Analisis Strategi Peningkatan Kualitas Produk Kopi Bubuk Sido Luhur Usaha Kecil Menengah Sawojajar, Kota Malang

Silvya, Litta (2015) Analisis Strategi Peningkatan Kualitas Produk Kopi Bubuk Sido Luhur Usaha Kecil Menengah Sawojajar, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang digemari oleh masyarakat dunia baik pria maupun wanita. Konsumsi kopi Indonesia dari tahun 2010 hingga tahun 2016 mendatang mengalami peningkatan berkisar antara 0,03-0,07 kg/kapita/tahun. Adanya peningkatan jumlah konsumsi kopi penduduk Indonesia dari tahun ke tahun menyebabkan para produsen bersaing ketat untuk menghasilkan produk olahan kopi khususnya kopi bubuk yang berkualitas. Strata industri kopi dalam negeri sangat beragam, dimulai dari unit usaha berskala home industri hingga industri kopi berskala multinasional. Salah satu home industri pengolahan kopi bubuk yang ada di Malang yaitu UKM kopi bubuk Sido Luhur. UKM Sido Luhur merupakan salah satu pemain baru dalam industri pengolahan kopi sehingga produk kopi bubuknya belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Dengan harga yang cukup terjangkau, belum sepenuhnya dapat membuat konsumen untuk mengkonsumsi kopi bubuk Sido Luhur. Dengan kondisi UKM Sido Luhur yang baru berkembang dengan pelanggan yang tidak terlalu banyak, maka UKM ini memerlukan peningkatan kualitas untuk menjaga ataupun meningkatkan jumlah pelanggan. Peningkatan kualitas kopi bubuk Sido Luhur juga akan meningkatkan permintaan produk sehingga volume penjualan bertambah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi keinginan konsumen terhadap produk kopi bubuk Sido Luhur, (2) menganalisis penilaian konsumen terhadap kualitas produk kopi bubuk Sido Luhur yang dibandingkan dengan kopi bubuk pesaing, (3) menganalisis strategi yang dapat dijalankan oleh UKM Sido Luhur untuk meningkatkan kualitas produk kopi bubuk yang dihasilkan, (4) mendeskripsikan peningkatan kualitas produk kopi bubuk Sido Luhur dapat meningkatkan volume penjualan produk. Metode penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan dengan dua cara. Penentuan responden pertama dengan menggunakan metode purposive dengan pertimbangan bahwa pemilik UKM Sido Luhur mengetahui seluk beluk produk kopi bubuk yang dihasilkan. Untuk penentuan sampel dari konsumen kopi Sido Luhur dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Besar sampel konsumen dalam penelitian ini adalah 50 responden. Tempat penyebaran kuisioner penelitian ini adalah di empat outlite UKM Sido Luhur di daerah pasar yang berbeda. Metode analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan metode Quality Function Deployment (QFD) dengan empat tahap yaitu House of Quality, part deployment, process deployment, dan production planning. Berdasarkan hasil analisis uji validitas dan uji reliabilitas dapat diketahui bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah valid dan reliabel sehingga kuisioner yang digunakan dapat memberikan hasil pengukuran sesuai dengan tujuan yang diharapkan dalam penelitian serta dapat menghasilkan data yang konsisten. Untuk hasil analisis dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) adalah: (1) kebutuhan konsumen terhadap produk kopi Sido Luhur sesuai dengan nilai bobot yang didapatkan antara lain atribut keamanan dikonsumsi (7,90), hygiene (7,53), rasa (5,47), aroma (5,29), kemasan (4,29), harga (4,25), tekstur (4,00), dan merek (3,59). (2) Penilaian konsumen berdasarkan jumlah nilai kepuasan konsumen untuk masing-masing produk adalah 30,6 (kopi Sido Luhur), 28,8 (kopi pesaing 1), dan 29,2 (kopi pesaing 2). Nilai jumlah kepuasan tertinggi diperoleh oleh kopi bubuk Sido Luhur sehingga penilaian konsumen terhadap kualitas kopi bubuk Sido Luhur lebih tinggi daripada pesaingnya. Untuk masing-masing atribut, kopi Sido Luhur memiliki nilai kepuasan tertinggi pada atribut rasa (3,90), aroma (3,94), dan harga (4,10). Pesaing 1 memiliki nilai kepuasan tertinggi pada atribut tekstur (3,90), keamanan dikonsumsi (3,88), dan Hygiene (4,10). Sedangkan kopi pesaing 2 memiliki nilai kepuasan tertinggi pada atribut kemasan (3,24) dan merek (3,78). (3) Urutan prioritas respon teknis yang berkontribusi terhadap kualitas produk kopi bubuk Sido Luhur antara lain teknik pengolahan yang tepat (6,78), pemilihan bahan baku yang berkualitas (4,95), sanitasi dan cleaning (3,33), sertifikasi halal (2,25), desain kemasan (1,28), dan promosi produk (0,82). Strategi yang dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas kopi bubuk Sido Luhur didapatkan dari matrik production planning yaitu mencantumkan label halal, menjaga kebersihan alat dan bahan, pasokan bahan baku yang berkualitas, penggunaan suhu dan waktu pengolahan yang tepat, dan mendesain kemasan produk kopi bubuk Sido Luhur. Strategi pencantuman label halal dan mendesain kemasan akan lebih meningkatkan volume penjualan produk. Dalam penelitian ini dapat diberikan beberapa saran yaitu sebaiknya UKM kopi bubuk Sido Luhur memperbaiki atribut kemasan dengan mencantumkan beberapa label yang dapat memberikan informasi produk. Diharapkan orang-orang yang terlibat dalam proses produksi selalu teliti dengan mengontrol suhu dan waktu yang dibutuhkan dalam pengolahan biji kopi oce agar biji kopi tidak terlalu hitam. UKM kopi Sido Luhur juga dapat memperbaiki promosi produk dengan menambah outlite di daerah kota Malang atau menaruh kopi bubuk Sido Luhur di toko oleh-oleh khas Malang, agar kopi bubuk Sido Luhur dapat dikenal oleh masyarakat luas.

