Masyitoh, Megalinda (2015) Analisis Relationship Marketing Antara Perusahaan Dengan Pemasok Dan Pelanggan (Studi Kasus Pada Ud. Ramayana Agro Mandiri Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perusahaan kelas menengah, atau biasa disebut UKM (Usaha Kecil Menengah) salah satu yang bergerak di bidang agroindustri yang berdomisili di kota Batu adalah UD. Ramayana Agro Mandiri. Perusahaan yang beralamat di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji ini termasuk perusahaan yang dapat bertahan di kerasnya persaingan dan sudah berdiri sejak tahun 2005. Pada awal perusahaan berdiri memang masih mengalami beberapa masalah, bahkan di tahun kelima perusahaan berdiri hampir gulung tikar. Tetapi dengan berbagai cara perusahaan dapat survive dan bahkan dalam lima tahun terakhir penjualan perusahaan UD. Ramayana Agro Mandiri Agro Mandiri semakin meningkat. Hal ini tentu tidak dapat dilepaskan dari adanya hubungan pemasaran yang dijalin dengan baik oleh UD. Ramayana Agro Mandiri dengan pemasok dan pelangganya. Dalam penelitian ini nantinya akan dibahas mengenai hubungan pemasaran (relationship marketing) antara perusahaan dengan pemasok dan pelanggannya dilihat dari dimensi kepercayaan, komitmen, kepuasan dan ketergantungan, serta mengenai tingkat keterikatan relationship marketing atau tipe kerjasama yang terjalin antara perusahaan dengan pemasok dan pelangganya, dan yang terakhir mengenai adanya hubungan tingkat keterikatan relationship marketing antara perusahaan dengan pelanggan. Tujuan melakukan penelitian mengenai relationship marketing ini adalah (1) Menganalisis relationship marketing antara UD. Ramayana Agro Mandiri dengan pemasok dan pelanggan ditinjau dari dimensi kepercayaan, komitmen, kepuasan dan ketergantungan. (2) Menganalisis tingkat keterikatan hubungan antara relationship marketing antara UD. Ramayana Agro Mandiri dengan pemasok dan pelanggan.(3) Mendeskripsikan pengaruh Tingkat keterikatan relationship marketing antara pelanggan dan UD Ramayana terhadap penjualan keripik apel. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan skala likert yang difokuskan pada penilaian UD. Ramayana Agro Mandiri terhadap pemasok dan pelanggannya atau sebaliknya melalui empat dimensi yaitu kepercayaan, komitmen, kepuasan dan ketergantungan. Analisis ini digunakan untuk mengetahui jenis hubungan yang terjadi antara UD. Ramayana Agro Mandiri dengan pemasok dan pelanggan. Berikut adalah hasil dari penelitian yang sudah dilakukan tentang Analisis relationship marketing pada keempat simpul yang sudah dianalisis mendapatkan hasil skor yang berbeda-beda setiap simpulnya. Pada simpul antara UD. Ramayana Agro Mandiri terhadap pemasok diperoleh hasil skor rata-rata untuk dimensi kepercayaan 10,8 , komitmen 8,8, kepuasan 9, ketergantungan 10 dan masing-masing berada pada kategori sedang. Pada simpul Pemasok terhadap UD. Ramayana Agro Mandiri diperoleh hasil skor rata-rata untuk dimensi kepercayaan 12,2, komitmen 9, kepuasan 6,4, ketergantungan 9,2 dan masing-masing berada pada kategori sedang. Pada simpul UD. Ramayana Agro Mandiri terhadap pelanggan diperoleh hasil skor rata-rata untuk dimensi kepercayaan 14,5 dengan kategori tinggi, dimensi komitmen 12,20 termasuk dalam kategori tinggi, dimensi kepuasan 7 termasuk dalam kategori sedang, dimensi ketergantungan 11,75 dan berada pada kategori sedang. Pada simpul pelanggan terhadap UD. Ramayana Agro Mandiri diperoleh hasil skor rata-rata untuk dimensi kepercayaan 14,25 dengan kategori tinggi, dimensi komitmen 11,70 termasuk dalam kategori tinggi, dimensi kepuasan 9,20 termasuk dalam kategori sedang, dimensi ketergantungan 12 dan berada pada kategori tinggi. Pada analisis tingkat keterikatan relationship marketing yang sudah dilakukan pada keempat simpul didapatkan hasil bahwa pada simpul tingkat keterikatan hubungan antara UD. Ramayana Agro Mandiri terhadap pemasok berada pada kategori koordinatif yakni dengan total skor rata-rata sebesar 38,6 dari kisaran nilai antara 33,34 – 46,67. Pada simpul tingkat keterikatan hubungan antara pemasok dengan UD. Ramayana Agro Mandiri juga berada pada kategori koordinatif yakni dengan total skor rata-rata sebesar 36,8 dari kisaran nilai antara 31,68 – 44,35. Pada simpul tingkat keterikatan hubungan antara UD. Ramayana Agro Mandiri terhadap pelanggan berada pada kategori kolaboratif yakni dengan total skor rata-rata sebesar 45 dari kisaran nilai antara 44,36 – 57. Pada simpul tingkat keterikatan hubungan antara pelanggan terhadap UD. Ramayana Agro Mandiri berada pada kategori kolaboratif yakni dengan total skor rata-rata sebesar 47,11 dari kisaran nilai antara 46,68 – 60. Dari tipe kerjasama yang sudah diketahui yakni pada analisis tingkat keterikatan relationship marketing antara UD.Ramayana dengan pelanggan dan juga sebaliknya. Bahwa tipe kerjasama yang terjalin adalah kolaboratif atau sanga terat. Menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan pelanggan merupakan salah satu kunci perusahaan untuk dapat meningkatkan penjualan keripik apel.Hal ini terbukti dengan selalu meningkatnya pembelian keripik apel yang dilakukan oleh pelanggan yang ada di Kota Malang pada setiap tahunnya. Menurut pemilik dari UD. Ramayana, jika perusahaan selalu menjaga hubungan kerjasama yang baik dengan pelanggan dan selalu memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan, maka pelanggan juga akan loyal terhadap perusahaan sehingga akan terus meningkatkan pembelian keripik apel, jika hal itu terjadi maka penjualan keripik apel UD. Ramayana juga akan meningkat. Setelah dilakukan penelitian menegenai relationship marketing disarankan perusahaan terus menjaga hubungan kerjasama yang erat dengan mitra bisnisnya sehingga perusahaan bisa menjalin hubungan kerjasama dalam waktu jangka panjang, perusahaan bisa mendapatkan pasokan bahan baku apel yang baik dan perusahaan juga bisa selalu bisa meningkatkan penjualan keripik apel setiap tahunnya.
