Analisis Pendapatan Dan Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Kacang Shanghai (Studi Kasus Pada Perusahaan Kacang Shanghai Di Ngunut, Tulungagung)

Nurmapiah, Depi (2015) Analisis Pendapatan Dan Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Kacang Shanghai (Studi Kasus Pada Perusahaan Kacang Shanghai Di Ngunut, Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tulungagung merupakan kabupaten yang terkenal dengan industri marmer atau batu onix. Selain itu, di Kabupaten Tulungagung juga terdapat berbagai macam industri makanan kecil sampai menengah.Salah satu makanan ringan yang merupakan produk lokal Kabupaten Tulungagung yaitu kacang shanghai. Kacang shanghai merupakan kacang tanah yang dibalut dengan adonan tepung tapioka dan bumbu kemudian digoreng sampai kering.Keberhasilan suatu perusahaan dalam menjalankan industrinya, dapat dilihat dari besarnya pendapatan. Pendapatan berhubungan dengan volume penjualan,dimana volume penjualan ditentukan oleh loyalitas konsumen. Ditengah persaingan yang ketat, perusahaan kacang shanghai harus berupaya menarik minat konsumen dan mempertahankan loyalitas konsumen agar pendapatan tidak mengalami penurunan. Upaya yang dapat dilakukan perusahaan, salah satunya yaitu dengan mempertahankan keunggulan dari brand image produk mereka. Brand image (citra merek) merupakan seperangkat keyakinan, ide dan kesan yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu merek (Kotler 2009). Brand image atau citra merek yang positif dan sesuai dengan kualitas produk akan menghasilkan konsumen yang loyal (Redono 2013). Pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang melakukan pembelian berulang secara teratur, membeli produk antarlini produk dan jasa, mereferensikan kepada orang lain dan menunjukan kekebalan terhadap tarikan dari pesaing lain (Griffin 2003). Semakin besar loyalitas pelanggan dan semakin lama loyalitas seorang pelanggan maka semakin besar pendapatan yang dapat diperoleh perusahaan (Griffin 2003). Permasalahan yang terjadi pada perusahaan kacang shanghai di Ngunut, Tulungagung yaitu adanya pesaing lokal maupun nasional. Pesaing lokal terbesar yaitu Suling Mas dan Panda sedangkan pesaing terbesar dalam lingkup nasional yaitu Garuda food dan Dua Kelinci Adanya pesaing tersebut berdampak pada kuantitas penjualan dan pendapatan kacang shanghai pada perusahaan tersebut. Pada tahun 1994-1997 perusahaan mampu memproduksi dan menjual kacang shanghai sebanyak 60 ton per hari namun saat ini mengalami penurunan menjadi 8-12 ton per hari. Selain itu, kacang shanghai tersebut juga mengalami pergeseran peminat. Pada tahun1990-2010 peminatnya adalah kalangan anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua namun pada saat ini peminatnya hanya berasal dari kalangan remaja dan orang dewasa. Dalam memasarkan produknya, perusahaan kacang shanghai tersebut tidak melakukan promosi dalam bentuk apapun karena biaya yang tinggi, oleh karena itu brand image (citra merek) nya lebih lemah dan kalah jika dibandingkan dengan citra merek pesaing, kususnya dalam lingkup nasional, sehingga berakibat sebagian konsumen beralih kepada produk pesaing. Dengan demikian, brand image dirasa penting untuk diperhatikan perusahaan kacang shanghai tersebut dalam mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumen serta untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. Oleh karena itu, hal ii ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian mengenai analisis pendapatan dan pengaruh brand image terhadap loyalitas kacang shanghai pada perusahaan kacang shanghai di Ngunut, Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis besarnya pendapatan (keuntungan) pengolahan kacang tanah menjadi kacang shanghai pada perusahaan kacang shanghai, Ngunut, Tulungagung dan (2) Menganalisis pengaruh variabelvariabel brand image yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai dan citra produk terhadap loyalitas konsumen kacang shanghai. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis pendapatan dan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 16. Hasil yang diperoleh yaitu: 1. Pengolahan kacang tanah menjadi kacang shanghai yang dilakukan oleh perusahaan kacang shanghai di Ngunut, Tulungagung pada tahun 2014 memperoleh keuntungan sebesar Rp 2.798.758.973, dengan rata-rata keuntungan setiap bulan pada tahun 2014 yaitu sebesar 233.229.914/bulan. 2. Loyalitas Konsumen kacang shanghai dipengaruhi oleh brand image. Berdasarkan uji koefisien determinasi, maka dapat disimpulkan bahwa variabel Brand Image yang terdiri dari variabel Citra Pembuat, Citra Pemakai dan Citra Produk mampu menjelaskan loyalitas konsumen sebesar sebesar 0,663 atau 66,3%. Selanjutnya berdasarkan uji F, diketahui bahwa Nilai F hitung > F tabel (23,613 > 2,61) yang berarti citra Pembuat, Citra Pemakai dan Citra Produk berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Konsumen. Sementara itu, pengaruh dari masing-masing variabel yaitu: citra pembuat memiliki Nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2.647 > 2.02269) sehingga, citra pembuat berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen. Setiap kenaikan 1% dari dari citra pembuat maka akan menaikan tingkat loyalitas konsumen sebesar 0,343%. Nilai t hitung dari citra pemakai lebih besar dari t tabel (2.590 > 2.02269) sehingga, citra pembuat berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen. setiap kenaikan 1% dari citra pemakai akan menaikan tingkat loyalitas konsumen sebesar 0,534% Nilai t hitung dari Citra Produk lebih besar dari t tabel (2.111 > 2.02269), sehingga, citra pembuat berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen. setiap kenaikan 1% dari citra produk akan menaikan tingkat loyalitas konsumen sebesar 0,210%. Saran untuk penelitian ini yaitu (1) Untuk meningkatkan penjualan, loyalitas konsumen dan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan, sebaiknya perusahaan kacang shanghai di Ngunut Tulungagung meningkatkan brand image (citra merek) melalui promosi. Promosi dengan biaya rendah yang dapat dilakukan oleh perusahaan yaitu promosi melalui media cetak (memberikan brosur dan kalender tahunan kepada konsumen) dan memasang baleho di sekitar perusahaan. (2) Sebaiknya perusahaan kacang shanghai di Ngunut Tulungagung menumbuhkan kembali minat kacang shanghai pada kalangan anak-anak dengan menambah varians kacang shanghai agar kacang shanghai lebih beraneka macam. Kacang shanghai yang beraneka macam akan lebih menarik minat konsumen kususnya pada kalangan anak-anak, sehingga penjualan kacang shanghai pada segmentasi anak-anak akan meningkat.

