Analisis Perilaku Konsumen Dalam Menentukan Keputusan Pembelian Es Krim Kulit Pisang (Eskulpi) Di Kota Malang (Kaji Tindak/Action Research Pada Kelompok ESKULPI Malang)

Wardono, DimasRonggo (2014) Analisis Perilaku Konsumen Dalam Menentukan Keputusan Pembelian Es Krim Kulit Pisang (Eskulpi) Di Kota Malang (Kaji Tindak/Action Research Pada Kelompok ESKULPI Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini para konsumen melakukan pembelian tidak hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan, sehingga produsen diharuskan sekreatif mungkin menciptakan inovasi produk yang lain daripada umumnya namun juga tetap mengutamakan kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi dan menganalisis atribut-atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian produk ESKULPI (2) Menganalisis sikap konsumen ESKULPI terhadap atribut yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian konsumen (3) Mengidentifikasi loyalitas konsumen ESKULPI berdasarkan frekuensi pembelian produk dalam periode waktu. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang dan Klinik Mata Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pengisian kuesioner oleh responden dan pengamatan langsung di tempat penelitian. Data sekunder berupa data perusahaan kelompok ESKULPI, studi pustaka, internet dan studi literatur. Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling untuk mencerminkan seluruh populasi dengan jumlah sampel yang tidak diketahui Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental sampling kepada 50 konsumen ESKULPI. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Analisis Cochran Q Test dan Analisis Fishbein. Berdasarkan analisis Cochran Q Test didapatkan atribut-atribut yang valid dan dipertimbangkan oleh konsumen adalah merk, kemasan, rasa dan variasi rasa, warna, keamanan, harga, kandungan gizi dan manfaat. Sedangkan atribut_atribut yang tidak dipertimbangkan oleh konsumen adalah ketersediaan produk, iklan, cara penyajiaan, bentuk dan desain produk. Dari analisis sikap konsumen, pada analisis tingkat kepentingan rasa dan variasi rasa merupakan atribut produk yang paling dipentingkan konsumen dengan skor 4,40. Sedangkan pada analisis kepercayaan, rasa dan variasi rasa juga merupakan atribut ESKULPI yang memiliki skor kepercayaan tertinggi dengan skor 4,22. Dari analisis tingkat kepentingan dan tingkat kepercayaan konsumen dengan model analisis Fishbein, sikap terhadap ESKULPI dapat dikategorikan netral, karena total kepentingan dan kepercayaan bernilai 131,65. Tingkat loyalitas konsumen ESKULPI dalam penelitian ini diukur berdasarkan frekuensi pembeliannya dalam periode waktu selama dua tahun. Tingkat loyalitas konsumen ESKULPI menunjukan bahwa sebagian besar konsumen masih mempunyai tingkat loyalitas yang sangat rendah. Hal tersebut ditunjukan pada frekuensi pembelian ulang yang berada pada tingkat loyalitas sangat rendah mendapatkan jumlah terbesar yakni 48 orang.

English Abstract

Today consumers do not purchase just to make the ends need, so the manufacturers are required to creatively as possible to create innovative products other than generally but still maintaining the quality. This study aims to (1) identify and analyze the attributes considered by consumers in the purchase of products ESKULPI (2) analyze consumer attitudes towards ESKULPI attributes considered in the purchase decision of consumers (3) Identify consumer loyalty ESKULPI based on the frequency of purchase of products within a period of time . The research was conducted at the Faculty of Agriculture, University of Brawijaya Malang and Malang Eye Clinic. The data used in this study include primary and secondary data. The primary data obtained from interviews with questionnaires and direct observation by respondents in the study. Secondary data ESKULPI group company, library research, internet and literature studies. The method to determine the respondents in this study using a non-probability sampling method to reflect the entire population by the number of unknown samples sampling technique used in this study is accidental sampling to 50 consumers ESKULPI. The analytical tool used is Descriptive Analysis, Analysis Cochran Q Test and Analysis Fishbein. Based on the analysis obtained Cochran Q Test attributes are valid and considered by consumers is the brand, packaging, taste and variety of flavors, colors, security, price, nutritional content and benefits. While atribut_atribut were not considered by consumers is the availability of products, advertising, presentation, shape and design of the product. From the analysis of consumer attitudes, the analysis of the importance of taste and flavor variations are the most overlooked product attributes consumers with a score of 4.40. While the analysis of trust, taste and flavor variations ESKULPI also an attribute that has the highest confidence score with a score of 4.22. From the analysis of the interest rate and the level of consumer confidence in the analytical model Fishbein, attitudes towards ESKULPI can be categorized as neutral, because the total interest and trust worth 131.65. ESKULPI level of consumer loyalty in this study was measured by frequency of purchase within a time period of two years. The level of consumer loyalty ESKULPI shows that most consumers have very low levels of loyalty. It is shown on the frequency of repeat purchases that are at a very low level of loyalty to get the largest number of 48 people.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/372/051407170
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 24 Oct 2014 10:17
Last Modified: 20 Oct 2021 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129848
[thumbnail of skripsi_siap_upload.pdf]
Preview
Text
skripsi_siap_upload.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item