Analisis Biaya Transportasi Dalam Pemasaran Brem Madiun : Pendekatan Metode Vam Dan Modi

Sari, MerpyMayang (2015) Analisis Biaya Transportasi Dalam Pemasaran Brem Madiun : Pendekatan Metode Vam Dan Modi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah Satu Makanan Yang Terkenal Dari Kota Madiun Adalah Brem. Agroindustri Brem Di Desa Kaliabu Termasuk Jenis Skala Usaha Kecil Dan Menengah. Sebagian Besar Masyarakat Di Desa Kaliabu Menggantungkan Hidupnya Pada Sektor Perdagangan Yaitu Dengan Usaha Brem. Banyaknya Pengusaha Brem Di Desa Kaliabu Menimbulkan Adanya Persaingan Baik Pada Hal Produksi Maupun Pemasarannya. Adapun Kunci Keberhasilan Usaha Yaitu Terletak Pada Aspek Pemasaran Dimana Produk Yang Dihasilkan Bisa Diterima Baik Oleh Konsumen. Saat Ini Perusahaan Dihadapkan Pada Masalah Yaitu Sulitnya Mencari Konsumen Karena Banyak Terjadi Persaingan Antar Produsen Yang Melakukan Usaha Yang Sama. Pemasaran Merupakan Proses Akhir Yang Harus Dilakukan Setelah Semua Proses Produksi Selesai Sehingga Bisa Memberikan Nilai Dan Keberhasilan Suatu Produk Yang Dipasarkan. Demi Mencapai Tujuan Pemasaran, Maka Hal Yang Perlu Dilakukan Yaitu Dengan Mendistribusikan Produk Kepada Konsumen. Ketika Melakukan Distribusi Produk, Perusahaan Harus Bisa Menekan Biaya Transportasi Dengan Seminimal Mungkin. Hal Ini Dikarenakan Besarnya Biaya Transportasi Yang Dikeluarkan Perusahaan Bisa Mempengaruhi Tinggi Rendahnya Pendapatan Yang Diterima Oleh Setiap Perusahaan. Permasalahan Yang Sering Dihadapi Perusahaan Khususnya Yang Bergerak Di Bidang Industri Terkait Dengan Pemasaran Yaitu Mengenai Masalah Transportasi. Hal Ini Mengarah Tentang Bagaimana Pengalokasian Distribusi Produk Yang Tepat Dari Sejumlah Tempat Asal Atau Sumber Ke Beberapa Tempat Tujuan Distribusi Agar Biaya Transportasi Yang Dikeluarkan Bisa Seminimal Mungkin. Setiap Industri Pasti Menginginkan Biaya Yang Minimum Untuk Proses Transportasi Sehingga Diperlukan Suatu Strategi Pemecahan Masalah Yang Bisa Memberikan Solusi Yang Optimal. Berdasarkan Permasalahan Tersebut, Maka Pertanyaan Pokok Dalam Penelitian Ini Adalah (1) Ke Daerah Mana Sajakah Produk Brem Madiun Dipasarkan?; (2) Berapa Besarnya Biaya Transportasi Dalam Pendistribusian Brem Ke Luar Kota Menggunakan Metode Vam Dan Metode Modi?; (3) Berapa Alokasi Pendistribusian Brem Yang Optimal Ke Daerah Pemasaran Setelah Dianalisis Menggunakan Metode Transportasi?. Adapun Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah (1) Mengidentifikasi Lokasi Pemasaran Brem Madiun Pada Umumnya, (2) Menganalisis Besarnya Biaya Transportasi Dalam Pendistribusian Brem Ke Luar Kota Menggunakan Metode Vam Dan Metode Modi, Serta (3) Mengestimasi Alokasi Pendistribusian Produk Brem Yang Optimal Ke Daerah Pemasaran. Metode Penentuan Daerah Penelitian Dilakukan Secara Sengaja Dengan Lokasi Yang Dipilih Adalah Di Desa Kaliabu, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun. Penentuan Responden Dilakukan Dengan Cara Purposive Sampling Pada Tiga Agroindustri Yang Memiliki Skala Usaha Yang Menengah Sehingga Wilayah Pemasaran Produknya Juga Luas Jika Dibandingkan Dengan Agroindustri Yang Lainnya. Adapun Responden Dari Ketiga Perusahaan Tersebut Antara Lain Pemilik Brem Suling