Analisis Usaha dan Strategi Pengembangan UMKM Kripik Tempe Sanan (Studi Kasus di Sanan, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Malang).

Rahayu, Titin (2015) Analisis Usaha dan Strategi Pengembangan UMKM Kripik Tempe Sanan (Studi Kasus di Sanan, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Agroindustri terbagi atas beberapa tipe skala usaha salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil Menengah. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional memiliki peran yang penting dan strategis. Sektor ini tidak hanya sebagai sumber mata pencaharian, tetapi juga menyediakan lapangan kerja baik langsung maupun tidak langsung bagi masyarakat dengan tingkat pengetahuan dan ketrampilan yang rendah. Sentra industri kripik tempe Sanan merupakan salah satu industri kecil yang terdapat di Kota Malang. Daerah Sanan merupakan sentra dari industri keripik tempe terbesar di Kota Malang karena hamper seluruh penduduk di kampung sanan bekerja sebagai penghasil tempe dan kripik tempe. Produksi kripik tempe di kampung sanan dilakukan secara berkelanjutan. Selain itu, produksikeripiktempe di Sanan sangat mementingkan kualitas produk dengan tidak menggunakan bahan pengawet dalam proses produksi kripik tempe. Sasaran dan tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis usaha kripik tempe yang ada di Sanan dan mengevaluasi strategi yang dilakukan oleh perusahaan dan kemudian memperbaiki strategi dengan mengukur kinerja dari perusahaan untuk menghasilkan strategi yang tepat untuk diterapkan pada usaha kripik tempeSanan. Responden terdiri dari dua jenis yaitu responden yang berasal dari dalam atau pemilik usaha kripik tempe sebanyak 10 dengan menggunakan metode purposive sampling. Responden yang berasal dari luar yaitu konsumen kripik tempe sebanyak 30 dengan menggunakan metode accidental sampling. UKM Kripik Tempe Sanan mempunyai Rata-rata biaya total sebesar Rp1.016.072,87 per hari. Keuntungan yang diperoleh UKM Kripik Tempe Sanan rata-rata sebesar Rp 647.127,13 per hari. Kekuatan yang dimiliki UKM Kripik Tempe Sanan yaitu: produk berkualitas, tidak menggunakan bahan pengawet, tempat strategis, pelayanan baik, bahan baku tersedia, harga terjangkau, mempunyai sertifikat halal, izin usaha, mempunyai banyak variasi, dan ukuran kemasan bervariasi. Kelemahan yang dimiliki UKM Kripik Tempe Sanan yaitu: promosi kurang efektif, dukungan keuangan kurang baik, penampilan produk kurang menarik, keterangan informasi kemasan kurang, tidak ada struktur organisasi, tidak ada pembukuan, tempat pemasaran kurang menarik, produksi tidak kontinyu, dan tempat produksi sempit. Peluang yang ada dimiliki UKM Kripik Tempe Sanan yaitu: adanya dukungan pemerintah, adanya teknologi, adanya kerjasama dengan pemerintah, berada di daerah wisata, salah satu oleh-oleh khas Malang, adanya pelanggan setia, dan jangkauan pasar luas. Ancaman yang dimiliki UKM Kripik Tempe Sanan yaitu: kenaikan biaya transportasi, kenaikan harga bahan baku, banyak pesaing yang mempunyai produk sejenis, persaingan harga tidak sehat, dan perubahan selera konsumen dan menurunnya kualitas. Berdasarkanan analisis matrik IF dan EF UKM Kripik Tempe Sanan mempunyai score IF sebesar 2,72 dan score EF sebesar 2,78 yang artinya mempunyai kekuatan dan peluang yang lebih banyak dari pada kelemahan dan ancaman. Hasil mastrik IE menunjukkan bahwa UMKM Kripik Tempe Sanan terletak pada sel V dengan strategi pertumbuhan. Berdasarkan analisis grand strategy UMKM Kripik Tempe Sanan terletak pada kuadran I. Berdasarkan analisis SWOT strategi yang digunakan pada UKM Kripik Tempe Sanan adalah strategi pemasaran dan strategi operasional. Startegi pemasaran meliputi peningkatan kualitas, kuantitas, dan kontinyuitas kripik tempe, meningkatkan kegiatan promosi, meningkatkan pelayanan, meningkatkan ekuitas merk, memilih tempat pemasaran yang strategis, melakukan segmentasi pasar, dan melakukan kerjasama. Strategi operasional meliputi penggunaan teknologi dalam proses produksi, memperbaiki manajemen dan kualitas SDM, dan membangun infrastruktur. Saran yang dapat diberikan pada UKM Kripik Tempe Sanan untuk pengembangan usaha berdasarkan analisis yang telah dilakukakana dalah Meningkatkan kualitas, dan promosi, dan penampilan produk untuk meningkatkan permintaan dan kepuasan konsumen. Memperbaiki manajemen dan kualitas SDM dengan cara pelatihan.