English Abstract

Coffee is one of the kind popular beverage by the world community both men and women. Coffee consumption in Indonesia from 2010 to 2016 has increased range between 0,03-0,07 kg/capita/year. There is an increasing amount of coffee consumption Indonesian population from year to year, causing the manufacturers competing to produce refined products, especially coffee powder is good quality. The Level of domestic coffee industry is very diverse, started from the home industry scale businesses to multinational coffee industry. One of coffee powder home processing industries existing in Malang namely SMEs Coffee Powder Sido Luhur. SMEs Sido Luhur is one of the new players in the coffee processing industry so that the coffee powder products not very well known by the public. With affordable prices, has not been fully able to make the consumer to consume coffee powder Sido Luhur. With the SMEs Sido Luhur growing condition with customers who are not too much, then this requires improving the quality of SMEs to maintain or increase the number of consumer. Improving the quality of Sido Luhur coffee also will increase the demand for products that increase sales volume. The purpose of this research are (1) to identify the needs of consumers for Sido Luhur coffee product, (2) analyzing the consumers assessment of the quality of coffee powder Sido Luhur product are compared with coffee powder competitors, (3) analyzing the strategies that can be run by SMEs Sido Luhur to improve product quality coffee powder produced, (4) describe the improvement of quality Sido Luhur coffee product can increase sales volume. The method to determine the respondents in this research with using two methods. Determination of first respondent using purposive method with consideration that the owner SMEs Sido Luhur know the ins and outs of coffee powder produced. For a sampling of consumers coffee Sido Luhur using non-probability sampling method with accidental sampling technique. Large sample of consumers in this study were 50 respondents. Place this research questionnaire is in four outlite SMEs Sido Luhur in different market areas. Data analysis methods used include the validity, reliability, and a method of Quality Function Deployment (QFD) with four stages, namely the House of Quality, part deployment, process deployment, and production planning. Based on the analysis of validity and reliability testing can be seen that the instrument used in this research are valid and reliable so that the questionnaire is used to provide measurement results in accordance with the overall objective of the research and can produce consistent data. For the results of the analysis by using Quality Function Deployment (QFD) are: (1) consumer needs for coffee Sido Luhur according to the weight values obtained among other security attributes consumed (7.90), hygiene (7.53), flavor (5.47), aroma (5.29), packaging (4.29), price (4.25), texture (4,00), and the brand (3.59). (2) The consumer based on the number of consumer satisfaction scores for each product are 30.6 (coffee Sido Luhur), 28.8 (coffee competitors 1), and 29.2 (coffee competitor 2). The highest value of the amount of satisfaction obtained by Coffee powder Sido Luhur so that consumers assessment of the quality of coffee powder Sido Luhur higher than its competitors. For each attribute, coffee Sido Luhur has the highest satisfaction scores on taste attributes (3.90), aroma (3.94), and the price (4,10). Competitor 1 has the highest satisfaction scores on texture attributes (3.90), safety consumed (3.88), and Hygiene (4.10). While competitors coffee 2 has the highest value in the attribute packaging (3.24) and brands (3.78). (3) The order of priority technical responses that contribute to the quality of coffee powder Sido Luhur that are the proper processing techniques (6.78), the selection of quality raw materials (4.95), sanitation and cleaning (3.33), kosher certification (2.25), packaging design (1.28), and the promotion of the product (0.82). Strategies that can be used to improve the quality of Sido Luhur coffee obtained from production planning matrix is labeled kosher, maintaining cleanliness of equipment and materials, the supply of quality raw materials, the use of temperature and processing time is right, and designing product packaging coffee powder Sido Luhur. Strategy kosher labeling and packaging design will further enhance product sales volume. In this research can be given some advice that should SMEs coffee powder Sido Luhur remains improve packaging attribute to include some labels that can provide product information. Expected people involved in the production process are always careful with controlling the temperature and the time required in the processing of coffee beans. Sido Luhur coffee product also can improve by adding outlite product promotion in the city of Malang or SMEs Sido Luhur put coffee powder in the shop souvenirs of Malang, in order Sido Luhur coffee powder can be known by the public.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/190/051503097
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 May 2015 12:57
Last Modified: 19 Oct 2021 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130172
[thumbnail of SKRIPSI_LITTA_SILVYA_(PDF).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LITTA_SILVYA_(PDF).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item