Ningtias, ErikTrisnawati (2015) Persepsi dan Kinerja Antara Pemasok Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) dengan Perusahaan Kacang Shanghai (Studi Kasus pada Perusahaan Pengolah Kacang Shanghai di Desa Ngunut, Kecamatan Ngunut, Kabupat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi penting untuk kemajuan perekonomian di Indonesia. Pada tahun 2013 sektor pertanian berada di peringkat kedua dengan kontribusi sebesar 15,04 persen. Kelompok subsektor tanaman pangan yang mencakup komoditas padi, palawija,, sayuran dan buah-buahan memberikan kontribusi sebesar 8,16 persen terhadap total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Kontribusi subsektor pertanian lainnya untuk masing-masing sebesar 1,41 persen untuk subsektor perkebunan, 1,79 persen untuk sub sektor peternakan dan hasil-hasilnya, 0,57 persen untuk sub sektor kehutanan dan sub sektor perikanan sebesar 3,11 persen (BPS, 2013). Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis persepsi antara pemasok kacang tanah perusahaan shanghai Suling Mas dan (2) analisis tingkat kinerja pemasok kacang tanah. Metode penentuan lokasi secara purposive sesuai dengan pertimbangan peneliti. Responden dalam penelitian ini yaitu pemilik dan pegawai perusahaan kacang shanghai Suling Mas dan pemasok kacang tanah yang berjumlah 3 pemasok (pemasok X, Y, dan Z). Metode analisis menggunakan supply chain operational reference, untuk pengukuran kinerja pemasok dengan Delivery performance. Kinerja pengiriman meliputi Scheduled Order to Customer Request (SOCR) atau jumlah untuk permintaan pelanggan, dan Delivery Performance to Request Date (DPRD) atau kinerja untuk permintaan pasokan yang diminta secara mendadak. Dalam penelitian ini juga dilakukan analisis variabel hubungan jangka panjang yang diukur dengan skala likert dengan dilihat berdasarkan penilaian pemasok dan pemilik perusahaan kacang shanghai Suling Mas. Penilaian variabel hubungan jangka panjang akan digunakan untuk melihat keterkaitannya dengan tingkat kinerja pemasok. Hasil analisis hubungan antar pemasok kacang tanah X dan perusahaan shanghai Suling Mas ditinjau dari kepercayaan, komitmen, komunikasi, kepuasan dan ketergantungan yaitu 24; 19,4; 8,4; 20; 10,6; hubungan antar pemasok kacang tanah Y dan perusahaan shanghai Suling Mas yaitu 26; 22,4; 11,8; 20,4; 14,6; dan hubungan antar pemasok kacang tanah Z dan perusahaan shanghai Suling Mas yaitu 26, 21, 11, 21,6; 12,2. Selama tahun 2011 sampai 2013, nilai rata-rata Scheduled Order to Customer Request (SOCR) untuk pemasok X yaitu 72,12 persen, untuk pemasok Y yaitu 90,05 persen, dan untuk pemasok Z yaitu 93,12 persen. Dan nilai rata-rata Delivery Performance to Request Date (DPRD) untuk pemasok X yaitu 79,74 persen, untuk pemasok Y yaitu 81,63 persen, dan untuk pemasok Z yaitu 60,86 persen. Kesimpulan penelitian ini yaitu berdasarkan penilaian yang diberikan oleh masing-masing pemasok terhadap perusahaan shanghai Suling Mas, pemasok Y merupakan pemasok yang memberikan penilaian yang paling tinggi. Pemasok Y merasa percaya kepada pihak perusahaan, pemasok Y dan perusahaan memiliki komitmen yang baik, terjalin komunikasi dengan intensitas yang sering, tetapi pemasok Y merasa kurang puas pada hubungan kerjasama yang terjalin dan merasa bahwa tidak terlalu tergantung pada perusahaan. Hasil dari analisis tingkat kinerja pemasok berdasarkan ketepatan pengiriman menunjukkan bahwa nilai yang paling unggul berdasarkan Scheduled Order to Customer Request (SOCR) dan berdasarkan Delivery Performance to Request Date (DPRD) yaitu pada pemasok Y. Pemasok Y memiliki nilai rata-rata SOCR nya sebesar 90,05 persen dan nilai rata-rata DPRD nya sebesar 81,63 persen. Saran yang dapat disampaikan yaitu masing-masing pemasok harus mampu mengatur jumlah kacang tanah yang akan dikirim dengan melihat jumlah permintaan dari perusahaan shanghai Suling Mas dari tahun sebelumnya. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya agar dapat menganalisa hubungan dan kinerja dengan beberapa dimensi lainnya dan produk pertanian selain kacang tanah.
