Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pemasok & Distributor) Pada Agroindustri Keripik Kentang (Studi Kasus Di Cv. Agronas, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu

Prakosa, YanaAdi (2015) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pemasok & Distributor) Pada Agroindustri Keripik Kentang (Studi Kasus Di Cv. Agronas, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan Sektor Pertanian Sebagai Bagian Integral Dari Pembangunan Nasional Semakin Penting Dan Strategis. Pembangunan Pertanian Telah Memberikan Sumbangan Besar Dalam Pembangunan Nasional, Baik Sumbangan Langsung Dalam Pembentukan Pdb, Penyerapan Tenaga Kerja, Peningkatan Pendapatan Masyarakat, Menyediakan Sumber Pangan Dan Bahan Baku Industri, Pemicu Pertumbuhan Ekonomi Di Perdesaan, Perolehan Devisa, Maupun Sumbangan Tidak Langsung Melalui Penciptaan Kondisi Yang Kondusif Bagi Pelaksanaan Pembangunan Dan Hubungan Sinergis Dengan Sektor Lain. Salah Satu Sektor Yang Memegang Peranan Penting Dalam Pembangunan Di Indonesia Adalah Sektor Pertanian. Hal Ini Dikarenakan Sektor Pertanian Berperan Dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Dan Devisa Negara. Adanya Peluang Tersebut, Maka Sektor Pertanian Perlu Dikembangkan Secara Berkelanjutan Melalui Agroindustri. Sebagai Salah Satu Anggota Rantai Pasok Keripik Kentang, Cv. Agronas Harus Menjalin Hubungan Kerjasama Yang Baik Dengan Rekan Bisnisnya. Dari Bagian Hulu (Upstream) Dalam Menyediakan Bahan Baku Hingga Pada Bagian Hilir (Downstream) Dalam Proses Distribusi Dan Pemasaran Produk. Kerjasama Yang Di Maksud Disini Bukan Hanya Sebatas Hubungan Transaksi Biasa Saja Tetapi Lebih Kepada Hubungan Relasi Yang Bersifat Jangka Panjang. Oleh Karena Itu, Perlu Bagi Cv. Agronas Untuk Mengetahui Kualitas Relationship Marketing Dengan Masing-Masing Pelanggan (Distributor) Dan Pemasoknya. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah (1) Menganalisis Tingkat Keterikatan Relationship Marketing Antara Produsen Keripik Kentang Dengan Pemasok Dan Pelanggan Keripik Kentang. (2) Menganalisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pemasok, Distributor). Penentuan Lokasi Ini Dilakukan Secara Purposive Dengan Pertimbangan Bahwa Di Desa Sidomulyo Ini Merupakan Sentra Produksi Keripik Kentang Dan Salah Satu Produsen Keripik Kentang Di Batu Yang Memiliki Mitra Bisnis Metode Analisis Data Digunakan Untuk Menjawab Tujuan Dari Penelitian. Metode Analisis Data Yang Di Gunakan Adalah Analisis Deskriptif Kualitatif Dan Analisis Kuantitatif Dengan Menggunakan Beberapa Variabel Didalamnya. Untuk Analisis Deskriptif Kualitatif Menggunakan 4 Variabel, Yaitu : Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Dan Ketergantungan. Sedangkan Untuk Analisis Kuantitatif Menggunakan 4 Variabel Bebas Yaitu Keuntungan Bersama, Komitmen, Kebenaran, Komunikasi Dan 1 Variabel Terikat Yaitu Loyalitas Pelanggan. Dari Analisis Relationship Marketing Antara Cv. Agronas Dengan Petani Kentang Dan Pelanggannya Berdasarkan 4 Variabel (Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Dan Ketergantungan), Diperoleh Hasil Sebagai Berikut: (A)Pada Jenis Hubungan Pemasaran Cv. Agronas Terhadap Petani Kentang Diperoleh Kategori Tinggi Pada Variabel Kepercayaan, Komitmen Dan Kepuasan, Sedangkan Untuk Variabel Ketergantungan Berada Pada Kategori Sedang. (B) Pada Jenis Hubungan Pemasaran Cv. Agronas Terhadap Pelanggan Diperoleh Kategori Tinggi Pada Variabel Kepercayaan Dan Komitmen, Sedangkan Kategori Sedang Pada Variabel Kepuasan Dan Ketergantungan. Tingkat Keterikatan Relationship Marketing Pada Jenis Hubungan Pemasaran Cv. Agronas Terhadap Petani Kentang Pada Level Kolaboratif. Berdasarkan Hasil Penelitian Ditemukan Bahwa Variabel-Variabel Relationship Marketing Yang Terdiri Dari Variabel Keuntungan Bersama, Komitmen, Kebenaran, Dan Komunikasi Mempunyai Pengaruh Yang Signifikan Secara Bersama-Sama (Simultan) Terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Hasil Uji F Bahwa F Hitung > F Tabel Dengan F Tabel Sebesar 3,59 Maka F Hitung Lebih Besar Dengan Nilai 19,836 Dengan Kepercayaan 100 Persen. Dari Hasil Penelitian Yang Telah Dibahas Oleh Penulis Menyarankan Untuk Cv. Agronas Diharapkan Agar Meningkatkan Pelayanan Terutama Dari Segi Produksi Keripik Kentang, Baik Dari Kualitas Maupun Kuantitas. Untuk Pelaku Usaha Yang Terlibat Pemasaran Produk Lokal Keripik Kentang, Sebaiknya Memperhatikan Kesepakatan Kerjasama Untuk Menjaga Adanya Relationship Marketing.

