Pengaruh Bauran Pemasaran (Extended Marketing Mix) Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Ud Ramayana Agro Mandiri Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu)

Akbar, MuhammadAbidzarAlghiffari (2015) Pengaruh Bauran Pemasaran (Extended Marketing Mix) Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Ud Ramayana Agro Mandiri Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan kelas menengah, atau biasa disebut UKM (Usaha Kecil Menengah) salah satu yang bergerak di bidang agroindustri yang berdomisili di kota Batu adalah UD Ramayana Agro Mandiri. Perusahaan yang berlamat di desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji ini Mengetahui Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Ketua Dr. Ir. Syafrial, MS. NIP. 19580529 198303 1 001 12 termasuk perusahaan yang dapat bertahan di kerasnya persaingan dan sudah berdiri sejak tahun 2005. Diawal perusahaan berdiri memang masih pontang panting jalannya usaha, bahkan di tahun kelima perusahaan berdiri hampir kolaps. Tetapi dengan berbagai cara perusahaan dapat survive dan bahkan dalam lima tahun terakhir penjualan perushaan UD Ramayana Agro Mandiri Agro Mandiri semakin meningkat. Hal ini tentu tidak dapat dilepaskan dari adanya strategi pemasaran yang diterapkan oleh UD Ramayana Agro Mandiri Agro Mandiri. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan yang ingin dicapai diakhir penelitian. Tujuan pertama untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan perusahaan secara deskriptif. Selain itu juga menganalisis dari pengaruh variabel bauran pemasaran secara keseluruhan terhadap volume penjualan. Terakhir adalah menganalisis variabel bauran pemasaran secara parsial dan pengaruhnya terhadap volume penjualan. Metode untuk mengetahui kondisi perusahaan adalah metode analisis deskriptif, dan juga analisis kuantitatif yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Dalam analisis deskriptif akan dipaparkan mengenai penjabaran strategi yang telah dilakukan oleh perusahaan dan pengaruhnya terhadap volume penjualan. Dan didalam analisis kuantitatif terdapat uji f dan juga uji t untuk menjawab dari tujuan penelitian yang ada. Di dalam analisis tersebut variabel dependennya adalah volume penjualan dan juga variabel independen adalah product, place, people, price, promotion, process, dan physical evidence. Dari analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil dari penelitian antara lain, dilihat analisis deskriptif dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh dari implementasi bauran pemasaran terhadap volume penjualan. Dan memang secara deskriptif yang mempengaruhi adalah peningkatan jumlah produk yang ditawarkan dan juga semakin bertambahnya saluran distrubusi (place) yang dimiliki perusahaan. Dari analisis yang kedua, di uji F ini juga membuktikan bahwa dengan semua variabel secara bersamaan yang ada di variabel independen berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Dari analisis yang ketigam untuk uji t dapat diketahui terdapat dua variabel yang ternyata mempengaruhi secara signifikan terhadap volume penjualan. Kedua variabel tersebut adalah variabel X1 atau produk, dan variabel X2 atau variabel tempat/place. Variabel X1 atau produk mempunyai nilai signifikansi 0,00 dan juga X2 atau place yang mempunyai signifikansi 0,13.

English Abstract

Middle‐class company, or so‐called SME (Small Medium Enterprises) one who is engaged in agro‐industries that are domiciled in the city of Boulder is the Ramayana Agro Mandiri UD. Businesses in the village berlamat Bumiaji, Bumiaji This includes companies that can survive in the tough competition and has been established since 2005. Earlier the company stand is still running helter skelter effort, even in the fifth year the company stands almost collapsed. But in many ways the company can survive and even in the last five years sales Integration Mandiri UD Ramayana Agro Agro Mandiri is increasing. This certainly can not be separated from their marketing strategies implemented by UD Ramayana Agro Agro Mandiri Mandiri. This study has three objectives to be achieved at the end of the study. The first objective to determine the effect of the marketing mix against sales volume descriptively. It also analyzed the influence of the overall marketing mix variables on sales volume. The last is to analyze the marketing mix variables and partial influence on the sales volume.. Method to determine the condition of the company is descriptive analysis method, as well as quantitative analysis performed in this study using multiple linear regression analysis. In the descriptive analysis will be presented regarding the elaboration of a strategy that has been done by the company and its impact on sales volume. And in the quantitative analysis are f test and t test for the answer from existing research purposes. In the analysis the dependent variable is the volume of sales as well as the independent variables are product, place, people, price, promotion, process and physical evidence. From the analysis that has been done shows of research, others, be descriptive analysis can be seen that there is the effect of the implementation of the marketing mix to sales volume. And indeed descriptively that affect is an increase in the number of products offered and also the increasing channel distrubusi (place) of the company. From the analysis of the second, in this F test also proved that with all the variables simultaneously in the independent variables significantly influence the volume of sales. Both of these variables are variables X1 or products, and X2 or variable spot / place. Variable X1 or product has a significance value 0.00 and also X2 or a place that has significance 0.13

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/286/ 051504526
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 31 Jul 2015 09:41
Last Modified: 31 Jul 2015 09:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130279
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item