English Abstract

Tulungagung Regency is famous for its marble or stone onix industry. In addition, in Tulungagung there is also a wide range of small to medium food industry. One of snack food is a product local of Tulungagung is shanghai peanuts. Shanghai peanut is coated with batter tapioca flour andherbs then fried until dry. An enterprises’s success in running the industry, can be seen from the amount of income. Revenue related with sales volume , where sales volume is determined by the loyalty of consumer. Amid intense competition, companies of shanghai peanuts should strive to attract consumer interst and maintain consumer loyalty that income does not decreasing.The effort that the company can do, one of which is to maintain the excellence of the brand image of their products. Brand image is a set of beliefs, ideas and impressions that are owned by a person against a brand (Kotler 2009). Brand image a positive and in accordance with the quality of the product will result in a consumer loyal (Redono2013). Customers who are loyal customers who made a purchase over and over again on a regular basis, buy the product between lines of product and services, refer to other people and showing immunity to pull from other competitors (Griffin, 2003). the greater customer loyalty and the longer the loyalty of a customer so the greater income can be obtained to companies (Griffin, 2003). Problems occurred at the company’s shanghai peanut in Ngunut, That many competitors of local and national. The largest local competitor, is Suling Mas and Panda, the biggest competitor in the national are Garuda food and Dua Kelinci. Of the competitors have an impact on the quantity of sales and revenue the company shanghai peanuts. In 1994-1997, the company was able to produce and sellas many as 60 tons shanghai peanut everyday but has decreased to 8-12 tons everyday. In addition, shanghai peanuts also have shifting enthusiasts. On 1990 – 2010 years devotees are among children, adolescents, adults and older people but at the momentonly devotees come from among adolescents and adults. In marketing its products, the company does not perform shanghai peanuts promotion in any form because of its high cost, therefore brand image on his weaker and less when compared to competitors brand image in national , so that led some consumers turn to competitors products. Therefore, the brand image is reasonably important to note that in shanghai peanuts companies maintain and enhance consumer loyalty, as well as to increase the companys revenue. Therefore it encourages writers to do research regarding the analysis of revenue and effect of Brand Image to loyalty of shanghai peanut on shanghai company in Ngunut, Tulungagung. Purposes of this research are (1) to analyse the magnitude income of processing peanuts into shanghai peanuts in shanghai peanuts company Ngunut, Tulungagung, and (2) analyse the effect of variables brand image that consists iv of a corporate image, user Image and produc timage to consumer loyalty shanghai peanuts. Methods of data analysis used the analysis of quantitative using the analysis of income and multiple linear regression analysis with SPSS 16. The results obtained are: 1. Processing of peanuts into shanghai peanut conducted by shanghai peanut company Ngunut Tulungagung, in 2014 gain an income Rp 2.798.758.973 with an average income per month is 233.229.914/month. 2. Consumer loyalty shanghai peanut influenced by the brand image. Based on the determination of coefficient test, then it can be inferred that the variable brand image that consists of a variable corporate image, user image and product image able to explain the consumers loyalty of 0,663 or 66,3%. Furthermore, based on the F test, note that the value of F count > F table (23,613 > 2.61) which means the corporate image, user image and product image influential simultaneously to consumer loyalty. Meanwhile, the influence of each variable, namely corporate image have a value t calculate is greater than t table (2.647 > 2.02269), so the corporate image influential partially to consumer loyalty. Every increase of 1% of the corporate image will sharply increase of consumer loyalty of 0,343%. The value t count the user image is larger than the t table (2.590 > 2.02269), so the user image influential partially to consumer loyalty. Every increase of 1% of user image will sharply increase consumer loyalty increase consumer loyalty rate of 0,534%. The value t count the product image greater than t table (2.111>2.02269 ), so the product image influential partially to consumer loyalty. Every increase of 1% of the product image will will sharply increase consumer loyalty of 0,210%. Suggestions for this research are (1) To increase sales, loyalty of consumers and to increase the companys income, shangha peanut company in Ngunut, Tulungagung is improving brand image through promotion. Low cost of promoton that may be conductedby the company are promotion through printed media (provide brochures and annual calendar to the consumer) and install the baleho around the company. (2) should the shanghai peanut company in NgunutTulungagung regrow shanghai peanuts on interest among children with add variance of shanghai peanuts, so that the shanghai peanuts is more varied. Shanghai peanut that a wide range of consumer interests would be more interesting on among children, so sales of shanghai peanuts on segmentation of children will increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/315/ 051504555
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 13 Jul 2015 10:16
Last Modified: 13 Jul 2015 10:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130311
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item