Gading, Pemilik Brem Sumber Rasa Dan Pemilik Brem Duta Rasa Yang Berada Di Desa Kaliabu, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun. Selain Itu, Pertimbangan Dalam Penentuan Responden Ini Adalah Ketiga Agroindustri Brem Tersebut Mengirimkan Produk Bremnya Ke Daerah Pemasaran Yang Sama. Metode Pengumpulan Data Dilakukan Dengan Data Primer Dan Sekunder. Metode Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Meliputi Metode Analisis Deskriptif Dan Analisis Estimasi Biaya Transportasi. Metode Analisis Deskriptif Digunakan Untuk Menjawab Tujuan Pertama Yaitu Mendeskripsikan Lokasi Pemasaran Brem Pada Umumnya Serta Mendeskripsikan Darimana Daerah Sumber Dan Daerah Tujuan Untuk Pemasaran Brem Ke Luar Kota Pada Tiga Agroindustri Yang Diteliti. Sedangkan Analisis Estimasi Biaya Transportasi Digunakan Untuk Menganalisis Besarnya Biaya Transportasi Dan Alokasi Produk Yang Optimal Untuk Pendistribusian Brem Ke Luar Kota Agar Bisa Meningkatkan Pendapatan Perusahaan. Dalam Penelitian Ini, Ada Tiga Perusahaan Yang Diteliti Yakni Brem Suling Gading, Brem Sumber Rasa Dan Brem Duta Rasa Dan Masing-Masing Perusahaan Memasarkan Ke Tiga Lokasi Yang Sama Yaitu Ke Bali, Kalimantan Dan Bandung. Biaya Transportasi Untuk Pendistribusian Brem Ke Luar Kota Berdasarkan Kondisi Riil Di Lapang Adalah Sebesar Rp 5.795.000,00. Berdasarkan Hasil Tersebut Maka Dapat Dikatakan Biaya Transportasi Belum Optimal Sehingga Masih Bisa Diperbaiki Dengan Metode Transportasi. Adapun Metode Transportasi Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Yaitu Metode Vam Dan Modi. Biaya Transportasi Untuk Penentuan Solusi Awal Menggunakan Metode Vam Menghasilkan Biaya Sebesar Rp 5.509.000,00 Sedangkan Biaya Transportasi Berdasarkan Kondisi Riil Di Lapang Rp 5.795.000,00 (Selisih Biaya Sebesar Rp 286.000,00). Biaya Transportasi Untuk Penentuan Solusi Akhir Menggunakan Metode Modi Menghasilkan Biaya Sebesar Rp 5.491.000,00 Sedangkan Biaya Transportasi Berdasarkan Kondisi Riil Di Lapang Rp 5.795.000,00 (Selisih Biaya Sebesar Rp 304.000,00). Hal Ini Berarti Estimasi Biaya Transportasi Menggunakan Metode Modi Bisa Memberikan Solusi Optimal Sehingga Bisa Meminimumkan Biaya Transportasi Untuk Pendistribusian Brem Ke Luar Kota Dan Dapat Meningkatkan Pendapatan Perusahaan. Alokasi Pemasaran Produk Brem Yang Optimal Diperoleh Dari Analisis Menggunakan Metode Modi Yang Memberikan Hasil Bahwa Agroindustri Brem Suling Gading Agar Pemasaran Produknya Optimal Maka Mengirimkan Brem Ke Bali Sebesar 440 Kg, Ke Kalimantan Sebesar 180 Kg Dan Ke Bandung Sebesar 355 Kg. Adapun Untuk Pemasaran Produk Brem Sumber Rasa Yang Optimal Dikirim Ke Kalimantan Sebesar 440 Kg Serta Brem Duta Rasa Dikirim Ke Bali Sebesar 480 Kg. Adapun Saran Dari Penelitian Ini Adalah Sebaiknya Pihak Agroindustri Mendistribusikan Produk Brem Sesuai Dengan Besarnya Kapasitas Yang Optimal Dan Juga Pada Daerah Pemasaran Yang Sesuai Agar Dapat Menjaga Efisiensi Biaya Transportasi. Selain Itu, Bagi Penelitian Selanjutnya Yang Berhubungan Dengan Masalah Pendistribusian Produk Diharapkan Agar Peneliti Tidak Hanya Terbatas Meneliti Pada Daerah Pemasaran Dalam Lingkup Yang Agregat, Melainkan Dispesifikkan Pada Kota Mana Terkait Ekspedisi Yang Dipilih.

