Analisis Perbandingan Pendapatan Usahatani Stroberi (Fragaria Sp) Agrowisata Dan Non Agrowisata (Studi Kasus Di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu)

Subono, JatiUntsaMukarramah (2015) Analisis Perbandingan Pendapatan Usahatani Stroberi (Fragaria Sp) Agrowisata Dan Non Agrowisata (Studi Kasus Di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Batu merupakan Kota Wisata, hal ini terbukti dari data Dinas Pariwisata tahun 2014 yang menyatakan bahwa pengunjung wisata Kota Batu mencapai 1.929.762 orang (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu 2014). Salah satu bentuk wisata yang diminati konsumen adalah agrowisata, karena agrowisata memiliki daya tarik yang berbeda yakni pengunjung dapat menikmati kebun secara langsung, membeli produk, serta ikut berpartisipasi dalam aktivitas petani. Salah satu agrowisata di Kota Batu adalah agrowisata petik stroberi. Pada kenyataannya para petani stroberi sekitar 85,5 % tidak menggunakan lahannya dalam bentuk agrowisata dan petani menjual hasil panen kepada tengkulak. Petani stroberi yang berusahatani stroberi dan mengelola agrowisata menjual hasil panen kepada pengunjung agrowisata dan tengkulak. Pada usahatani stroberi agrowisata selain memerlukan biaya produksi juga memerlukan biaya tambahan lain untuk fasilitas pengunjung agrowisata seperti tempat buah, kantong plastik, biaya promosi dan sarana prasarana yang mendukung agrowisata. Sedangkan, usahatani stroberi non agrowisata hanya memerlukan biaya produksi seperti biaya bibit, polybag, pupuk, pestisida, tenaga kerja dan biaya lain. Perbedaan usahatani agrowisata dan non agrowisata terletak pada proses pasca panen, penentuan harga jual dan pada pembeli. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan pendapatan usahatani stroberi agrowisata dan non agrowisata. Tujuan penelitian antara lain menganalisis perbandingan keuntungan usahatani stroberi petani agrowisata dan non agrowisata. Selain itu, untuk mengetahui alasan petani memilih berusahatani stroberi agrowisata dan non agrowisata. Metode Penelitian pada penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive, dengan pertimbangan bahwa (1) Desa Pandanrejo merupakan sentra penghasil stroberi di Kota Batu, (2) Terdapat sejumlah petani stroberi yang mengusahakan agrowisata dan non agrowisata yang mendukung penelitian, dll. Teknik penentuan sampel dibedakan menjadi 2 yaitu (1) Teknik sensus untuk usahatani stroberi agrowisata, dengan mengambil seluruh unit populasi yang berjumlah 11 orang dan (2) Teknik simple random sampling untuk non agrowisata dengan jumlah 31 petani. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumen, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis deskriptif. Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis usahatani terdiri dari perhitungan biaya usahatani, penerimaan, keuntungan dan uji t. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan alasan petani dalam memilih usahatani agrowisata dan non agrowisata di Desa Pandanrejo. Total biaya usahatani yang dikeluarkan pada usahatani stroberi petani agrowisata sebesar Rp 171.054.093 /Ha/Tahun, sedangakan usahatani stroberi petani non agrowisata sebesar Rp 119.546.780 /Ha/Tahun. Penerimaan yang diperoleh pada usahatani stroberi petani agrowisata sebesar Rp 272.849.690 /Ha/Tahun, sedangkan usahatani stroberi petani non agrowisata sebesar Rp ii 155.117.313 /Ha/Tahun. Keuntungan pada usahatani stroberi petani agrowisata sebesar Rp 101.795.597 /Ha/Tahun, sedangkan usahatani stroberi petani non agrowisata sebesar Rp 35.570.532 /Ha/Tahun. Selisih keuntungan petani pada usahatani stroberi agrowisata dan non agrowisata sebesar Rp 66.225.065 /Ha/Tahun. Berdasarkan analisis uji t, diperoleh hasil thitung adalah 5,438 lebih besar dari nilai ttabel 1,812, yang berarti bahwa keuntungan usahatani stroberi agrowisata berbeda nyata dengan keuntungan usahatani stroberi non agrowisata. Pada tingkat kepercayaan 95 persen (α = 0,05). Alasan petani memilih usahatani stroberi agrowisata karena harga jual yang lebih tinggi sebesar Rp 40.000/Kg dibandingkan dengan harga jual stroberi non agrowisata sebesar Rp 15.000/Kg. Petani memilih usahatani stroberi agrowisata karena untuk meningkatkan pendapatan. Kota Batu sebagai Kota Wisata sebagai tujuan wisata sehingga terdapat peluang dengan membuka usahatani stroberi agrowisata. Petani memilih usahatani stroberi non agrowisata karena mengutamakan keamanan atau jaminan pasar, harga stabil, tengkulak/pengepul dapat menerima semua hasil panen yang diperoleh petani, dan petani terikat oleh tengkulak. Upaya perbaikan usahatani stroberi ke depan, pemerintah diharapkan dapat memberi dukungan berupa pelatihan, pembinaan, modal dan informasi pasar. Bagi petani, sebaiknya beralih dari usahatani stroberi non agrowisata ke usahatani stroberi agrowisata. Pada pemasaran usahatani stroberi non agrowisata selain menjual langsung kepada tengkulak/pengepul sebaiknya petani juga menjual ke agrowisata. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai strategi pengembangan usahatani stroberi agrowisata atau membandingkan usahatani stroberi agrowisata pada penelitian ini dengan usahatani agrowisata lain di daerah setempat.

