Analisis Pengendalian Kualitas Keripik Kentang Merah Berdasarkan Harapan Konsumen di UD. Agronas Gizi Food, Batu, Jawa Timur

Roses, BellaAvisa (2015) Analisis Pengendalian Kualitas Keripik Kentang Merah Berdasarkan Harapan Konsumen di UD. Agronas Gizi Food, Batu, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Agroindustri merupakan suatu subsistem yang mampu menciptakan nilai tambah dari komoditi hasil pertanian menjadi suatu produk yang mempunyai nilai jual lebih tinggi. Salah satu kelompok tanaman yang dapat dijadikan bahan baku dari agroindustri adalah hortikultura. Salah satu komoditi holtikultura yang memiliki potensi untuk dikembangkan oleh suatu agroindustri yaitu kentang. UD. Agronas Gizi merupakan salah satu perusahaan di kota Batu yang mengolah kentang merah menjadi keripik kentang merah. Pengendalian kualitas diperlukan untuk meningkatkan kualitas sehingga memiliki daya saing yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis jenis-jenis kerusakan produk keripik kentang merah produksi UD. Agronas Gizi Food, menganalisis faktor-faktor penyebab kerusakan produk keripik kentang merah produksi UD. Agronas Gizi Food, menganalisis harapan konsumen terhadap kualitas keripik kentang merah produksi UD. Agronas Gizi Food, dan menganalisis respon perusahaan UD. Agronas Gizi Food dalam memenuhi harapan kosumen terhadap kualitas produk keripik kentang merah. Penelitian ini menggunakan alat analisis yaitu House of Quality (HOQ) dan Statistical Quality Control (SQC). Pada alat analisis yang pertama diperoleh bahwa atribut yang perlu diperbaiki adalah atribut warna, aroma, kemasan, daya tahan, tekstur, dan netto. Berdasarkan perhitungan nilai bobot normal, urutan atribut yang mempunyai bobot tertinggi yaitu warna, kemasan, dan daya tahan dengan nilai bobot sebesar 8. Sedangkan menurut nilai bobot normal, atribut yang mempunyai prioritas pertama yaitu atribut warna, rasa, kemasan, dan daya tahan dengan nilai bobot normal sebesar 0,11. Berdasarkan kuisioner harapan konsumen tentang keripik kentang merah yaitu rasa, warna dan aroma asli kentang merah, harga sekitar Rp. 10.000-Rp. 15.000, netto antara 100-150 gr, kemasan plastik buka tutup, dan keripik kentang dalam keadaan tanpa minyak. Respon teknik perusahaan UD. Agronas Gizi Food menanggapi harapan konsumen yaitu mempertahankan rasa, warna dan aroma asli kentang merah, menyesuaikan harga dengan atribut yang lain, menambah variasi netto yang lebih kecil, membuat kemasan yang lebih menarik dan efisien dengan plastik buka tutup, dan meningkatkan penanganan pengeringan keripik sebelum dilakukan pengemasan. Sedangkan pada alat analsisi yang kedua yaitu SQC diperoleh bahwa terdapat dua jenis kerusakan pada keripik kentang merah yaitu pecah-pecah dan gosong. Kerusakan pecah-pecah dapat diminimalisir dengan menggunakan mesin pengiris sehingga keripik mempunyai ketebalan yang seragam, lalu untuk kerusakan gosong dapat ditingkatkan ketrampilan tenaga kerja pada bidang penggorengan. Pengendalian kualitas produk keripik kentang merah produksi UD. Agronas Gizi Food berdasarkan dua jenis respon teknik. Respon yang pertama didapatkan dari harapan konsumen dan respon kedua berasal dari penyebab kerusakan produk. Berdasrkan kedua jenis respon tersebut akan menjadikan suatu masukan kepada perusahaan UD. Agronas Gizi Food untuk meningkatkan kualitas produk keripik kentang merah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/408/051505606
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Oct 2015 11:17
Last Modified: 12 Oct 2015 11:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130414
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item