English Abstract

One Famous Food From Madiun Is Brem. Agroindustrial Of Brem In Kaliabu Village Including Types Of Small And Medium Scale Enterprises. Most Of The People In The Kaliabu Village Depend On Trade With Brem Effort. The Number Of Entrepreneurs Brem In Kaliabu Village Then Gave Rise To The Competition Both In Terms Of Production And Marketing. However, The Key To Success Of The Business Is Located On The Marketing Aspect In Which The Products Can Be Well Received By Consumer. Currently The Company Is Faced With A Problem That Is Difficult To Find Consumers For Many There Is Competition Between Manufacturers Who Put The Same Effort. Marketing Is A Process That Must Be Done After The End Of All Of The Production Process Is Completed So That It Can Be Provide Value And Success Of A Product Is Marketed. In Order To Achieve Marketing Objectives, Then The Thing To Do Is Distribute The Product To The Consumer. When Do The Distribution Of Products, The Company Should Be Able To Reduce The Cost Of Transportation To A Minimum. This Is Because The Size Of The Transportation Costs Incurred Greatly Affect The Level Of Income That Can Be Received By Any Company. Problems Frequently Faced By The Company, Especially Those Engaged In The Field Related To The Marketing Industry Is On The Issue Of Transportation. This Leads To A Thing About How To Allocate The Proper Distribution Of The Products Of A Number Of Places Of Origin Or Source To Multiple Destinations That The Distribution Of Transportation Costs Incurred Can Be Minimized. Every Industry Would Want A Minimum Cost For The Transportation Process That Takes A Problem Solving Strategy That Can Be Provide Optimal Solutions. Based On These Problems, The Central Question In This Study Were (1) To Which Areas Are The Products Marketed Of Madiun’s Brem?; (2) How Much The Transportation Cost In The Distribution Brem Out Of Town By Using Vam And Modi Method?; (3) How Much The Allocate The Optimal Distribution Of The Products Of Brem To The Market Area After Analyze With The Transportation Method?. The Purpose Of This Study Was (1) To Identify The Location Of Madiun’s Brem Marketing In General, (2) Analyze The Cost Of Transportation In The Distribution Brem Out Of Town By Using Vam And Modi Method, And (3) Estimate The Allocate The Optimal Distribution Of The Products Of Brem To The Market Area. The Method Of Determining The Area Of Research Is Done Deliberately With The Chosen Location Is In The Kaliabu Village, Mejayan Subdistrict, Madiun Regency. Determination Of The Respondents Conducted By Purposive Sampling In Three Agroindustries That Have Medium Scale Business So The Area Of Marketing Their Products Too Broad When Compared With Other Agroindustries. The Respondents From These Companies, Among Others, Suling Gading’s Brem, Sumber Rasa’s Brem And Duta Rasa’s Brem Owner In The Kaliabu Village, Mejayan Subdistrict, Madiun Regency. In Addition, Consideration In The Determination Of The Third Respondent Is The Agroindustrial Of Brem Ship Products To The Same Market Area. Method Of Data Collection With Primary And Secondary Data. Data Analysis Methods Used In This Study Include Descriptive Analysis Method And Analysis Of The Estimated Costs Of Transport. Descriptive Analysis Method Is Used To Answer The First Objective Is To Describe The Location Of Brem Marketing In General And To Describe The Area Where The Source And Destination Areas For Marketing Brem Out Of Town On Three Agroindustries Studied. While The Analysis Of The Estimated