Komposisi Spesies Hasil Tangkapan Alat Tangkap Payang Di Desa Jatirejo, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Simbolon, Adatsan E W (2018) Komposisi Spesies Hasil Tangkapan Alat Tangkap Payang Di Desa Jatirejo, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Payang adalah alat tangkap yang terdiri dari tiga bagian utama yaitu sayap, badan dan kantong yang dioperasikan di permukaan dengan tujuan untuk menangkap ikan-ikan pelagis. Waktu kerja nelayan payang pada saat penelitian 1 hari dengan jumlah 6 ABK. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2018 di desa Jatirejo Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui spesies yang tertangkap dengan alat tangkap payang, mengetahui komposisi spesies ikan yang tertangkap dengan alat tangkap payang dan mengetahui variasi jumlah spesies dan total hasil tangkapan antar kapal payang di desa Jatirejo Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif survey. Metode ini dilakukan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung guna mendapatkan keterangan yang lebih jelas terhadap suatu masalah dalam penelitian di desa Jatirejo Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder, dalam analisis data menggunakan beberapa software yaitu Microsoft Excel aplikasi SPSS (Statistical Product and Services Solution) Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jumlah spesies penyusun hasil tangkapan payang sebanyak 9 spesies diantaranya, teri nasi (Stolephorus commersoni), teri besar (Stolephorus insularis), bawal hitam (Parastromateus niger), bawal putih (Pampus argenteus), cumi-cumi (Loligo sp), Tenggiri (Scomberomorus guttatus), Belanak (Mugil cephalus), Layur (Trichiurus lepturus), dan Keper (Scatophagus argus). Presentase hasil tangkapan yang didapatkan di dominasi oleh spesies terbanyak adalah ikan teri nasi (Stolephorus commersoni) sebesar 24% dengan total berat 630 Kg. sedangkan untuk hasil tangkapan paling sedikit yaitu ikan tengiri (Scomberomorus guttatus) sebesar 5% dengan berat total 140 kg. Rata-rata berat total (biomass) hasil tangkapan antar kapal terdapat variasi dengan nilai signifikansi sebesar 0,024 dan kapal yang berbeda sangat nyata adalah kapal Akas dan kapal Rampas dengan masing-masing nilai rata-rata berat (kg) 27,36 dan 6,86. Variasi berat antar spesies terdapat perbedaan yang nyata atau signifikan, dengan nilai signifikan 0,000 dan spesies yang berbeda sangat nyata adalah teri nasi dan tenggiri.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/629/051806551
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing > 639.22 Fishing in salt waters
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Nov 2018 01:48
Last Modified: 31 Mar 2020 15:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13031
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item