Analisis Kepuasan Rumah Tangga Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Produk Beras Bermerek (Studi Kasus di Perumahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang

Sinaga, Fahrunnisa (2015) Analisis Kepuasan Rumah Tangga Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Produk Beras Bermerek (Studi Kasus di Perumahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Beras merupakan kebutuhan pangan pokok bagi penduduk Indonesia lebih dari 90%. Total konsumsi beras selama periode tahun 2002-2013 cenderung mengalami penurunan dari tahun ke tahun, kecuali pada tahun 2003 dan 2008 mengalami peningkatan masing-masing sebesar 0,65% dan 4,84% dibandingkan tahun sebelumnya. Apabila ditinjau dari besaran pengeluaran untuk konsumsi beras bagi penduduk Indonesia tahun 2008-2013 secara nominal menunjukkan peningkatan sebesar 14,03%, yakni dari 364,06 ribu/kapita pada tahun 2008 menjadi Rp.682,03 ribu/kapita pada tahun 2013. Namun demikian setelah dikoreksi dengan faktor inflasi, pengeluaran untuk konsumsi beras secara riil sejatinya hanya mengalami peningkatan sebesar 3,65%. Masyarakat bebas memilih jenis beras ataupun merek beras yang ingin dibeli. Setiap merek beras tentu saja memiliki kualitas dan harga yang berbeda-beda. Semakin berkualitas jenis atau merek beras yang ditawarkan maka harga jual dari beras itu sendiri tentu akan semakin mahal. Beras bermerek biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dari pada beras yang tidak memiliki merek. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perilaku rumah tangga dalam mengkonsumsi beras bermerek dan (2) menganalisis tingkat kepuasan rumah tangga terhadap kualitas pelayanan dan kualitas produk beras bermerek. hipotesis dari penelitian yang dilakukan yaitu diduga bahwa respon konsumen terhadap kepuasan kualitas pelayanan dan produk beras bermerek berada pada kategori kurang puas. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil lokasi di Perumahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Alasan dalam pemilihan lokasi penelitian tersebut dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa ibu rumah tangga berperan penting dalam pengambilan keptusan konsumsi untuk anggota keluarganya. Metode penentuan sample menggunakan metode purposive dimana sample diambildengan tujuan tertentu, dengan jumlah 60 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu Importance Performance Analysis (IPA) untuk melihat tingkat kinerja dan kepentingan responden, CSI digunakan untuk melihat kepuasan responden secara keseluruhan. Berdasarkan analisis perhitungan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) terhadap tingkat kinerja dan kepentingan produk beras bermerek. Dalam hal ini terdapat satu atribut yang berada pada kualitas pelayanan supermarket yaitu keramahan karyawan dalam menanggapi konsumen, kualitas pelayanan minimarket yaitu ketersediaan beras dan kemampuan berkomunikasi dan kulitas produk yaitu rasa, labeling dan informasi nilai gizi. Hal ini dikarenakan bahwa nilai rata-rata tingkat kinerja masih banyak yang kurang dibandingkan dengan nilai rata-rata kepentingan. Dalam perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) yang pada kualitas pelayanan supermarket sebesar 64,54% yang dapat dikatakan konsumen cukup puas dengan pelayanan yang ada dan kualitas pelayanan pada minimarket yaitu sebesar 68,50% sedangkan selisih nilai pada produk yaitu sebesar 69,70 yang artinya konsumen merasa puas pada kualitas pelayanan maupun produk beras bermerek. Adanya beberapa konsumen yang menyatakan bahwa keramahan pelayanan supermarket giant belum memuaskan, karena konsumen menunjukkan bahwa aspek keramahan karyawan supermarket giant masih belum maksimal. Hal ini disebabkan ruang lingkup supermarket giant yang besar dan karyawan cukup memadai akan tetapi konsumen merasa jumlah staf karyawan yang berada di supermarket giant masih belum cukup memadai. Sedangkan pada kualitas pelayanan minimarket indomaret terletak pada ketersediaan beras dan kemampuan berkomunikasi yang kurang pada kepuasan konsumen. Konsumen berharap kebutuhan akan beras bermerek dapat terpenuhi oleh minimarket indomaret dan kualitas produk beras bermerek bisa ditingkatkan lagi, walaupn tingkat kepuasan konsumen sudah berada pada kategori puas. Pihak perusahaan harus mampu untuk meningkatkan kualitas produk beras bermerek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/426/051505624
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Oct 2015 10:19
Last Modified: 13 Oct 2015 10:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130433
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item