English Abstract

Batu City one is Tourism city, it is evident from the data the Department of Tourism in 2014 which states that visitors tour Batu reached 1,929,762 people (Department of Tourism and Culture Stone 2014). One form of travel that consumers demand is agrotourism, because agrotourism has a different appeal that visitors can enjoy the garden directly, buy the product, as well as participate in the activities of farmers. One of agrotourism in Kota Batu is agrotourism picking strawberry. In fact the strawberry farmers around 85.5% do not use the land in the form of agro-tourism and farmers sell their harvest to middlemen. Strawberry farmers to farm strawberry and managing agrotourism sell their produce to visitors agrotourism and middlemen. In the strawberry farm agrotourism other than costs of production also requires other additional costs for agrotourism visitor facilities such as a fruit, plastic bags, promotional costs and infrastructure to support agrotourism. Meanwhile, strawberry farming non agrotourism requires only production costs such as the cost of seed, polybag, fertilizers, pesticides, labor and other costs. Differences in agrotourism and non agrotourism farm is located in the post harvest process, determining the selling price and the buyer. This indicates that there are differences in the income strawberry farm of agrotourism and non agrotourism. Research objective are analyze the comparative profit strawberry farming of farmer agrotourism and non agrotourism. In addition, to determine why farmers choose to farm strawberry agrotourism and non agrotourism. Research methods in determining the location of the research by purposive, on the basis that (1) Pandanrejo Village is center strawberry production in Batu City, (2) There are some number of strawberry farmers who cultivate agrotourism and non agrotourism that supports research, etc. Sampling technique divided into two, namely (1) the census technique for strawberry farm agrotourism, by taking entire population unit totaling 11 people and (2) simple random sampling technique for non agrotourism with the number of 31 farmers. Data collection techniques done with interviews, observation, documents, and documentation. Methods of data analysis using quantitative analysis and descriptive analysis. Quantitative analysis is used to analysis farm consisting of cost calculation farming, revenue, profits and t test. Descriptive analysis used to describe the reason farmers in selecting agrotourism and non agrotourism farm in the village Pandanrejo. The total cost incurred on the farming strawberry farm agrotourism Rp 171 054 093 / ha / year, while the farmers strawberry farm non agrotourim Rp 119 546 780 / ha / year. Revenue obtained on farmer strawberry farmi agrotourism Rp 272 849 690 / ha / year, while farmer strawberry farm non agrotourism Rp 155 117 313 / ha / year. Profit of the farmers strawberry farmi agrotourism Rp 101 795 597 / ha / year, while the farmers strawberry farmi non agrotourism Rp 35,570,532 / ha / year. The difference profit strawberry farm by agrotourism and non iv agrotourism Rp 66.225.065 /ha/year. Based on t test analysis, the result was 5.438 t count greater than 1,812 t-table value, which means that the profit strawberry farm agrotourism significantly different from strawberry farm profits non agrotourism. At the 95 percent confidence level (α = 0.05). The reason of farmers choose strawberry farm agrotourism because the higher selling price of Rp 40.000 / kg compared to the selling price of strawberry non agrotourism Rp 15.000 / kg. Farmers pick strawberry farm agrotourism because increase revenues. Batu City as a tourist city as a tourist destination so there is an opportunity to open a strawberry farm agrotourism. While the reason farmers choose non agro strawberry farm because stable prices, middleman wholesalers can receive all yields are farmers, growers are bound by middlemen. Improvement efforts strawberry farm the next, the government is expected to provide support in the form of training, coaching, capital and market information. For farmers, should switch from strawberry farm non agrotourism to strawberry farm agrotourism and marketing strawberry farm non agrotourism in addition to selling directly to middlemen should farmers also sell to agrotourism. For further research, should conduct research on the development strategy of strawberry farm agrotourism or compare agrotourism this study with other agrotourism farm in the local area.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/352/ 051504765
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 14 Jul 2015 14:37
Last Modified: 05 Jan 2022 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130352
[thumbnail of NUDIA_MELLA_P.pdf]
Preview
Text
NUDIA_MELLA_P.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item