Cost Of Transportation Are Used To Analyze The Cost Of Transportation And Allocation Of Optimal Product For Brem Distribution Out Of Town In Order To Increase Revenues. In This Study, There Are Three Companies That Studied The Suling Gading’s Brem, Sumber Rasa’s Brem And Duta Rasa’s Brem And Each Company Markets To The Same Three Locations Namely To Bali, Kalimantan And Bandung. Transportation Costs Of Brem For Distribution Outside The City By The Real Conditions In The Field Is Rp 5.795.000,00. Based On These Results We Can Conclude That The Cost Of Transport Is Not Optimal Can Still Be Improved By The Method Of Transportation. The Transport Method Used In This Research Is The Method Of Vam And Modi. Transportation Cost For The Determination Of The Initial Solution Using The Vam Method Produces A Cost Of Rp 5.509.000,00 Whereas Transport Fees Based On The Real Conditions In The Field Rp 5.795.000,00 (The Difference Between The Cost Of Rp 286.000,00). Transportation Cost For The Determination Of The Final Solution Using Modi Method Produces A Cost Of Rp 5.491.000,00 Whereas Transport Fees Based On The Real Conditions In The Field Rp 5.795.000,00 (The Difference Between The Cost Of Rp 304.000,00). This Means That The Estimated Cost Of Transportation Using Modi Method Can Provide Optimal Solutions That Can Minimize The Cost Of Transportation To Distribution Brem Out Of Town And Could Increase The Companys Revenue. Allocation Optimal Product Of Marketing Brem Obtained From Analyzes By Using Modi Method With The Results That For Optimum Product Of Marketing Brem In Agroindustry Suling Gading’s Brem Send To Bali Of 440 Kg, To Kalimantan Of 180 Kg And 355 Kg Amounted To Bandung. As For The Marketing Of Products Of Sumber Rasa’s Brem Optimal Sent To Kalimantan Of 440 Kg And Duta Rasa’s Brem Sent To Bali Of 480 Kg. The Suggestion Of This Research Is The Agroindustry Should Distribute Products Of Brem In Accordance With The Optimum Amount Of Capacity And Also The Appropriate Marketing Area In Order To Maintain The Efficiency Of The Transportation Costs. In Addition, For Further Research Related To The Problem Of Product Distribution Is Expected That The Researchers Are Not Only Limited To Researching The Marketing Area With The Scope Of The Aggregate, But Are Specified In The Cities Where Relevant Expedition Chosen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/270/051504052
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jun 2015 09:45
Last Modified: 19 Oct 2021 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130261
[thumbnail of 10._BAB_6.pdf]
Preview
Text
10._BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._RINGKASAN,_SUMMARY.pdf]
Preview
Text
2._RINGKASAN,_SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
12._LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_1.pdf]
Preview
Text
5._BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._DAFTAR_ISI,_TABEL,_GAMBAR,_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4._DAFTAR_ISI,_TABEL,_GAMBAR,_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_2.pdf]
Preview
Text
6._BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_4.pdf]
Preview
Text
8._BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_3.pdf]
Preview
Text
7._BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_5.pdf]
Preview
Text
9._BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._KATA_PENGANTAR,_RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
3._KATA_PENGANTAR,_RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item