Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Strategi Bauran Pemasaran Pisang Cavendish (Studi Kasus di Hypermart, Malang Town Square).

Nurpratiwi, AjengMulya (2015) Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Strategi Bauran Pemasaran Pisang Cavendish (Studi Kasus di Hypermart, Malang Town Square). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ritel-ritel modern di Kota Malangtelah melakukan strategi bauran pemasaran untuk produk pisang cavendish yang dijual. Namun adanya strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh ritel modern tidak lantas akan mempengaruhi minat beli dan minat konsumsi konsumen pada pisang cavendish, karena ritel modern juga dihadapkan pada persepsi konsumen yang mempengaruhi perilaku pembelian. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan strategi bauran pemasaran pisang cavendish yang dilakukan oleh Hypermart, Malang Town Square, dan (2) Menganalisis persepsi konsumen terhadap strategi bauran pemasaran pisang cavendish di Hypermart, Malang Town Square. Manfaat penelitian ini adalah: (1) Bagi perusahaan, penelitian ini dapat dijadikan tambahan informasi sehingga mampu memutuskan perencanaanperencanaan berkaitan dengan strategi bauran pemasaran pisang cavendish sehingga sesuai dengan persepsi dan harapan konsumen, (2) Bagi penulis, penelitian ini dapat dijadikan media untuk proses belajar serta tambahan wawasan berkaitan dengan topik yang diambil, dan (3) Bagi peneliti lain. penelitian ini dapat dijadikan sumber referensi pembanding untuk penyusunan penelitian sejenis. Lokasi penelitian ini adalah di Hypermart, Malang Town Square (MATOS) dimana lokasi ditentukan dengandengan memilih daerah perkotaan dengan pertimbangan kepadatan penduduk yang tinggi, strata sosial ekonomi heterogen dan karakter konsumen perkotaan yang lebih terbiasa untuk menjalankan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang cavendish. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua, yakni key informant untuk mengetahui strategi bauran pemasaran pisang cavendish di Hypermart MATOS serta 40 sampel yang diambil melalui metode accidental sampling untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap strategi bauran pemasaran pisang cavendish di Hypemart MATOS. Metode analisis data yang digunakan adalah: (1) Uji Kualitas data (validitas dan reliabilitas) untuk mengukur ketepatan dan keandalan kuisioner, dan (2) Analisis statistik deskriptif untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap strategi bauran pemasaran pisang cavendish di Hypermart MATOS. Hasil analisis yang didapatkan adalah strategi bauran pemasaran pisang cavendish yang dilakukan oleh Hypermart MATOS dari segi produk (X1) adalah pisang dipasok dari supplier terpercaya, pisang yang dijual disesuaikan dengan kriteria yang telah ditetapkan perusahaan dan penerapan manajemen persediaan yang baik. Strategi harga (X2) yang diterapkan adalah harga ditetapkan dengan menggunakan margin pemasaran sebesar 10 persen dari harga pembelian. Strategi distribusi (X3) yang diterapkan adalah menjaga kebersihan lokasi penjualan dan menetapkan block plan. Strategi promosi (X4) yang digunakan adalah memberikan diskon penjualan pada hari libur dan hari perayaan tertentu saja. Secara umum konsumen memiliki persepsi positif terhadap strategi bauran iv pemasaran pisang cavendish yang dilakukan oleh Hypermart, MATOS hal ini dikarenakan sebanyak 65 persen konsumen memberikan penilaian positif pada strategi produk karena pisang cavendish yang dijual di Hypermart, Malang Town Square memiliki kualitas yang sangat baik, 62,5 persen konsumen memberikan penilaian positif pada strategi harga karena harga pisang cavendish yang dtawarkan oleh Hypermart, Malang Town Square bersaing, 67,5 persen konsumen memberikan penilaian positif pada strategi distribusi karena lokasi distribusi penjualan pisang cavendish di Hypermart, Malang Town Square nyaman. Sedangkan pada strategi promosi sebanyak 62,5 persen konsumen memberikan penilaian negatif dikarenakan bentuk promosi penjualan yang diberikan oleh Hypermart MATOS hanya berupa diskon penjualan pada hari libur dan perayaan tertentu saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/404/051505603
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Oct 2015 09:59
Last Modified: 12 Oct 2015 09:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130410
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item