Analisis Pendapatan Dan Pengaruh Biaya Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Sari Apel “Flamboyan” Pada Pt. Batu Bhumi Suryatama

Yonavita, AndinaDevi (2014) Analisis Pendapatan Dan Pengaruh Biaya Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Sari Apel “Flamboyan” Pada Pt. Batu Bhumi Suryatama. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu komoditas pertanian yang mempunyai nilai ekonomis tinggi adalah apel. Pada Kota Wisata Batu ketersediaan buah apel cukup melimpah, namun untuk buah apel yang memiliki kualitas kedua masih kurang iminati oleh konsumen. Karena buah apel tidak tahan lama dan produksinya melimpah di kota Batu, memotivasi beberapa masyarakat kota Batu untuk melakukan pengolahan lebih lanjut terhadap komoditi tersebut, menjadi berbagai jenis produk olahan salah satunya sari apel. Semakin diminatinya sari apel oleh masyarakat sebagai oleh-oleh khas Kota Batu membuat produsen sari apel semakin bertambah. Salah satu agroindustri penghasil sari apel adalah PT. Batu Bhumi Suryatama. Dengan bertambahnya agroindustri sari apel pesaing, mengharuskan PT. Batu Bhumi Suryatama melakukan kegiatan promosi yang aktif dan tepat untuk merebut pangsa pasar dengan harapan dapat meningkatkan volume penjualan sehingga keuntungan yang diperoleh dapat meningkat. Biaya bauran promosi merupakan faktor pendukung kegiatan promosi perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain yang memproduksi produk sejenis maupun yang berbeda sama sekali. Dari uraian di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah: mendeskripsikan struktur biaya bauran promosi sari apel Flamboyan pada PT. Batu Bhumi Suryatama, menganalisis pengaruh biaya bauran promosi terhadap volume penjualan sari apel Flamboyan pada PT. Batu Bhumi Suryatama, dan menganalisis biaya, pendapatan dari produk sari apel Flamboyan pada PT. Batu Bhumi Suryatama. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Batu Bhumi Suryatama saat ini adalah periklanan yaitu, dengan memasang iklan di surat kabar, memasang spanduk pada tempat wisata dan outlet, menyebarkan brosur, memasang iklan pada televisi, membuat stiker. Promosi penjualan yaitu, pemberian paket harga, pemberian tester, mengikuti pameran produk. Promosi Penjualan yang dilakukan yaitu, adanya kunjungan dari tenaga pemasar. Hubungan masyarakat yang dilakukan perusahaan yaitu, memberikan donasi atau sumbangan, pembuatan bahan identitas perusahaan seperti kaos perusahaan. Dari hasil perhitungan analisis regresi linier berganda, diperoleh nilai signifikan F sebesar 0,000 hal ini berarti 0,000 < 0,05 dengan demikian koefisien regresi linier berganda tersebut dapat digunakan sebagai pendugaan variabel terikat (Y). Nilai F hitung lebih besar dari F tabel atau 106,604 > 5,05 (Ho ditolak) maka secara statistik dapat dikatakan bahwa variabel biaya bauran promosi (X1, X2, X3, X4) berpengaruh secara simultan terhadap volume penjualan. Dari analisa koefisien regresi linier berganda diketahui R sebesar 0,994 lebih besar dari 0,5, sedangkan R2 atau koefisien determinasi adalah 0,988. Hal ini berarti variabel bauran promosi periklanan, personal selling, promosi penjualan dan public relations yang digunakan dalam model mampu menjelaskan 98,8% volume penjualan, sedangkan sisanya 2,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model regresi. Berdasarkan hasil analisis data regresi linier berganda dapat diketahui bahwa antara biaya promosi penjualan terhadap volume penjualan sari apel Flamboyan tidak berpengaruh secara nyata. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien parameter promosi penjualan sebesar -19,19. Dari hasil perhitungan, personal selling memiliki koefisien parameter tertinggi 830,56. Hal ini menunjukkan bahwa personal selling salah satu bauran promosi yang paling efektif digunakan perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan. Dari hasil analisis perhitungan biaya, dalam periode 1 tahun PT. Batu Bhumi Suryatama mengeluarkan biaya total untuk memproduksi sari apel sebesar Rp. 1.095.921.367,-. Keuntungan yang diterima perusahaan adalah sebesar Rp. 227.092.633,-.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/66/051401686
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 06 Mar 2014 10:02
Last Modified: 19 Oct 2021 03:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130024
[thumbnail of Andina_Devi_Yonavita_0910440236.pdf]
Preview
Text
Andina_Devi_Yonavita_0910440236.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item