Analisis Kinerja Agroindustri Oleh-Oleh Khas Kota Batu (Kasus pada Agroindustri UD Ramayana Agro Mandiri Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu)

Zhairatus, Fierindra (2015) Analisis Kinerja Agroindustri Oleh-Oleh Khas Kota Batu (Kasus pada Agroindustri UD Ramayana Agro Mandiri Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UD Ramayana Agro Mandiri merupakan salah satu agroindustri oleh-oleh khas Kota Batu yang bergerak dibidang olahan makanan seperti keripik apel, jenang apel dan dodol apel. Perusahaan ini dibangun pada tahun 2009 dan terus mengalami perkembangan yang baik sampai saat ini. Perkembangan tersebut didasari oleh meningkatnya jumlah pariwisata dan wisatawan yang datang ke Kota Batu. Hal ini mengakibatkan bertambahnya permintaan oleh-oleh seperti keripik apel karena apel merupakan icon dari Kota Batu itu sendiri. Untuk memenuhi permintaan keripik apel maka perusahaan agroindustri berbondong-bondong untuk membangun perusahaan kecil maupun menengah dan meningkatkan kinerjanya agar dapat eksis dan mampu bersaing dengan perusahaan sejenis. Perusahaan juga dituntut untuk menghasilkan produk yang berkualitas sesuai dengan harapan konsumen. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi agroindustri UD Ramayana Agro Mandiri dalam menghadapi persaingan antar agroindustri di Kota Batu yang semakin kompetitif. (2) menganalisis kinerja agroindustri UD Ramayana Agro Mandiri dilihat dari 4 perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif bisnis internal, perspektif pelanggan serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. (3) Menganalisis cara UD Ramayana Agro Mandiri menentukan pemasok terbaik untuk mendapatkan pasokan bahan baku buah apel yang berkualitas untuk menghasilkan produk yang berkualitas pula. Hipotesis pada penelitian ini adalah (1) Diduga kinerja perusahaan masih belum optimal dilihat dari perspektif pelanggan serta pertumbuhan dan pembelajaran terindikas masih ada komplain dari pelanggan dan karyawan. (2) Diduga perusahaan akan memilih pemasok terbaik khususnya dengan melihat kriteria harga dan kuantitas untuk memperoleh bahan baku buah apel sesuai dengan kriteria guna menghasilkan produk yang berkualitas. Metode untuk mengetahui kondisi perusahaan adalah metode analisis deskriptif lalu untuk menganalisis kinerja UD Ramayana Agro Mandiri menggunakan metode balanced scorecard, data didapatkan berdasarkan wawancara tidak terstruktur bersama pemilik perusahaan dan karyawan perusahaan serta data sekunder. Terakhir untuk menentukan pemasok terbaik menggunakan metode analytical hierarchy process. Data diperoleh melalui kuisioner AHP yang diberikan kepada pemilik perusahaan karena pemilik perusahaan adalah orang yang ahli dibidangnya untuk mengisi kuisioner tersebut. Hasil dari penelitian antara lain UD Ramayana Agro Mandiri tidak pernah merasa terganggu dengan adanya kompetitor baru dengan bidang yang sama. Untuk tetap menjaga eksistensinya dan usahanya tetap dapat berjalan dalam jangka waktu yang lama, UD Ramayana Agro Mandiri dituntut untuk menghasilkan produk dengan kualitas yang baik dan memberikan pelayanan terbaik. Produk yang berkualitas didapatkan dari bahan baku yang berkualitas pula. Hasil analisis balanced scorecard menunjukka bahwa pada perspektif keuangan, pendapatan dan keuntungan perusahaan selalu meningkat setiap tahunnya. Tahun 2012 keuntungan perusahaan sebesar Rp 830.000.000, tahun 2013 sebesar Rp 1.553.000.000 dan pada tahun 2014 keuntungan perusahaan sebesar Rp 1.900.000.000. Pada perspektif pelanggan perusahaan mampu mendapatkan pelangga baru sebanyak 11 orang pada tahun 2012 dan 5 orang pada tahun 2013 sedangkan pada tahun 2014 sebanyak 6 orang. UD Ramayana Agro Mandiri juga mampu mengurangi komplain yang diberikan oleh pelanggan setiap tahunnya. Perspektif bisnis internal dilihat berdasarkan kenaikan jumlah produksi. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dihitung berdasarkan absen karyawan dan produktivitas karyawan. Absen karyawan tertinggi terjadi pada tahun 2013. Hasil penentuan pemasok terbaik menggunakan metode analytical hierarchy process didapatkan bahwa pedagang 1 memiliki kinerja terbaik dengan nilai bobot 0,43 karena mampu memenuhi keinginan perusahaan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria yang paling dominan dalam menentukan pemasok terbaik adalah harga dengan bobot 0,455 lalu prioritas kedua adalah kuantitas dengan nilai bobot 0,188. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah (1) memperbaiki saran dan kritik yang diberikan oleh pelanggan sebagai perbaikan kearah yang lebih baik. (2) perusahaan dapat meningkatkan gaji pegawai dan memperluas ruang kantor dan ruang istirahat karyawan demi kenyamanan para karyawan. (3) UD Ramayana Agro Mandiri dapat memfokuskan pembelian bahan baku buah apel kepada pemasok yang tepat.