English Abstract
Agriculture is one of the sector that had important contribution to economic progress in Indonesia. In 2013, the agriculltural sector was ranked second with contribitions amount to 15,04 percent. Food crop sector sub group which includes commodity rice, crops, vegetables and fruits contributes of 8,16 percent of the total gross domestic product in Indonesia. Other sub sectors contribution to each of 1,41 percent to sub sectors of plantation, 1,79 percent to sub sectors of the farm and its result, 0,57 percent to sub sectors of forestry and fishery amounted to 3,11 percent (BPS, 2013). Research is intended to (1) analyze the perception between peanuts suppliers and Suling Mas shanghai company and (2) analyze the performance level of the peanut suppliers. Method of determining the location based on purposive in accordance with consideration of the researchers. Respondents in this research are the owner of Suling Mas shanghai company and peanuts suppliers which totaled 3 suppliers (peanut supplier X, Y, and Z). Method of analysis use supply chain operational reference for measurments peanut suppliers performance with delivery perormance. Delivery performance includes scheduled order to customer request (SOCR) and delivery performance to request date (DPRD). In this research also conducted an analyze of long term relathionship variables as measured by likert scale with view based on an assesment of peanut suppliers and the owner of Suling Mas shanghai company. The result of analyze the relationship between peanuts suppliers X and Suling Mas shanghai company obtained the level of trust, commitment, comunication, satisfaction, and dependence is 24; 19,4; 8,4; 20; 10,6; the relationship between peanuts suppliers Y and Suling Mas shanghai company is 26; 22,4; 11,8; 20,4; 14,6; and the relationship between peanuts suppliers Z and Suling Mas shanghai company is 26, 21, 11, 21,6; 12,2. During 2011 until 2013, the average value of Scheduled Order to Customer Request (SOCR) is 72,12 percent for peanuts suppliers X, 90,05 percent for peanuts suppliers Y, and 93,12 percent for peanuts suppliers Z. And the average value of Delivery Performance to Request Date (DPRD) is 79,74 percent for peanuts suppliers X, 81,63 percent for peanuts suppliers Y, and 60,86 percent for peanuts suppliers Z. Conclusion of this research is estimation was gived from each of peanut supplier towards shanghai processing company, peanut supplier Y is supplier that give the higher assessment. Peanut supplier Y believe to shanghai processing company, peanut supplier Y and shanghai processing company has a good commitment, the communications was fine, but peanut supplier Y feel less satisfied to the company and between peanut supplier Y and shanghai processing company less depending to each others. The result of peanut suppliers performance based on Scheduled Order to Customer Request (SOCR) and Delivery Performance to Request Date (DPRD), peanut supplier Y have the best grades. Peanut supplier Y have the average assessment of SOCR in the amount of 90,05 percent and the average assessment of DPRD in the amount of 81,63 percent. Suggestion that can be provided from this study is Each of peanut supplier must can manage the quantity of peanut which will be send to the shanghai processing company considered by the quantity of past year. Furthermore, peanuts suppliers be expected to communicate with the Shanghai Processing Company more frequently than before. Suggestion for further research is be expected to analyze the relationship and performance with several other dimensions and more agricultural product besides peanut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2014/513/051500662 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 09:13 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130000 |
Preview |
Text
BAG_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAG_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III_-_Tabel.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V_-_Tabel_18.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_VI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran_2-3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran_4-11.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |