Hubungan El Nino, La Nina, Dan Iod Terhadap Variabilitas Suhu Permukaan Laut Dan Klorofil-A Di Perairan Selat Bali Tahun 2007 - 2017

Savitri, Nuke Ayu Mei (2018) Hubungan El Nino, La Nina, Dan Iod Terhadap Variabilitas Suhu Permukaan Laut Dan Klorofil-A Di Perairan Selat Bali Tahun 2007 - 2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selat Bali merupakan wilayah perairan yang kompleks dan dikenal memiliki potensi perikanan yang sangat tinggi. Namun, beberapa tahun terakhir disebutkan bahwa hasil tangkapan ikan pelagis menurun drastis. Ketersediaan ikan pelagis di suatu wilayah perairan seringkali dihubungkan dengan suhu permukaan laut dan klorofil-a. Adapun terdapat iklim regional (Musim Timur dan Barat) dan global (El Nino-La Nina dan IOD) yang cenderung dapat mempengaruhi variabilitas suhu permukaan laut dan klorofil-a di wilayah perairan Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh iklim global (El Nino-La Nina dan IOD) terhadap variabilitas suhu permukaan laut dan klorofil-a di wilayah perairan Selat Bali. Data penelitian berupa citra satelit suhu permukaan laut dan klorofil-a didapatkan dari satelit Aqua MODIS level 2. Sedangkan data Indeks Nino3,4 sebagai acuan terjadinya El Nino-La Nina dan Dipole Mode Index sebagai acuan terjadinya IOD didapatkan dari ERSL NOAA. Data citra satelit suhu permukaan laut dan klorofil-a akan divalidasi dengan data lapang menggunakan metode korelasi. Metode tersebut digunakan untuk melihat tingkat akurasi hubungan antara 2 data yang diuji. Analisis hasil pada penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Tujuan dari metode tersebut adalah untuk melihat dan menjelaskan data secara apa adanya, serta mengetahui hubungan dan gambaran umum dari data yang duiji berdasarkan pola grafik yang dihasilkan. Hasil dari penelitian ini yaitu tingginya suhu permukaan laut bersamaan dengan rendahnya klorofil-a di Selat Bali terjadi pada Musim Barat, begitu pula sebaliknya pada Musim Timur. Fenomena El Nino dan IOD (+) mengakibatkan rendahnya nilai suhu permukaan laut di wilayah perairan Selat Bali, sedangkan fenomena La Nina dan IOD (-) mengakibatkan tingginya nilai suhu permukaan laut di wilayah perairan tersebut. Namun pengaruh fenomena El Nino dan La Nina hanya berlaku pada Musim Timur. Fenomena IOD sendiri cenderung lebih berpengaruh terhadap variabilitas suhu permukaan laut di wilayah peraian Selat Bali saat terjadi bersamaan dengan El Nino-La Nina. Kedua fenomena El Nino-La Nina dan IOD tidak memiliki hubungan secara langsung dengan naik turunnya nilai klorofil-a di wilayah perairan Selat Bali.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/642/051806564
Uncontrolled Keywords: El Nino, La Nina, Iod
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.6 Climatology and weather
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:47
Last Modified: 16 Mar 2022 01:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13014
[thumbnail of Nuke Ayu Mei Savitri.pdf]
Preview
Text
Nuke Ayu Mei Savitri.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item