English Abstract

Development Of The Agricultural Sector As An Integral Part Of National Development Is Increasingly Important And Strategic. Agricultural Development Has Contributed To The National Development, Both Direct Contribution To Gdp, Employment, Increased Income Communities, Providing A Source Of Food And Industrial Raw Materials, Trigger Economic Growth In Rural Areas, Foreign Exchange Earnings, As Well As Contribute Indirectly Through The Creation Of Conditions Conducive To The Development And Implementation Of Synergistic Relations With Other Sectors. One Sector That Plays An Important Role In The Development Of The Agricultural Sector In Indonesia Is. This Is Because The Agricultural Sector Plays A Role In The Promotion Of Economic Growth And Foreign Exchange. The Existence Of These Opportunities, The Agricultural Sector Should Be Developed In A Sustainable Manner Through The Agro-Industry. As One Member Of The Supply Chain Of Potato Chips, Cv. Agronas Should Establish Good Cooperation Relationship With Business Associates. From The Upstream (Upstream) In Providing Raw Materials To Downstream (Downstream) In The Distribution And Marketing Of Products. Cooperation Is The Purpose Here Is Not Only Limited To Transaction Relationships Mediocre But Rather The Relationship Long-Term Relationship. Therefore, It Is Necessary For The Cv. Agronas To Know The Quality Of Relationship Marketing With Their Respective Customers (Distributors) And Their Suppliers. The Purpose Of This Study Were (1) To Analyze The Level Of Attachment Relationship Marketing Between Producers And Potato Chips With Suppliers And Customers Potato Chips. (2) To Analyze The Effect Of Relationship Marketing On Customer Loyalty (Suppliers, Distributors). The Location Determination Is Done By Purposive With Consideration That In The Village Sidomulyo A Potato Chip Production Center And One Of The Manufacturers Of Potato Chips In The Stone Which Has Business Partners The Method Of Data Analysis Used To Answer The Purposes Of Research. Data Analysis Method Used Is Descriptive Analysis Of Qualitative And Quantitative Analysis Using Several Variables In It. For Qualitative Descriptive Analysis Using Four Variables, Namely: Trust, Commitment, Satisfaction, And Dependence. As For The Quantitative Analysis Using Four Independent Variables Are Mutual Benefits, Commitment, Truth, Communication And One Dependent Variable Is Customer Loyalty. From The Analysis Of The Marketing Relationship Between The Cv. Agronas With Potato Growers And Customers Based On Four Variables (Trust, Commitment, Satisfaction, And Dependence), The Results Are As Follows: (A) In This Type Of Relationship Marketing Cv. Agronas Against Potato Farmers Obtained Higher Category On The Variables Of Trust, Commitment And Satisfaction, While The Dependent Variable In Middle Category. (B) In This Type Of Relationship Marketing Cv. Agronas To Customers Acquired High Category In The Variable Of Trust And Commitment, While The Category Of Being At Variable Satisfaction And Dependence. Level Of Attachment Relationship Marketing On The Type Of Relationship Marketing Cv. Agronas Against Potato Farmers At A Collaborative Level. Based On The Results Of The Study Found That The Relationship Marketing Variables Consisting Of A Variable Mutual Benefit, Commitment, Truth, And Communication Has A Significant Influence Together (Simultaneously) On Customer Loyalty. It Can Be Seen From The Results Of The F Test That F Count> F Table With A Table For 3.59 F F Count Larger Then The Value Of 19.836 With 100 Percent Confidence. From The Research That Has Been Discussed By The Authors Suggest To Cv. Agronas Expected To Improve Services, Especially In Terms Of The Production Of Potato Chips, Both Of Quality And Quantity. For Businesses Involved In The Marketing Of Local Produce Potato Chips, You Should Pay Attention To The Cooperation Agreement To Keep Their Relationship Marketing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/250/051503874
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jun 2015 13:37
Last Modified: 19 Oct 2021 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130239
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_.pdf]
Preview
Text
BAB_III_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item