English Abstract

Agroindustry is divided into several types of business one is Small Business Micro. Small Business Micro (UKM) in the national economy has an important and strategic role. This sector not only as a source of livelihood, but also provides employment directly or indirectly to the community with the knowledge and low skill. Centra industries Sanantempe chips is one of the small industries located in Malang. Sanan area is a center of the industrys most tempe chips Malang because almost the entire population of the village sanan worked as a producer of tempe and tempe chips. Production of tempe chips in the Sananvillage be sustainable. In addition, the production of tempe chips in Sanan very concerned with the quality of the product with no preservatives in the production process of tempe chips. The goals and objectives of this study is to analysis the business tempe chips in Sanan and evaluate the strategy undertaken by the company and to improve the strategy to measure the performance of the company to generate appropriate strategies to be applied to enterprises Tempe chips Sanan. Respondents consisted of two types. Respondents from the produsen of tempeh chips as much as 10 by using purposive sampling method. Respondents from outside is consumers crispy tempeh 30 by using accidental sampling method. UKM Tempe chips Sanan had average total cost Rp 1,016,072.87 per day. Average profit ofUKM Tempe chips SananRp 647,127.13 per day. The strength of UKM Tempe chips Sananis quality products, not use preservatives, strategic place, good service, raw materials available, reasonably priced, has a halal certificate, permit, have many variations, and packaging sizes vary. Weaknesses of UKM TempechipsSananis promotion not effective, financial support is less good, less attractive appearance of the product, less packaging information statement, there is no organizational structure, no bookkeeping, marketing place not interst, not continuous production, and a narrow production . Opportunity of UKM Tempe chips Sananis government support, technology, cooperation with trader, in a tourist area, one of the souvenirs of Malang, loyal customers, and broad market reach. Threats of UKM Tempe chips Sananis increase in transportation costs, increase in raw material prices, many competitors have similar products, price competition is not healthy, and changes in consumer tastes and declining quality. Based on the analysis of IF and EF matrix of UKM Tempe chips Sanan has a score by 2.72 IF and EF score of 2.78, which means having the strength and more opportunities than weaknesses and threats. The results indicate that mastrik IE of UKM Tempe chips Sananlocated in V cell (growth strategy). Based on the analysis of grand strategy UKM Tempe chips Sanan located in quadrant I. Based on the SWOT analysis of the strategies used in UKMTempe chips Sanan is the marketing strategy and operational strategy. Marketing strategy includes improving the quality, quantity, and continuity tempe chips, increase promotional activities, improve service, increase brand equity, choose a strategic marketing, market segmentation, and to cooperate. Operational strategies include the use of technology in the production process, improve the management and quality of human resources, and build infrastructure. Advice can be given to UKMTempe chips Sanan for business development based on the analysis is Improving quality, and promotion, and appearance of products to increase demand and consumer satisfaction. Improve the management and quality of human resources by means of education and training.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/145/051502611
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Apr 2015 09:33
Last Modified: 19 Oct 2021 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130122
[thumbnail of TITIN_RAHAYU_115040101111200.pdf]
Preview
Text
TITIN_RAHAYU_115040101111200.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item