English Abstract

UD Ramayana Agro Mandiri is one of agroindustrial Batu’s City gifts in foods manufacturing such as apple chips, porridge apples and apple lunkhead. The company was established in 2009 and continues to progress well until today. The development is based on the increasing number of tourists who come to Batu City. This has led to increasing demand for gifts such as apple chips because apple is an icon of Batu itself. To completed the demand for apple chips agroindustrial companies flocked to build small and medium enterprise and improve its performance in order to exist and be able to compete with similar companies. The company is also required to produce a product with a good quality wich is suitable with customer expectations. The goal of this research are (1) to determine the condition of the agroindustry UD Ramayana Agro Mandiri to face competition between similar company in Batu City that very competitive. (2) to analyze the performance of the agroindustry UD Ramayana Agro Mandiri using four perspectives: financial perspective, internal business perspective, customer perspective and the perspective of growth and learning. (3) to analyze how UD Ramayana Agro Mandiri determine the best supplier for supply of raw apples material with a good quality, to produce a product with a good quality as well. The hypotheses of this research are (1) Estimate that company performance still not optimal from customer perspective and growth learning perspective because there are complains from customer and employees. (2) Estimate that the company will choose the best supplier exactly look from price and quantity criteria to get a raw materials to produce product with a good quality. The method to determine the condition of the company is the descriptive analysis method and then to analyze the performance of UD Ramayana Agro Mandiri using the balanced scorecard method, data have been crippled by non structure interview with the owner and the employess and also secondary data. The last is to determine the best supplier using analytical hierarchy process method. Data were obtained by a questionaire given to the owner of the company because he is the person who knows about all of the question in the quistionaire. The result of this research are UD Ramayana Agro Mandiri was never bothered by the presence of new competitors in the similar company. To maintain its existence and still be able to run their business in the long term, UD Ramayana Agro Mandiri required to produce products with good quality and provide the best service. Quality product obtained from the raw material quality as well. The result of balanced scorecard analysis from financial perspective is the profit always increasing every years. In 2012 the company profit is Rp 830.000.000, and then in 2013 is Rp 1.553.000.000 and the last in 2014 the company profit is Rp 1.900.000.000. In customer perspective, the company can get 11 new customers in 2012 and then 5 customers in 2013 and the last in 2014 can get 6 new customers. UD Ramayana Agro Mandiri can decrease the complains from the customers every years. In the business internal perspective we can see from the increasing of the total production. Growth and learning perspective we count from absenteeism and employees productivity. The biggest absenteeism is in 2013. The result of best supplier using analytical hierarchy process method, the best suppliers to supply the raw apples materials at UD Ramayana Agro Mandiri is based on the priority of each of the criteria and sub-criteria are seller 1. Seller 1 was selected as the supplier with the best performance because its ability to completed the demands of the company very well on each criterias and subcriterias with weight 0,43. The main criteria to choose the best supplier are price with weight 0,455 and then the second criteria is quatity with weight 0,188. Advice from this research are (1) improve the advice and critics from customers to get something good in the futur (2) the company can increase the employess salary and to build the biggest room for a employees comfortably. (3) UD Ramayana Agro Mandiri can focus to the best supplier to get a good qualitu of raw material

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/164/051502837
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Apr 2015 10:42
Last Modified: 19 Oct 2021 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130143
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of summary.pdf]
Preview
Text
summary.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of new_banget.pdf]
Preview
Text
new_banget.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_fix.pdf]
Preview
Text
Lampiran_fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item