Nareswari, Widita (2015) Analisis Dimensi Kualitas Produk Pia “Tweety” UKM Mantap Asli Rasa Kelurahan Takeran Kabupaten Magetan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan usaha bisnis makanan sekarang ini menjadikan peluang besar bagi UKM Mantap Asli Rasa untuk memulai usaha bisnis pia. Tetapi selama periode tahun 2014 perkembangan penjualan pia dirasakan belum mampu meningkat setiap bulannya. Menurut Assauri (1978), apabila perusahaan dapat mempertahankan kualitas akan memberikan konsumen nilai kepuasan yang lebih baik. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan dimensi kualitas produk untuk mengetahui kualitas pia “Tweety” sebagai pertimbangan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pia “Tweety”. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis tingkat kesesuaian antara tingkat kinerja dengan tingkat kepentingan kualitas produk pia “Tweety”. (2) Menganalisis tingkat kinerja dan tingkat kepentingan kualitas produk pia “Tweety” terhadap tingkat kepuasan konsumen Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive) dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu sesuai tujuan penelitian dan dilakukan di UKM Mantap Asli Rasa Kelurahan Takeran Kabupaten Magetan. Metode penentuan sampel menggunakan metode accidental sampling, dengan penentuan banyaknya sampel diambil berdasarkan pada teknik pengambilan sampel menurut Hair et al (1996) dimana jumlah atribut dikalikan 5 sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 responden. Jumlah atribut yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 7 atribut. Data yang didapatkan dari responden melalui wawancara dan menyebarkan kuisioner yang dijumpai disekitar rumah produksi dan toko-toko penjual pia “Tweety” yang bersedia dijadikan responden. Analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif untuk menggambarkan karakteristik konsumen dengan menggunakan tabulasi sederhana. Analisis kuantitatif menggunakan analisis Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil dari penelitian yang menggunakan analisis uji validitas dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa semua atribut di tingkat kinerja valid dan reliabel mendapatkan nilai 0,84, sedangkan untuk tingkat kepentingan terdapat satu atribut yaitu keutuhan bentuk produk yang tidak valid kemudian atribut ini dihilangkan. Keenam atribut diuji reliabilitas dan mendapatkan nilai diatas 0,6 yaitu 0,79 sehingga reliabel. Analisis Importance Performance Analysis (IPA) didapatkan hasil dari analisis kesenjangan yang memiliki nilai kesenjangan terendah yaitu 1,26 untuk atribut warna kemasan, sedangkan nilai kesenjangan yang tertinggi pada atribut rasa sebesar 2,19. Tingkat kesesuaian antara tingkat kinerja dan tingkat kepentingan didapatkan nilai 95,40 persen. Hasil dari analisis kuadran didapatkan dari atribut yang diplotkan kedalam kuadran. Kuadran I terdiri atribut variasi rasa, kuadran II terdiri atribut masa kadaluarsa, warna kemasan, kuadran III terdiri atribut variasi ukuran kemasan dan kuadran IV terdiri atribut harga dan labeling. Sedangkan hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) didapatkan angka sebesar 148,40 persen. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen merasa sangat puas terhadap kinerja atribut-atribut dari kualitas produk pia “Tweety”. Kesimpulan yang didapatkan bahwa nilai tingkat kesesuaian memiliki nilai yang tinggi sebesar 95,40 persen dan nilai tingkat kepuasan konsumen sebesar 148,40 persen. Sedangkan sebagai perbaikan berdasarkan hasil penelitian, atribut yang memberikan tingkat kepuasan yang sangat tinggi pada atribut warna kemasan dan masa kadaluarsa. Responden menilai warna kemasan tidak mencolok, sesuai dan menarik dan atribut masa kadaluarsa yang dirasakan konsumen yang tertera di kemasan pia “Tweety” dengan baik, benar dan lengkap. Atribut warna kemasan dan masa kadaluarsa perlu dipertahankan dan memperbaiki atribut-atribut seperti variasi rasa untuk menambahkan variasi rasa dan meningkatkan cita rasa serta keenakan sedangkan variasi ukuran kemasan untuk menambahkan variasi ukuran kemasan agar dapat meningkatkan kualitas dan meningkatkan penjualan produk pia “Tweety”
English Abstract
The development of food businesses, make great opportunities for UKM. Mantap Asli Rasa to start a business venture pia. But during the period of the year 2014 sales growth pia felt not able to increase each month. If the company can maintain the quality will give consumers a better satisfaction scores (Assauri, 1978). Dimensions product quality was analyzed to determine the quality of the pia "Tweety" as consideration for improving the quality improvement pia "Tweety". The purpose of this study was (1) to analyze the degree of concordance between the level performance with importance of product quality pia "Tweety". (2) to analyze the level performance and importance of product quality pia "Tweety" on the level of consumer satisfaction. The method determining location of the research done intentionally (purposive) with certain considerations to the purpose of research and conducted in UKM. Mantap Asli Rasa regency Takeran Magetan. Sampling method using accidental sampling method, the determination of the total samples taken based on the sampling technique according of Hair et al (1996) in which the number of attributes multiplied by 5 so total samples in this study were 35 respondents. The attributes used in this study were 7 attributes. The data obtained from respondents through interviews and distributing questionnaires were found around the home production and outlets pia "Tweety" who are willing to serve respondent. Analysis of the data used is descriptive qualitative and quantitative. Descriptive qualitative analysis to describe characteristics of consumers by using a simple tabulation. Quantitative analysis using analysis Validity, Reliability, Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI). Results of studies using the analytical validity and reliability showed that all attributes in valid and reliable performance levels obtain value 0,84, while for the level of importance there is one attribute wholeness form an invalid product then this attribute to removed. Sixth attributes to analysis reliability again and obtain value above 0.6 is 0.79 so reliable. Analysis Importance Performance Analysis (IPA) is obtained from analysis of the gap the lowest value of the gap is 1,26 for packaging color attribute, while the highest value of the gap on the attributes taste of 2,19. Level of concordance between the level of performance and level of importance values obtained 95,40 percent. The results obtained from the analysis quadrant of attributes plotted into quadrants. Quadrant I consists attribute flavor variations, quadrant II consists attribute expiration, color packaging, quadrant III consists attribute variations size the packaging and the quadrant IV consists attribute price and labeling. Based on the calculation of Customer Satisfaction Index (CSI) obtained 148,40 percent. Can to shows consumers are very satisfied with the performance attributes of quality products pia "Tweety". The conclusion is obtained that the value of the level of conformity has a high value of 95,40 percent and the value of consumer satisfaction level of 148,40 percent. Meanwhile, as the improvement is based on the results of the study, attributes that provide a very high level of satisfaction on the color attributes of packaging and shelf life. Respondents rate the packaging is not flashy colors, fit and attractive and perceived attributes expiration date shown on the packaging of consumer pia "Tweety" good, correct and complete. Attributes color packaging and shelf life should be maintained and improve attributes such as flavor variations to add variety flavors and enhance the flavor and delicacy, while variations size packaging to add variety pack sizes in order to improve the quality and increase product sales pia "Tweety".
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2015/188/051503095 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 05 May 2015 10:36 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130169 |
Preview |
Text
WIDITA_NARESWARI_(SKRIPSI).pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |