satisfaction Index (Csi) Pada Kualitas Produk Pestisida, Maka Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Penggunaan Pestisida Berada Pada Tingkatan Puas Dengan Nilai Sebesar Sebesar 73,60% Atau 0,74

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/440/051505638
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Oct 2015 15:33
Last Modified: 13 Oct 2015 15:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130449
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item