Analisis Strategi Pemasaran Produk “Kacang Panggang Ala Bangkok” Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Di UD. Gangsar Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung

Shadrina, Luthfi (2015) Analisis Strategi Pemasaran Produk “Kacang Panggang Ala Bangkok” Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Di UD. Gangsar Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara pertanian yang sangat kaya dengan hasil-hasil primer dari tanaman perkebunan, tanaman pangan, dan peternakan sebagai bahan baku agroindustri. Agroindustri sangat cocok dikembangkan di Indonesia karena Indonesia merupakan negara agraris. Agroindustri membawa nilai positif terhadap perekonomian negara karena mampu menambah pendapatan nasional. Tantangan bisnis di era globalisasi menyebabkan suatu perusahaan harus menghadapi persaingan, dimana dengan adanya era globalisasi akan dapat memperluas pasar produk dari perusahaan dan di sisi lain keadaan tersebut akan memunculkan persaingan yang semakin ketat. Salah satunya adalah UD. Gangsar yang merupakan salah satu industri di Kabupaten Tulungagung, yang memiliki produk baru yaitu “Kacang Panggang Ala Bangkok”. Dengan demikian perusahaan ini tentunya juga memiliki pesaing. Adanya persaingan menyebabkan UD. Gangsar memerlukan strategi pemasaran yang tepat yang dapat membantu perusahaan ini dalam meningkatkan keunggulan bersaingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal dalam kegiatan pemasaran produk “Kacang Panggang Ala Bangkok”. (2) Mengetahui strategi pemasaran yang dijalankan UD. Gangsar dalam memasarkan produk “Kacang Panggang Ala Bangkok”. (3) Mengidentifikasi alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk UD. Gangsar dalam meningkatkan keunggulan bersaing. Analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan informasi tentang variabel yang bersangkutan seperti gambaran kondisi perusahaan dengan tujuan mengetahui faktor-faktor internal dan faktor-faktor eksternal. Analisis kuantitatif menggunakan analisis pelanggan, analisis IFAS dan EFAS, matrik IE, analisis SWOT, dan analisis QSPM. Berdasarkan hasil analisis terhadap pelanggan dengan menggunakan dua belas variabel menunjukkan bahwa kedua belas variabel semuanya dipertimbangkan oleh konsumen dan valid. Analisis pelanggan digunakan untuk mengidentifikasi segmen atau kelompok konsumen dengan kebutuhan yang serupa terhadap produk “Kacang Panggang Ala Bangkok” sehingga upaya pemasarannya dapat ditujukan langsung kepada konsumen yang potential. Konsumen potensial dari “Kacang Panggang Ala Bangkok” adalah konsumen wanita dengan kisaran usia 21-30 tahun, bermata pencaharian sebagai wiraswasta yang memiliki pendapatan berkisar Rp 1.000.000,- s/d Rp 2.000.000,- dan tingkat pendidikan terakhir berada dijenjang perguruan tinggi. Faktor internal yang berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran produk “Kacang Panggang Ala Bangkok” berdasarkan analisis IFAS yaitu berasal dari kekuatan dan kelemahan yang memiliki pengaruh tinggi. Faktor-faktor tersebut adalah memiliki pimpinan perusahaan yang berjiwa sosial, bertanggung jawab, cerdas, semangat yang besar, berjiwa wirausaha, serta belum memiliki cabang perusahaan di seluruh kota di Indonesia. Sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran produk “Kacang Panggang Ala Bangkok” berdasarkan analisis EFAS yaitu tren dan kebiasaan masyarakat membeli oleh-oleh dan produk “Kacang Panggang Ala Bangkok” belum dikenal masyarakat luas. Berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi yang dapat dijalankan oleh UD.Gangsar dalam memasarkan produk “Kacang Panggang Ala Bangkok” adalah strategi SO (Strenghts and Opportunities). Strategi-strategi tersebut adalah memperluas daerah pemasaran, meningkatkan jumlah penjualan produk “Kacang Panggang Ala Bangkok”, dan memanfaatkan teknologi internet dan media sosial untuk kegiatan pemasaran. Berdasarkan hasil analisis keseluruhan menjelaskan bahwa alternatif strategi pemasaran yang tepat adalah dengan memanfaatkan teknologi internet dan media sosial untuk kegiatan pemasaran. Berdasarkan analisis QSPM, strategi tersebut memiliki nilai TAS (Total Attractiveness Score) tertinggi yaitu 6,777. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan perusahaan sebaiknya meningkatkan kegiatan promosi dan memperluas pangsa pasar produk “Kacang Panggang Ala Bangkok” dengan tujuan untuk meningkatkan volume penjualan produk tersebut. Selain itu, memperkuat kedudukan faktor-faktor kekuatan dari prusahaan untuk dijadikan sebagai strategi dalam menghadapi pesaing.

