Hubungan Antara Partisipasi Petani Dengan Perilaku Petani Dalam Program Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) Padi Berbasis Kawasan Pemantapan (Studi Kasus di Desa Sumbersekar, Kecamatan

Susanti, Delina (2014) Hubungan Antara Partisipasi Petani Dengan Perilaku Petani Dalam Program Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) Padi Berbasis Kawasan Pemantapan (Studi Kasus di Desa Sumbersekar, Kecamatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komoditi tanaman pangan memiliki peran pokok sebagai pemenuhan kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Peningkatan produktivitas padi dan kesejahteraan petani melalui penerapan inovasi merupakan salah satu strategi yang diterapkan pemerintah dalam program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN). Berdasarkan hal tersebut, pemerintah melalui Departemen Pertanian meluncurkan program Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu. SLPTT adalah sekolah yang seluruh proses belajar mengajarnya dilakukan di lapangan. Tujuan utama SLPTT adalah mempercepat alih teknologi melalui pelatihan dari peneliti atau narasumber lainnya. Desa Sumbersekar Kecamatan Dau merupakan salah satu desa yang sebagian besar petani melakukan budidaya tanaman padi dan termasuk daerah yang memiliki hasil tanaman padi yang sudah baik dan berhasil. Namun dari keadaan tersebut juga tidak lepas dari beberapa masalah yaitu para petani di Desa Sumbersekar menggunakan sistem budidaya yang tidak ramah lingkungan, penggunaan teknologi rendah, dan minat dari para petani yang masih kurang dalam menerapkan inovasi baru budidaya padi, sehingga dilakukan kegiatan SLPTT. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan partisipasi petani dalam pelaksanaan program Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) Padi berbasis kawasan pemantapan, (2) Mendeskripsikan perilaku petani dengan adanya pelaksanaan program Sekolah Lapang Pengelolaan tanaman Terpadu (SLPTT) Padi berbasis kawasan pemantapan, dan (3) Menganalisis hubungan antara partisipasi petani dengan perilaku petani dalam program Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) Padi berbasis kawasan pemantapan. Lokasi penelitian di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif dengan metode sensus. Penentuan Key Informan secara sengaja (purposive) dan penentuan responden dilakukan secara sensus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data untuk menjawab tujuan nomer satu dan nomer dua menggunakan skala Likert, sedangkan untuk menjawab tujuan nomer tiga menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian adalah sebagai berikut yaitu tingkat partisipasi petani dalam kegiatan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) Padi berbasis kawasan pemantapan di Desa Sumbersekar, Malang tergolong dalam kategori sedang dengan skor 70,64%, dimana sebagian besar petani responden telah dapat berpartisipasi dengan baik selama kegiatan dikarenakan ada kesempatan, kemauan serta keinginan dari petani itu sendiri. Namun dalam pelaksanaan kegiatan tersebut juga tidak lepas dari kendala yaitu sulitnya merubah kebiasaan petani konvensional menjadi petani organik dan keterlambatan penyediaan bantuan sarana dan prasarana dari pusat yang datang terlambat, Perilaku Petani yang meliputi aspek pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), keterampilan (psikomotorik) dengan adanya kegiatan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) Padi berbasis kawasan pemantapan di Desa Sumbersekar, Malang tergolong dalam kategori sedang dengan skor 72,24%, dimana petani responden telah merasakan perilaku dalam dirinya menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi kegiatan budidaya tanaman pertanian yang mereka tekuni, terutama pada perubahan perilaku sikap (afektif) dan terdapat hubungan antara tingkat partisipasi petani dengan Perilaku Petani dengan tingkat signifikansi sebesar 95% (α 0,05) dan nilai thit sebesar 10,32. Saran yang dapat diberikan dengan adanya penelitian ini yaitu bagi pihak terkait intansi pemerintahan maupun dinas pertanian untuk pelaksanaan program Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) Padi selanjutnya lebih memperhatikan dan memfasilitasi kebutuhan sarana&prasarana petani secara tepat agar tidak ada lagi keterlambatan waktu dan selalu memantau perkembangan program tersebut, untuk Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) mengatur jadwal pertemuan disesuaikan dengan waktu luang petani agar petani dapat menghadiri segala rangkaian kegiatan Sekolah lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) tanpa mengganggu aktivitas mereka lainnya diluar pertanian.

English Abstract

Food crop commodity have main role as coverage food requirement, woof and domestic industrial which grow up every years. Rising rice productivity and farmer welfare using innovation it is one of government strategy in National Rice Production Enhacement programs. Based on that, Agriculture Department make Integrated Plant Management School program. Integrated Plant Management School is school have all study place at field. Integrated Plant Management School Main purpose is faster transfer technology using training from researcher or other resource person. Sumbersekar village Dau sub district is which one village have best part farmer plant rice and village which have good rice production and successfully. But, that situation also have problem, that is the farmer at Sumbersekar village using not ecology friendly cultivation, using low technology, and low interest from farmer to using new innovation rice cultivation, in such a way held Integrated Plant Management School. This research purpose are: (1) To Descripe of farmer participation in rice Integrated Plant Management School based on consolidation area, (2) To Descripe farmer of behavior after Integrated Plant Management School base on consolidation area, (3) To Analyze of relationship farmer participation with farmer of behavior in program rice Integrated Plant Field Management School based on consolidation area. Research location at Sumbersekar village Dau sub district Malang regency. This research is quantitative methods of census. Informant key finding in a purposive manner and finding respondent in a census manner. Data collection method used interview, observation, and documentation. Data analysis method for purpose answer number one and number two using likert scale, whereas for purposes answer number three using Spearman Rank correlation analysis. Result from this research is level farmer participation in rice Integrated Plant Management School based on consolidation area at Sumbersekar village, Malang is at middle category with 70,64% score. Which best part of farmers respondents had well participate during program because of opportunity, willing, desire form that’s farmers. But, program also have problem, it is difficulty of changing habits of conventional farmers become organic farmers and late supplying tool and infrastructure form central. Farmer’s behavior it is aspect knowledge (cognitive), attitude (affective), skill (psychomotoric) because rice Integrated Plant Management School based on consolidation area at Sumbersekar village, Malang is at middle category with 72,24% score which farmers respondents had experience cultivation program, especially at attitude change (affective), and in this research, there are relationship between farmer participation with change of farmer behavior with a significance level of 95% (α 0,05) and value thit of 10,32 . Suggestion is For concern party, government, and Agriculture departement to the next rice Integrated Plant Management School on consolidation area program to more attention and facilitate tool and infrastructure supply lest late and always monitor this program, for the next program, concern party must rearrangement schedule meeting adapting farmers free time, so as to farmers can participate all activity in Integrated Plant Management School program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/399/051407568
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Nov 2014 14:47
Last Modified: 20 Oct 2021 11:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129875
[thumbnail of FIX_!!.pdf]
Preview
Text
FIX_!!.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item