English Abstract
Middle-classcompanies,or so-called SMEs (Small and Medium Enterprises) one of which is engaged in agro-industries domiciled in Batu is UD. Ramayana Agro Mandiri. The company is located in Bumiaji Village. This includes companies that can survive in the tough competition and has been established since 2005. At the beginning of the company stand is still experiencing some problems, even in the fifth year the company stands almost folded. But in many ways the company can survive and even in the last five years the companys sales UD. Ramayana Agro Mandiri is increasing. This certainly can not be separated from their marketing relationships established good by UD. Ramayana Agro Mandiri with suppliers and the customers In this study will be discussed on relationship marketing between the company and its suppliers and customers seen from the dimensions of trust, commitment, satisfaction and dependence, as well as the level of entanglement relationship marketing or the type of cooperation that exists between the company and suppliers and its customers, and that Last regarding their level of entanglement relationship marketing relationship between the company and the customer. The purpose of doing research on relationship marketing is so that the company knows the type of cooperation that exists between the company and with suppliers and customers, to which it if the relationship between them quite closely the purchase of apple chips will increase. So the apple chips sales will also increase every year. Data analysis method used is descriptive qualitative method by using likert scale that is focused on the assessment of UD. Ramayana Agro Mandiri against the supplier and its customers or vice versa through four dimensions: trust, commitment, satisfaction and dependence. This analysis is used to determine the type of relationship that occurs between UD. Ramayana with suppliers and customers. The results of studies that have been conducted on analysis of relationship marketing at the four vertices that have been analyzed to get the score that is different every vertex. At the knot between UD. Ramayana Agro Mandiri on suppliers obtained results an average score of 10.8 for the dimension of trust, commitment 8.8, satisfaction 9, dependency 10 and each are in the moderate category. At node Suppliers to UD. Ramayana Agro Mandiri result the average score of 12.2 for the dimension of trust, commitment 9, satisfaction of 6.4, 9.2 and dependence respectively in middle category. At UD knot. Ramayana Agro Mandiri to the customer obtained results an average score of 14.5 for the dimension of trust with the high category, dimensions of 12,20 commitments included in the high category, dimensions of satisfaction 7 are included in the category of medium, dimensions and dependence 11.75 in middle category. At the customer node to UD. Ramayana Agro Mandiri result the average score for a dimension of trust with the high category 14.25, 11.70 dimension commitments included in the high category, dimensions 9,20 satisfaction included in the medium category, dependence dimension 12 and is at a high category. In the analysis of the level of relationship marketing relationship that has been done on the fourth node showedt hat at the node level of entanglement relationship between UD. Ramayana Agro Mandiri against suppliers in the category coordinative, average total score of 38.6 out of a range of values between 33.34 to 46.67. At the node level of entanglement relationships between suppliers with UD. Ramayana Agro Mandiri also located on the coordinative category withan average total score of 36.8 out of a range of values between 31.68 to 44.35. At the node level of entanglement relationship betweenUD. Ramayana Agro Mandiri to customers located in the collaborative category withan average total score of 45 out of the range of values between 44.36-57. At the node level of entanglement relationships between customers against UD. Ramayana Agro Mandiri is in the categoryof collaborativeie, withan average total scoreof47.11out of a range of values between 46.68 to 60. Of the type of cooperation that is already known that the analysis of the level of entanglement relationship marketing between UD. Ramayana with customers and vice versa.That type of cooperation that exists is collaborative or very closely. Establish good cooperation relationships with customers is one of the key companies to be able to increase sales of apple chips. This was proved by always increasing the purchase of apple chips made by existing customers Mebel every year. According to the UD. Ramayana, when the company always keep good cooperation relationship with the customers and always provide the best service to the customer, then the customer will also be reluctant to companies that will continue to increase the purchase of apple chips, if it happens then the sale of apple chips UD. Ramayana will also increase. After doing research about expected relationship marketing company continues to maintain a close working relationship with its business partners so that companies can establish cooperation relationship in the long term, so the company can get supplies of raw materials and a good apple company could also always be able to increase the sales of apple chips annually.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2015/346/ 051504651 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 08 Jul 2015 13:54 |
Last Modified: | 08 Jul 2015 13:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130345 |
Actions (login required)
View Item |