Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Abon Jamur Tiram Di Perusahaan Ailanifood Kota Malang Jawa Timur.

Sudrajad, AhmadBagus (2015) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Abon Jamur Tiram Di Perusahaan Ailanifood Kota Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Agroindustri merupakan bagian dari sistem agribisnis yang mengelola bahan baku hasil petanian menjadi barang setengah jadi atau siap saji maupun produk hasil industri yang digunakan dalam kegiatan budidaya pertanian. Agroindustri juga sebagai pengerak pembangunan sektor pertanian diharapkan dapat memainkan peranan pentingnya dalam kegiatan pembangunan nasional baik dalam susunan pembangunan, pemerataan dan penyerapan tenaga kerja. Kontribusi sektor pertanian menyumbang sebesar 1.311,037 triliun rupiah dari total produk domestik bruto Indonesia pada tahun 2013 yaitu sebesar 9.085,23 triliun rupiah. Agroindustri penting untuk dikembangkan karena mempunyai manfaat besar bagi masyarakat, yaitu meningkatkan produktivitas, daya saing produk agroindustri, nilai tambah produk pertanian serta meningkatkan pendapatan masyarakat pedesaan. Salah satu daerah yang memiliki unit agroindustri cukup banyak adalah Kota Malang sebanyak 81 unit yang terbagi atas 41 unit agroindustri tembakau dan 40 unit agroindustri makanan dan minuman. Pada kondisi banyaknya unit agroindustri, maka persaingan didunia semakin ketat, sehingga perusahaan harus tetap memperhatikan inovasi dan pengembangan produk. Hal tersebut tidak terkecuali agroindustri yang mengolah jamur tiram putih menjadi abon jamur yakni perusahaan Ailanifood. Mengingat jamur tiram memiliki banyak manfaat dan khasiat maka perusahaan Ailanifood menciptakan olahan jamur menjadi produk makanan sehat siap saji yaitu produk abon jamur. Produk abon tersbut masih dalam siklus pertumbuhan produk. Pada siklus tersebut maka perusahaan Ailanifood sangat memperhatikan apa yang diinginkan oleh konsumen, agar konsumen tetap loyal terhadap produk tersebut. Selain memperhatikan keinginan konsumen perusahaan juga memperhatikan atribut produk abon jamur. Karena atribut produk pada dasarnya merupakan keunggulan dan keunikan yang dimiliki oleh produk dan merupakan pembeda antara produk sejenis yang ditawarkan oleh perusahaan dengan perusahaan lainnya. Selain itu atribut produk adalah faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam mengambil keputusan pembelian suatu produk seperti kualitas, merek, kemasan, label, rasa, kelengkapan fungsi dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk menanalisis variabel-variabel atribut produk yang berpengaruh dan dominan terhadap konsumen dalam melakukan keputusan pembelian abon jamur. Diharapkan dalam penelitian ini diperoleh keselarasan langkah sebagai upaya mengatasi masalah-masalah yang dihadapi perusahaan Ailanifood seperti penurunan volume penjualan, atribut produk yang dinginkan oleh konsumen dan mengembangkan usaha abon jamur Ailani lebih berkembang. Metode analisis pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian abon jamur Ailani menggunakan Uji Cochran Q test, Uji Validitas dan Reliabilitas, Regresi Linier Berganda serta Asumsi Klasik. Analisis tersebut digunakan untuk mengetahui variabel-variabel bebas seperti kemasan, kualitas, harga dan merek manakah yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian abon jamur Ailani dan untuk menganalisis variabel yang paling dominan dalam pertimbangan konsumen untuk melakukan pembelian produk abon jamur Ailani. Pada Analisis asumsi klasik terdapat uji yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah sampel yang berasal dari populasi terdistribusi normal atau tidak. Autokorelasi untuk melihat adanya kondisi yang berurutan antara gangguan atau distribusi yang masuk ke dalam fungsi regresi. Uji multikol digunakan untuk melihat adanya hubungan linier yang sempurna atau pasti, pada variabel kemasan, kualitas, harga dan merek yang menjelaskan model regresi. Sedangkan uji heteroskedastisitas untuk melihat apakah dalam suatu model regresi terjadi ketidak samaan varian dari residual satu pengamatan dengan pengamatan yang lain. dalam uji regresi linier berganda terdapat uji F yang digunkan untuk melihat pengaruh secara bersama-sama pada variabel kemasan, kualitas, harga dan merek terhadap variabel keputusan konsumen. Sedangkan uji t untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial. Hasil penelitian antara lain setelah melakukan analisis penentuan atribut dengan Uji Cochran Q Test terdapat empat variabel yang dipertimbangkan oleh konsumen yaitu kemasan, kualitas, harga dan merek. Setelah uji validitas dan reliabel semua item pertanyaan mendapatkan hasil valid dan reliabel. Pada hasil analisis dapat diketahui bahwa variabel kemasan, kualitas dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan konsumen yaitu nilai signifikan dibawah nilai α = 0,05, sedangkan variabel merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen karena nilai signifikan diatas nilai α = 0,05 yaitu sebesar 0,263. Sedangkan hasil uji hipotesis kedua yaitu variabel yang paling dominan terhadap keputusan pembelian abon jamur adalah variabel harga. Hasil uji F bahwa variabel kemasan, kualitas, harga dan merek mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel keputusan pembelian abon jamur. Pada Uji Koefisien Determinasi diperoleh hasil bahwa variabel bebas diatas dapat menjelaskan variabel terikat sebesar 63%, sedangkan sisanya sebesar 37% dijelaskan oleh variabel lain. saran yang diberikan kepada perusahaan Ailanifood yaitu lebih memperhatikan atribut produknya agar apa yang diinginkan konsumen dapat terpenuhi dan tetap loyal terhadap produk abon jamur Ailani.

