Strategi Pengembangan Objek Wisata Unggulan Pantai Pasir Putih Di Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Lestari, Rizki Dwi (2018) Strategi Pengembangan Objek Wisata Unggulan Pantai Pasir Putih Di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pantai Pasir Putih merupkan satu dari sekian banyak lokasi wisata paling dikenal di Kabupaten Gresik. Ombak yang tenang dan lembutnya pasir putih menjadi daya tarik utama tempat wisata yang terletak di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Gresik. Tempat wisata ini berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Gresik. Tujuan dari penelitian ini adakah untuk mengetahui profil Pantai Pasir Putih yang terletak di Kabupaten Gresik. Untuk mengetahui apa faktor internal dan eksternal yang ada dan apa berpengaruh pada objek wisata Pantai Pasir Putih, serta untuk menganalisis dan menyusun strategi pengembangan kawasan objek wisata Pantai Pasir Putihberdasrkan analisis SWOT. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2018 di Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan meliputi : data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : kuisioner wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Metode pengambilam sampling menggunakan purposive sampling dengan incidental sampling dan metode Linier Time Function (LTF) yang untuk mengetahui jumlah responden yaitu berjumlah 48 orang. Hasil penelitisn ini menunjukkan bahwa wisata Pantai Pasir Putih merupakan wisata yang mengandalkan keindahan pantai. Wisata Pantai Pasir Putih ini dikelola sendiri oleh Kepala Desa Delegan Kecamatan Panceng ini dan warga masyarakat sekitar. Fasilitas yang ada kawasan wisata Pantai Pasir Putih antara lain : lahan parkir, toilet, warung makan, musholla. Berdasarkan hasil skoring yang dilakukan terhadap faktor-faktor internal dan elksternal diperoleh nilai koordinat yang terletak di kuadran 1 atau dalam strategi SO (Strategi Opportunities). Fokus dalam strategi ini adalah mengoptimalkan kekuatan yang ada dan memanfaatkan peluang yang ada di Pantai Pasir Putih. Kesimpulan yaitu Pantai Pasir Putih ini dengan ciri ombak yang tenang dan pasir yang lembut dan putih. Pengelolaan yang dilakukan Pantai Pasir Putih ini sudah baik dikarenakan masyarakat sekitar ikut aktif dalam pemberdayaan dan pengelolahan tersebut. Faktor internal dari Pantai Pasir Putih yaitu: pemandangan yang indah, tersedianya tempat seperti gazebo, wahana yang disuguhkan. Sedangkan faktor eksternal dari Pantai Pasir Putih yaitu: Pantai Pasir Putih dengan biaya murah, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, wisata dapat dinikmati oleh semua kalangan. Pengembangan wisata Pantai Pasir Putih terletak pada kuadran I yaitu strategi yang dilakukan adalah mendukung strategi Agresif, maka hasil strategi pengembangan yang dirumuskan antara lain: Mempertahankan pelayanan yang baik, mempertahankan kondisi alam yang indah dan menambah wisata wahana perikanan dan terus melibatkan masyarakat dalam pengelolaan dan menjadikan ekowisata Pantai Pasir Putih.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/644/051806566
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:59
Last Modified: 17 Dec 2020 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13006
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item