Analisis Pengendalian Kualitas Jamur Tiram Putih Pada Cv. Prima Investama (Dusun Sonotengah Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang)

Kurniasari, Lia (2015) Analisis Pengendalian Kualitas Jamur Tiram Putih Pada Cv. Prima Investama (Dusun Sonotengah Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan industri di era globalisasi ini sangat pesat. Setiap perusahaan menghadapi persaingan yang semakin meningkat dan lebih ketat. Bukan hanya untuk perusahaan berskala besar dan internasional, bahkan perusahaan kecil pun juga mengalami persaingan global. Perusahaan yang menjadikan kualitas sebagai alat strategi akan mempunyai keunggulan bersaing terhadap pesaingnya dalam menguasai pasar. Salah satu komoditas hortikultura dari kelompok sayuran yang berpotensi untuk dikembangkan dan memiliki prospek yang bagus adalah jamur tiram putih. Dan beberapa perusahaan di Kota Malang yang membudidayakan jamur tiram, terdapat salah satu perusahaan yakni CV. Prima Investama yang berada di Dusun Sonotengah Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang yang cukup dikenal dikalangan masyarakat sebagai perusahaan jamur tiram putih. Jamur tiram putih merupakan produk pertanian yang sifatnya mudah busuk. Dengan semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap jamur tiram putih dari tahun ke tahun menyebabkan para produsen bersaing untuk menghasilkan jamur tiram putih yang berkualitas baik. Untuk menghasilkan kualitas jamur tiram putih yang baik tersebut, maka CV. Prima Investama memerlukan pengendalian kualitas terhadap produk jamur tiram putih agar konsumen merasa puas dengan produknya sehingga permintaan terhadap produk akan mengalami peningkatan penjualan. Tujuan penelitian ini antara lain (1) mengidentifikasi pelaksanaan pengendalian kualitas produksi jamur tiram putih pada CV. Prima Investama, (2) mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas produksi jamur tiram putih yang diproduksi CV. Prima Investama, (3) menganalisis harapan konsumen terhadap kualitas jamur tiram putih produksi CV. Prima Investama, (4) menganalisis respon teknis perusahaan terhadap atribut jamur tiram putih CV. Prima Investama yang menjadi harapan konsumen. Penelitian dilakukan pada bulan Februari hingga Mei 2015. Responden dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu konsumen jamur tiram putih CV. Prima Investama dan pihak CV. Prima Investama. Penentuan responden konsumen dalam penelitian ini dengan metode accidental sampling yaitu konsumen jamur tiram putih CV. Prima Investama yang kebetulan bertemu dengan peneliti. Besarnya sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 orang. Penentuan responden untuk pihak CV. Prima Investama dengan menggunakan metode purposive yaitu pemilik dari CV. Prima Investama dan tenaga kerja di bagian produksi sebanyak 14 orang. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis Statistical Quality Control dan House of Quality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji validitas dan uji reliabilitas pada semua atribut yang diuji pada kuisioner dalam penelitian ini adalah valid dan reliabel sehingga jika dilakukan penelitian ulang kuisioner yang digunakan dapat menghasilkan data yang konsisten. Hasil yang diperoleh dari penggunaan metode analisis House of Quality adalah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/331/ 051504577
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Jul 2015 09:39
Last Modified: 10 Jul 2015 09:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130329
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item