English Abstract

Industrial Agriculture Is Part Of The Agribusiness System To Manage Agricultural Raw Materials Into Semi-Finished Goods Or Fast-Food Restaurant As Well As Industrial Products Used In Agricultural Cultivation Activities. Agro-Industries As Well As Contributions To Thedevelopment Of The Agricultural Sector Is Expected To Play A Role Of Importance Innational Development Activities Both In The Order Of Development, Equitable Distribution And Absorption Of Labour. Contribution Of The Agricultural Sectorcontributed 1.311,037 Trillion Rupiah Of The Total Gross Domestic Product Of Indonesiaby 2013 I.E. Amounting To 9.085,23 Trillion Rupiah. Important Agro-Industries To Be Developed Because It Has Huge Benefits For Society, I.E.Improve Productivity, Competitiveness Of Agro-Industries, Value Added Agricultural Products As Well As Increasing The Income Of Rural People. One Of The Areas That Hasquite A Lot Of Agro-Industries Of Unit Namely Malang As Much As 81 Units Divided Into41 Units Of Agro-Industries Tobacco And 40 Units Of Agro-Industries Food And Drink. On The Condition Number Of A Unit Of Agro-Industries, The Worlds Increasingly Tightcompetition, So The Company Must Still Pay Attention To Innovation And Product Development. It Is No Exception That Industrial Agriculture To Cultivate White Oyster Mushrooms Into Mince Mushrooms Namely Ailanifood Company. Given The Oyster Mushroom Has Many Benefits And Efficacy Of The Companys Processed Food Creates Ailani Mushrooms Become Healthy Fast Food Products Namely Products Mince Mushrooms. The Latter Is Still In The Shredded Product Growth Cycle Of The Product. The Company Then Cycle Ailanifood Is Concerned What Is Desired By Consumers, So That Consumers Remain Loyal To That Product. In Addition To Paying Attention To Consumer Wishes The Company Also Pays Attention To Product Attributes Mince Mushrooms. Because The Attribute Is Essentially A Product Of Excellence And Uniqueness That Belongs To The Product And Is A Differentiator Between Similar Products Offered By The Company With Other Companies. In Addition To Product Attributes Is A Factor Considered By Consumers In Taking The Decision To Purchase A Product Such As Quality, Branding, Packaging, Labels, A Sense Of Completeness, Functionality And Price. This Research Aims To Menanalisis The Variables Product Attributes That Are Influential And Dominant Consumer Purchase Decisions In Conducting Mince Mushrooms. Expected In This Research Obtained Alignment Steps In An Effort To Overcome The Problems Faced By Companies Such As Reduction In Food Ailani Sales Volume, Product Attributes That Are Intended By Consumers And Develop Efforts Shredded Mushrooms Ailani More Developed. Methods Of Analysis Of The Influence Of Product Attributes Against Ailani Mince Mushrooms Purchasing Decisions Using The Cochran Q Test, Test Validity And Reliability, Multiple Linear Regression As Well As Classical Assumptions. The Analysis Used To Determine The Free Variables Such As Price, Quality, Packaging And Brand Which Is Significant Against The Decision Of Influential Consumers In The Purchase Of Mince Mushrooms Ailani And To Analyze The Most Dominant Variables In Consideration Of Consumers To Make Purchases Mildew Ailani Shredded Product. Classical Assumptions On Analysis There Is Normality Test IE Test To Find Out If A Sample Comes From A Normal Distributed Population Or Not. Autocorrelation To Notice Any Condition Or Disorder Between Successive Distribution Entered Into The Regression Function. Multikol Test Used To Look At The Existence Of A Perfect Linear Relationship Or Certain, At Variable Rates, Quality, Packaging And Brand Describing The Regression Model. While The Heteroskedastisitas-Test To See If The Regression Model In A Case Of A Variant Of The Residual Simultaneously One Observation With Other Observations. In The Multiple Linear Regression Test Is A Test Used To See F Influence Jointly On Variable Pricing, Quality, Packaging And Brand To The Consumer Decision Variables. While The T Test To See The Influence Of Free Variables Of Variables Are Bound Is Partial. Research Results Among Other Things After Doing An Analysis Of The Determination Of The Test Attribute With Cochran Q Test There Are Four Variables That Are Considered By The Consumer Packaging, Quality, Price And Brand. After The Test The Validity And Reliability Of All Items Of Questions Get The Results Valid And Reliability. On The Results Of The Analysis Can Be Aware That Variable Packaging, Quality And Prices Have A Significant Influence On Consumer Decisions That Variable A Value Significantly Below The Value Of Α = 0.05, Whereas Brand Variables Do Not Affect The Consumers Decision Because Of Significant Value Above Significant Value Of Α = 0.05, Namely Of 0,263. While The Second Hypothesis Test Results Are The Most Dominant Variable Against The Decision Of The Purchase Price Is Variable Mushroom Abon. F Test Results That Variable Packaging, Quality, Price And Brand Influence Jointly Against The Variable Purchase Decisions Mince Mushrooms. On The Determination Of The Coefficient Obtained Test Results That The Free Variables Above Can Explain A Variable Bound By 63%, While The Rest Of 37% Is Explained By Other Variable. The Advice Given To Companies That Pay More Attention To Food Ailani Attributes Of Its Products So That What Is Wanted Can Be Fulfilled And Consumers Remain Loyal To Products Mince Mushrooms Ailani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/208/051503445
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 May 2015 15:46
Last Modified: 19 Oct 2021 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130192
[thumbnail of AHMAD_BAGUS_SUDRAJAD_115040101111234.pdf]
Preview
Text
AHMAD_BAGUS_SUDRAJAD_115040101111234.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item