Peran Penyuluh Pertanian Lapangan Dalam Sekolah Lapang Good Agriculture Practice (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Lohjinawi Desa Ngancar Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri).

Asmara, ResiPawestriSukma (2015) Peran Penyuluh Pertanian Lapangan Dalam Sekolah Lapang Good Agriculture Practice (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Lohjinawi Desa Ngancar Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar bebas 2015 menekankan pada petani untuk menghasilkan produk dengan persyaratan mutu, keamanan pangan dan produksi yang ramah lingkungan. Produk pertanian yang mampu bersaing adalah produk yang sudah tersertifikasi. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa produksi besar – besaran bukan lagi prioritas utama melainkan lebih memprioritaskan kualitas produk. Kualitas produk sangat dipengaruhi dari sistem usahatani yang digunakan. Petani Desa Ngancar khususnya kelompok tani Lohjinawi masih menggunakan sistem usahatani konvensional yang berorientasi pada kuantitas produk, sedangkan untuk mendapatkan produk yang sehat, aman dan ramah lingkungan maka petani harus beralih dari sistem usaha tani konvensional menjadi sistem usaha tani dengan prinsip Good Agriculture Practice. Perubahan sistem usaha tani oleh petani memerlukan peran penyuluh pertanian lapangan untuk membantu petani merubah pola pikir dan juga untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap petani terhadap sistem usaha tani dengan prinsip Good Agriculture Practice. Oleh karena itu, pemerintah mencanangkan program kepada kelompok tani Lohjinawi yang menjadi kelompok tani pertama penerima program Sekolah Lapang Good Agriculture Practice di Desa Ngancar Kabupaten Kediri. Kegiatan SL – GAP dilaksanakan pertama kali pada kelompok tani Lohjinawi karena Desa Ngancar merupakan salah satu sentra buah nanas yang ada di Kabupaten Kediri. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan peran penyuluh pertanian lapangan dalam pelaksanaan SL – GAP buah nenas pada kelompok tani Lohjinawi Desa Ngancar. 2. Mendeskripsikan keluaran SL – GAP meliputi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperoleh petani dalam mengikuti SL – GAP 3. Mendeskripsikan tingkat keberhasilan SL – GAP dilihat dari sejauh mana petani menerapkan prinsip GAP dalam usaha tani/budidaya buah nenas yang dijalankan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang merupakan anggota kelompok tani Lohjinawi, sehingga metode penentuan responden menggunakan metode sensus karena semua anggota populasi dijadikan sebagai responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif statistik. Metode ini digunakan untuk menjawab peran penyuluh pertanian lapangan dalam SL – GAP, menjawab keluaran SL – GAP dan Penerapan hasil SL – GAP. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil sebagai berikut :1. Peran penyuluh pertanian lapangan dalam kegiatan SL – GAP pada kelompok tani Lohjinawi adalah sebagai berikut: a. Peran Penyuluh Pertanian Lapangan Sebagai Pembimbing. Penyuluh pertanian lapangan dapat menjelaskan materi dengan jelas dan mudah dipahami untuk semua peserta SL-GAP, namun sesekali harus mengulang untuk memperjelas kepada petani yang memiliki usia diatas 50 tahun. b. Peran Penyuluh Pertanian Lapangan Sebagai Organisator Dan Dinamisator. Peran penyuluh pertanian lapangan sebagai organisator yaitu salah satunya terselenggaranya SL – GAP pada kelompok tani Lohjinawi. Peran penyuluh pertanian lapangan sebagai dinamisator dalam kelompok tani lohjinawi tidak pernah terlaksana karena jarang adanya masalah antar petani yang mengharuskan penyuluh pertanian lapangan ikut campur. c. Peran Penyuluh Pertanian Lapangan Sebagai Teknisi. Peran penyuluh pertanian lapangan sebagai teknisi sudah baik dalam kegiatan SL- GAP namun tidak didukung dengan kegiatan di luar SL- GAP. d. Peran Penyuluh Pertanian Lapangan Sebagai Jembatan Penghubung Antara Lembaga Penelitian Dan Lembaga Terkait Lainnya. Peran penyuluh pertanian lapangan sebagai jembatan penghubung yaitu memberikan laporan kegiatan SL - GAP kepada Dinas Pertanian untuk mengetahui perkembangan petani selama kegiatan SL - GAP. Berdasarkan hasil penelitian keluaran SL – GAP (Sekolah Lapang Good Agriculture Practice) yang dilihat dari pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dimiliki petani setelah mengikuti SL – GAP didapatkan hasil baik dari masing – masing materi yang disampaikan atau dari keseluruhan materi termasuk dalam kategori tinggi dimana petani memiliki pengetahuan, kemampuan dan menyetujui cara budidaya yang baik dalam SL – GAP. Penerapan hasil SL – GAP setiap petani memiliki cara yang berbeda – beda. Beberapa petani ada yang melakukan sesuai anjuran yang ada dalam SL – GAP dan ada juga yang masih tidak mengikuti anjuran dalam SL – GAP. Materi yang diterapkan sesuai dengan anjuran oleh seluruh petani peserta SL – GAP yaitu pada materi Forcing (pemberian ZPT). Sedangkan materi yang tidak diterapkan sama sekali oleh seluruh peserta SL – GAP adalah materi pembuatan bedengan. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah Kegiatan penyuluhan sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan agar proses pendampingan terhadap petani berjalan dengan baik, sehingga nantinya petani dapat menerapkan anjuran – anjuran yang ada dalam SL – GAP untuk dapat menghasilkan buah nenas yang lebih berkualitas yang dapat bersaing dalam pasar bebas 2015.

English Abstract

The free market in 2015 emphasizes the farmers to produce products with quality requirements, food safety and environmentally friendly production. Agricultural products that can compete is a product that has been certified. These conditions indicate that the production of large scale is no longer a top priority but rather to prioritize the quality of the product. Product quality is strongly influenced from the farming system used. Rural farmers Ngancar especially farmer groups Lohjinawi still use conventional farming system oriented product quantity, while for healthy products, safe and environmentally friendly, the farmers had to switch from conventional farming systems into the farm system with the principles of Good Agriculture Practice. Changes in farming systems by farmers require the role of agricultural extension field to help farmers to change the mindset and also to improve the knowledge, skills, and attitudes of farmers towards farming systems with the principles of Good Agriculture Practice. Therefore, the government launched a program to farmers groups Lohjinawi who became the first recipient of the farmer groups Field School Good Agriculture Practice in the Ngancar village, Kediri regency. Activity SL - GAP was first held in farmer groups Lohjinawi because Ngancar Village is one of the center pieces of pineapple in Kediri. The purpose of this research is:1. Describe the role of agricultural extension in the implementation of the SL - GAP pineapple farmer groups Lohjinawi Ngancar village. 2. Describe the output SL - GAP covers the knowledge, attitudes and skills acquired in the following farmers SL - GAP 3. Describe the level of success SL - GAP views of the extent to which farmers apply the principles of GAP in farming / cultivation of pineapple were executed. The population in this study were 30 persons who are members of farmer groups Lohjinawi, so the method of determination of the respondents using census method for all members of the population used as a respondent. Data analysis methods used in this research is descriptive statistical method. This method is used to answer the role of agricultural extension field in SL – GAP, answer the outpot of SL – GAP and and answer application of results of SL – GAP Based on the research results obtained as follows : 1 . Role in the field of agricultural extension activities SL - GAP on Lohjinawi farmer groups are as follows : a. Role of Agricultural Extension Workers As Supervisor . Agricultural extension field can explain the material with clear and easy to understand for all participants SL - GAP , but occasionally have to repeat to clarify to farmers who have over 50 years of age. b.Role of Agricultural Extension Workers As the Organizer and a dynamic . The role of agricultural extension field as that is one of the organizers of the implementation of SL - GAP on Lohjinawi farmer groups. The role of agricultural extension field as a dynamic factor in farmers groups iv lohjinawi was never implemented because it is rarely a problem among farmers who require agricultural extension field intervene. c.Role of Agricultural Extension Workers As Technician. The role of agricultural extension field as a technician has been good in SL- GAP activity but is not supported by activities outside SL- GAP. d.Role of Agricultural Extension Field For Interstate Bridge Between Research Institute and Related Institutions. The role of agricultural extension field as a bridge that provides a report of activities SL - GAP to the Department of Agriculture to determine the development of farmers during activities SL - GAP. Based on the research output SL - GAP ( Good Agricultural Practice Field School ) seen from the knowledge, skills and attitude of farmers after joining SL - GAP obtained good results from each of the material presented or of the whole matter is included in the high category where farmers have knowladge, capabilities and approve the way of good cultivation in SL - GAP. Implementation results SL - GAP every farmer has a different way. Some farmers do as recommended is in SL - GAP and some are still not follow the advice in SL - GAP. Overall there is only one material applied as recommended by all farmers participating in SL - GAP is on Forcing material. While the material is not applied at all by all participants SL - GAP is a matter of making the beds. Advice can be given by the researchers is the extension activities should be conducted on an ongoing basis in order to provide guidance to the farmer goes well, so that farmers will be able to apply the advice - the advice that exists in SL - GAP pineapple to produce a higher quality that can compete in a free market 2015.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/106/051502227
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Mar 2015 11:14
Last Modified: 19 Oct 2021 04:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130078
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN,SUMMARY.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN,SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_V.pdf]
Preview
Text
bab_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VII.pdf]
Preview
Text
BAB_VII.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item