English Abstract

Indonesia is an agriculture country with primary outcomes of plantation crops, food crops, and animal livestock as raw materials for agroindustry. Agroindustry is really suitable to be developed in Indonesia because Indonesia is an agriculture country. Agroindustry brings positive impact to the national economy because it can increase national income. Business challenges in globalization era influences the company to face the market competition, which could expand the market but on the other side it could bring intense competition. One of the company which affected by this globalization era is UD Gangsar. UD Gangsar is one of the food factory based in Tulungagung. Nowadays they have launched their new product called “Kacang Panggang Ala Bangkok”. This kind of commodity actually has other competitor outside. With this threat, UD Gangsar will needs right marketing strategy which can help them to show up their competitive advantage. The purpose of this research are: (1) Identify the internal and external factors in marketing activities to “Kacang Panggang Ala Bangkok” product. (2) Learn marketing strategies that implemented UD. Gangsar in marketing “Kacang Panggang Ala Bangkok” product. (3) Identify the right marketing strategy alternative for UD. Gangsar to improve their competitive advantage. Moreover, for the data analysis of this research are classified in quantitative and descriptive. Descriptive analysis used to explain the information about the relevant variables such as the condition of company with the aim of knowing the internal and external factors. For the quantitative data, researcher using customer analysis, IFAS and EFAS analysis, SWOT analysis, IE Matrix, and QSPM analysis. Based on the results of customer analysis using twelve variables show that the twelfth variables considered by consumers and valid. Customer analysis used to identify the segment or consumer grubs with similar needs to “Kacang Panggang Ala Bangkok” products so that the marketing efforts can be aimed directly for potential consumers. Potential consumer of “Kacang Panggang Ala Bangkok” product is female consumers by the age range 21-30 years, they have a occupation as entrepreneur by the income range Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000, and the last level of education is in collage. The internal factor which affect to marketing activities of “Kacang Panggang Ala Bangkok” product based on IFAS analysis are from strength and weakness that has the highest effect. The factors are this company has social leader, responsible, smart, a great spirit, entrepreneur oriented, and it has no branches in every city in Indonesia. Meanwhile, the external factors which affect to marketing activities of “Kacang Panggang Ala Bangkok” product based on EFAS analysis are trend and people habits buying souvenir, and “Kacang Panggang Ala Bangkok “ product is still not known to the public largely. Based on the result of SWOT analysis, the marketing strategies that implemented at UD.Gangsar in marketing “Kacang Panggang Ala Bangkok” product is SO strategy (Strenghts and Opportunities). The strategies are expanding marketing area, increasing sales volume of “Kacang Panggang Ala Bangkok”, and using internet and social media for marketing activities. Then for the results of the overall research explain that the right marketing strategy alternative using internet and social media to marketing activities. Based on QSPM analysis, this strategy has the highest TAS score for about 6,777. Based on the result of this research, author suggested that the firm should improve the promotion and expand market share of “Kacang Panggang Ala Bangkok” product for the purpose to increase sales volume of that product. Besides that, improve the strengths of this company to be a strategy to face the competitors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/193/051503115
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 May 2015 13:23
Last Modified: 19 Oct 2021 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130175
[thumbnail of Cover-_daftar_isi.pdf]
Preview
Text
Cover-_daftar_isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
Text
Bab_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_skripsi.pdf]
Preview
Text
Lampiran_skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item