Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Agrowisata (Studi Kasus Di Study Wisata Bukit Flora, Desa Gunung Petung, Nongkojajar, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan

Kholil, AhmadYusuf (2014) Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Agrowisata (Studi Kasus Di Study Wisata Bukit Flora, Desa Gunung Petung, Nongkojajar, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor Pariwisata Merupakan Sektor Penting Dalam Upaya Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Yang Cukup Potensial. Hal Ini Akan Lebih Maksimal Jika Didukung Oleh Obyek Yang Ditawarkan Menarik, Kemudahan Akses Serta Promosi Yang Baik. Adanya Dukungan Tersebut Akan Lebih Meningkatkan Pertumbuhan Sektor Pariwisata Secara Tidak Langsung Akan Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Sekitar Dan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kabupaten Yang Bersangkutan. Salah Satu Sektor Pariwisata Di Indonesia Yang Potensial Untuk Dikembangkan Adalah Agrowisata. Agrowisata Merupakan Diversifikasi Produk Wisata Yang Menggabungkan Aktivitas Pertanian (Agro) Dan Rekreasi Di Sebuah Lingkungan Pertanian. Agrowisata Bukit Flora Yang Terletak Di Desa Gunung Petung, Nongkoajajar, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan Merupakan Agrowisata Yang Menawarkan Tanaman Hias Dan Tanaman Obat Sebagai Obyek Wisatanya. Sebagai Salah Satu Unit Usaha, Agrowisata Bukit Flora Masih Menghadapi Berbagai Kendala Dalam Pengembangan Usaha. Sejak Berdiri Tahun 2007, Usaha Ini Masih Menghadapi Kendala Baik Internal Maupun Eksternal Dalam Proses Perkembangan Usahanya. Maka Dari Itu, Perlu Dilakukan Suatu Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Agrowisata. Metode Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Analisis Deskriptif Dan Analisis Kualitatif. Analisis Deskriptif Digunakan Untuk Menganalisis Potensi Agrowisata Bukit Flora Dan Mengidentifikasi Faktor Utama Untuk Memberikan Bobot Pada Faktor Yang Sudah Kita Tentukan Terdiri Dari Kekuatan, Peluang, Kelemahan Dan Ancaman Dengan Membandingkan Antara Baris Dan Kolom Dari Masing-Masing Variabel Pada Faktor Internal (Ife) Dan Eksternal (Efe). Sedangkan Dalam Analisis Kualitatif Menggunakan Analisis Swot Yang Berupa Matriks Ie Dan Matriks Swot Yang Digunakan Untuk Menganalisis Strategi Pengembangan Agrowisata Bukit Flora Menggunakan Analisis Qspm. Hasil Analisis Matriks Ife ( Internal Factors Evaluation ) Untuk Kekuatan Dan Kelemahan Diperoleh Total Skor Faktor Internal Sebesar 2,56. Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kemampuan Agrowisata Bukit Flora Dalam Hal Mengatasi Kelemahan Dengan Menggunakan Kekuatan Berada Pada Posisi Rata-Rata. Hasil Analisis Matriks Efe Untuk Peluang Dan Ancaman Diperoleh Total Skor Faktor Eksternal Sebesar 2,30. Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kemampuan Agrowisata Bukit Flora Dalam Merespon Peluang Untuk Menghindari Ancaman Tergolong Rata-Rata. Total Skor Bobot Ife Sebesar 2,56 Dan Efe Sebesar 2,30. Menempatkan Agrowisata Bukit Flora Berada Pada Sel V. Posisi Ini Menggambarkan Agrowisata Bukit Flora Dalam Kondisi Internal Rata-Rata Dan Respon Perusahaan Terhadap Faktor-Faktor Eksternal Yang Dihadapinya Tergolong Sedang. Strategi Yang Dapat Dilaksanakan Adalah Growth And Stability Atau Strategi Pertumbuhan Dan Stabilitas. Berdasarkan Hasil Pada Analisis Matriks Swot, Maka Dapat Diperoleh Empat Alternatif Strategi Yang Dapat Diambil Dalam Pengembangan Agrowisata Bukit Flora Antara Lain Menciptakan Dan Mengorientasikan Agrowisata Bukit Flora Sebagai Agrowisata Yang Baru Dengan Mengoptimalkan Potensi Dan Keunggulan Yang Dimiliki, Memanfaatkan Selera Wisata Yang Berbasis Lingkungan Dengan Mengoptimalkan Produk Yang Bernuansa Alam, Meningkatkan Kegiatan Promosi Secara Optimal Dengan Memanfaatkan Perkembangan Teknologi, Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia Dengan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kinerja Serta Mengaktifkan Peran Litbang, Bekerjasama Dengan Instansi Terkait Atau Biro Perjalanan Wisata, Menciptakan Citra Baik Dimata Pengunjung Untuk Mengantisipasi Adanya Pemilihan Wisata Lain, Memanfaatkan Kualitas Layanan Wisata Dan Mempertahankan Kualitas Layanan Wisata, Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia Dan Manajemennya Dengan Pelatihan Khusus Untuk Meningkatkan Produktivtas Karyawan Dan Mengikutsertakan Agrowisata Pada Pameran Untuk Mempromosikan Wisata Agar Lebih Dikenal. Matriks Qspm ( Quantitative Strategy Plannig Matrix ) Adalah Alat Yang Digunakan Untuk Mengevaluasi Pilihan Strategi Alternatif Secara Obyektif Berdasarkan Faktor-Faktor Utama Internal Dan Eksternal Pada Matriks Ife ( Internal Factors Evaluation ), Matriks Efe ( Eksternal Factors Evaluation ), Matriks I-E (Internal – Eksternal) Serta Matriks Swot ( Strength, Weakness, Opportunities, Threath ). Penentuan Alternatif Strategi Yang Layak Dimasukkan Pada Matriks Qspm ( Quantitative Strategy Plannig Matrix ) Berdasarkan Penilaian Atas Kondisi Perusahaan Dan Penggunaan Intuisi. Matriks Ini Akan Menentukan Kemenarikan Relatif ( Relative Attractiveness ) Dari Tindakan-Tindakan Strategi Alternatif Yang Dapat Dilaksanakan Oleh Agrowisata Bukit Flora. Berdasarkan Hasil Matriks Qspm, Nilai Daya Tarik Tertinggi Terdapat Pada Strategi 3 Dengan Jumlah Total Daya Tarik (Tas) Sebesar 6,26. Nilai Daya Tarik Tertinggi Kedua Terdapat Pada Strategi 4 Dengan Jumlah Tas Sebesar 6,14 Dan Tertinggi Ketiga Terdapat Pada Strategi 1 Dengan Total Tas Sebesar 6,03. Sedangkan Nilai Daya Tarik Terendah Terdapat Pada Strategi 2 Dengan Total Tas Sebesar 5,89.

English Abstract

Tourism Sector Is An Important Sector In An Effort Receipt Revenue (Pad) Is A Potential. It Would Be Best If Supported By Interesting Objects Offered, Ease Of Access And Good Promotion. The Existence Of Such Support Will Further Enhance The Growth Of The Tourism Sector Will Indirectly Increase The Income Of Local Communities And Local Revenue (Pad) District Concerned. One Of The Tourism Sector In Indonesia Is A Potential To Develop Agro-Tourism. Agrotourism Is A Diversified Tourism Products That Combine Agricultural Activities (Agro) And Recreation In An Agricultural Environment. Agrotourism Bukit Flora Is Located In Gunungpetungvillage, Nongkoajajar, Tutursub-District, Pasuruan Regency Is Agrotourism Which Offers Ornamental Plants And Medicinal Plants As A Tourism Object. As One Of The Business Units , Agro Bukit Flora Still Face Many Obstacles In The Development Of The Business. Since Its Establishment In 2007, This Effort Still Faces Both Internal And External Obstacles In The Process Of Business Development. Therefore , It Is Necessary To Do An Analysis Of The Potential And Agro-Tourism Development Strategy. Data Analysis Methodusedis Descriptive Analysisandqualitativeanalysis . Descriptive Analysiswas Used To Analyzethe Potential Ofagrobukit Floraandidentify Themainfactorstogiveweight To Thefactors Thatwe Have Setconsistingofstrengths,Opportunities , Weaknessesandthreatsby Comparing Therowsandcolumnsofeach Variableoninternal Factors ( Ife) Andexternal ( Efe). Whiletheuseof Qualitative Analysisin The Form Ofa Swotanalysisandswot Matrixiematrixis Usedto Analyze Thedevelopment Ofagro-Tourismstrategyusinganalysisqspm . Ife Matrix Analysis Results (Internal Factor Evaluation) For Strengths And Weaknesses Internal Factors Obtained A Total Score Of 2.56. This Suggests That The Ability Of Agro-Tourism In The Bukit Flora Overcome Weaknesses Are Using The Power Of The Average Position. Efe Matrix Analysis Results For The Opportunities And Threats External Factors Obtained A Total Score Of 2.30. This Suggests That The Ability Of Agro-Tourism In The Bukit Flora Respond To Opportunities To Avoid Threat Quite Average. Ife Total Weighted Scores Of 2.56 And 2.30 For Efe. Placing Agro Bukit Flora Is In Cell V. This Position Illustrates Agro Bukit Flora In The Average Internal Conditions And The Companys Response To External Factors Faced Classified As Moderate. Strategies That Can Be Implemented Is The Growth And Stability Or Growth Strategy And Stability. Based On The Results Of The Swot Matrix Analysis, It Can Be Obtained By Four Alternative Strategies That Can Be Taken In The Development Of Agro Bukit Flora, Among Others, Create And Orient Agro Bukit Flora As The New By Optimizing The Potential And Advantages, Take Advantage Of Tourist Tastes Based Environment By Optimizing Product Nuanced Nature, Increase Promotional Activities Optimally Utilizing Technological Developments, Improve The Quality Of Human Resources With Training To Improve Performance And Enable Role, In Collaboration With Relevant Agencies Or Travel Agents, Creating A Good Image In The Eyes Of Visitors To Anticipate The Election Of Another Tour, Utilizing Quality Of Tourist Services And Maintain The Quality Of Tourist Services, Improving The Quality Of Human Resources And Management With Special Training To Improve Employee And Include Agro Produktivtas Exhibition Tour In Order To Promote Better Known. Qspm Matrix (Quantitative Strategy Plannig Matrix) Is A Tool Used To Evaluate Alternative Strategies Objectively Choice Based On Key Factors Internal And External To The Matrix Ife (Internal Evaluation Factors), Matrix Efe (External Evaluation Factors), Matrix Ie (Internal - External ) And Matrix Swot (Strength, Weakness, Opportunities, Threath). Detemination Of Viable Alternative Strategies Incorporated In The Matrix Qspm (Quantitative Strategy Plannig Matrix) Based On An Assessment Of The Condition Of The Company And The Use Of Intuition . This Matrix Will Determine The Relative Attractiveness Of The (Relative Attractiveness) Of Measures Of Alternative Strategies That Can Be Implemented By Agro Bukit Flora. Based On The Results Qspm Matrix, The Value Of The Attraction Was Highest At 3 Strategy With The Total Amount Of The Appeal (Tas) Was 6.26. Appeal Of The Second Highest Value Contained In The Strategy Tas 4 The Number By 6.14 And The Third Highest Found In Strategy 1 With A Total Of 6.03 Tas . While The Appeal Of The Lowest Value Contained In The Strategy Tas 2 With A Total Of 5.89.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/44/051401413
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Feb 2014 10:43
Last Modified: 20 Oct 2021 12:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129919
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item