Hidayah, FebtriaLaily (2014) Pengaruh Customer Relationship Marketing Dalam Pembentukan Loyalitas Pelanggan Pada Produk Olahan Apel Merk Brosem Di Kota Batu-Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah customer customer relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi dan kepuasan berpengaruh kepada loyalitas konsumen. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mencari variabel dari customer relationship marketing yang paling berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena persaingan di industri produksi produk olahan apel guna memperoleh loyalitas pelanggan. Banyaknya agroindustri yang memproduksi produk olahan apel khususnya dikota Batu, membuat Agroindustri Brosem perlu mempertahankan dan meningkatkan strategi baru untuk menjaga pelanggannya tetap loyal dan menambah jumlah pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel kepercayaan, komitmen, komunikasi dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan produk olahan apel merk Brosem. Data yang di gunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) serta wawancara langsung dengan konsumen yang datang langsung ke toko untuk membeli produk olahan merk Brosem. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan uji hipotesis, yaitu uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel customer relationship marketing yaitu kepercayaan, komitmen, komunikasi dan kepuasan berpengaruh secara bersama-sama atau secara simultan mempengaruhi dalam terbentuknya loyalitas konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F bahwa F hitung< F tabel (80.251>2,47) dengan tingkat kepercayaan sebesar 100%. variabel kepercayaan, komitmen, komunikasi dan kepuasan berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen dengan dilihat dari uji T (Uji parsial) bahwa variabel kepercayaan memiliki thitung (4.698) > ttabel (1,66) dengan tingkat kepercayaan sebesar 100 persen. Kemudian variabel komitmen memiliki thitung (5.373) > ttabel (1,66) dengan tingkat kepercayaan sesar 100%. Untuk variabel komunikasi memiliki thitung (0,059) < ttabel (1,66) dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Dan yang terakhir untuk variabel kepuasan memiliki thitung (0,613) < ttabel (1,66) dengan tingkat kepercayaan sebesar 54 persen
English Abstract
This study aims to determine whether the customer relationship marketing which consists of trust, commitment, communication and satisfaction to customer loyalty effect . In addition, this study also aims to find the variables of customer relationship marketing is the most influential on consumer loyalty . This research is motivated by the phenomenon of competition in the industrial production of processed apple products to gain customer loyalty. The number of agro-industries that manufacture processed apple products, especially in the Batu city, make Agroindustri Brosem need to maintain and improve a new strategy to keep customers remain loyal and increase the number of subscribers . This study aims to determine the effect of simultaneous partial and variable trust, commitment, communication and satisfaction to customer loyalty processed apple products Brosem brands. The data used in this study were obtained from questionnaires (primary) and direct interviews with customers who come directly to the store to buy a brand Brosem refined products . The amount of respondents who use in this reseacrh are 100 respondents. The analysis technique used is multiple regression analysis using hypothesis test , namely the F test and t test . The results showed that simultaneous customer relationship marketing variables: trust, commitment, communication and satisfaction influential jointly or simultaneously affect the formation of customer loyalty . It can be seen from the test results that the calculated F F < F table ( 80 251 > 2.47) with a confidence level of 100 % . variables of trust , commitment , communication and satisfaction partial effect on customer loyalty with views of the T test ( Test partial ) belief that the variable has t-count ( 4698 ) > t table ( 1.66 ) with a confidence level of 100 % . Then the variable commitment has tcount ( 5373 ) > t table ( 1.66 ) with a confidence level of fault 100 percent . For communication variables have tcount (0,059) < t table ( 1.66 ) with a confidence level of 95 percent . The last to have the satisfaction variables of t ( 0.613 ) < t table ( 1.66 ) with a confidence level of 54 percent
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2014/391/051407560 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 10 Nov 2014 10:46 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 11:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129867 |
Preview |
Text
(366380105)_pengantar_skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
(366391090)_cover_fix.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
SUMMARY.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
skripsi_gabungan.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |