Analisis Penerapan Manajemen Rantai Pasok Sayur pada Perusahaan Rodeo untuk Meningkatkan Pelayanan kepada Perusahaan Ritel.

AngelinaChonnySurya (2014) Analisis Penerapan Manajemen Rantai Pasok Sayur pada Perusahaan Rodeo untuk Meningkatkan Pelayanan kepada Perusahaan Ritel. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bidang agribisnis dinilai dapat berperan besar dalam peningkatan pergerakan perekonomian indonesia. Perkembangan agribisnis dapat meningkat diiringi dengan minat masyarakat terhadap kegiatan usaha agribisnis. Salah satu produk agribisnis yang menjanjikan saat ini adalah tanaman hortikultura sayuran. Komoditas sayuran yang memiliki prospek yang cerah, peluang pasar luar dan dalam negeri masih terbuka lebar. Hal ini didukung oleh data BPS (2013) masyarakat yang mengkonsumsi sayur perkapita yang meningkat setiap tahunnya, pada tahun 2011 jumlah konsumsi perkapita 37,52%. Jumlah tersebut terus meningkat setiap tahunnya sehingga di tahun 2012 jumlah konsumsinya sebesar 37,90%. Perusahaan Rodeo merupakan perusahaan pemasok yang telah dipercaya sejak 16 tahun untuk memasok produk buah dan sayur sebanyak 1 ton setiap bulannya ke perusahaan besar ritel, seperti PT. Lotte Shopping, PT. Lotte Mart, dan PT. Hero Supermaket dalam dan luar pulau. Komitmen yang telah terjalin antar pelaku usaha ini harus di imbangi dengan penerapan manajemen rantai pasok pada aliran finansial, aliran material, dan aliran informasi yang dapat menghantarkan produk dari hulu hingga sampai ke hilir atau sampai pada mata rantai akhir tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas pada suatu produk, sehingga terciptanya kepuasan pada pelayanan yang telah diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh invoice , pemenuhan pesanan, return , order, dan status pengiriman terhadap peningkatkan pelayanan pada perusahaan ritel (2) Untuk menganalisis penerapan manajemen rantai pasok (aliran barang, aliran informasi, dan aliran finansial) perusahaan Rodeo yang berpengaruh secara dominan terhadap peningkatkan pelayanan pada perusahaan ritel. Penentuan responden dilakukan secara purposive dengan menentukan 20 supermarket yang lebih terlibat langsung pada manajemen rantai pasok perusahaan Rodeo. Setelah dilakukan analisis terhadap invoice , pemenuhan pesanan, return , order, dan status pengiriman secara bersama mempengaruhi pelayanan, hal ini ditunjukkan dengan F hitung > F tabel (3,892 > 3,06) dengan tingkat kepercayaan 98%. Pengaruh seluruh variabel secara bersama-sama terhadap pelayanan menunjukkan bahwa perusahaan Rodeo harus tetap mempertahankan penerapan manajemen rantai pasok, karena variabel tersebut dianggap penting mempengaruhi pelayanan oleh perusahaan ritel. Faktor yang berpengaruh dominan terhadap pelayanan adalah pemenuhan pesanan dengan t hitung > t tabel (2,263 > 2, 2,093), return t hitung > t tabel (2,357 > 2,093), dan order t hitung > t tabel (2,104 > 2,093). Variabel return berpengaruh dominan terhadap pelayanan, hal ini disebabkan adanya kerusakan produk yang belum dapat diatasi oleh perusahaan Rodeo sehingga mengakibatkan adanya pengembalian barang dan menurunkan pelayanan, apabila perusahaan Rodeo ingin meningkatkan pelayanan maka perusahaan harus memperbaiki adanya return dengan cara, perbaikan pada produk sesuai permintaan dan standart produk supermarket.

English Abstract

The field of agribusiness considered able to major role in the increased the movement of indonesian economy.Agribusiness development can be inflated accompanied by the interest of public opposition to the business activities of agribusiness. One of the products agribusiness, which promises when this is a plant horticulture vegetables.Commodities vegetable having bright prospects, opportunities outside market and domestic still wide open. It is supported by bps central statistic agency (2013) the people who consumes sayur per capita is increasing each year, in 2011 the number of consumption per capita 37,52 %.The number is steadily increasing every year so that next year the number of food by 37,90 %. The company a rodeo is the company suppliers who have been credibly since 16 years to supply the product of fruits and vegetables as much as 1 ton every month to large companies retail businesses such as PT Lotte shopping, PT Lotte mart, and PT Hero supermaket inside and outside of the island. A commitment has been established between entrepreneurs by the application of this should supply chain management in financial flows, the materials, and flow of information that could carry to products from upstream to downstream or till in chains end without reducing the quality and quantity at a product, so the creation of satisfaction in services has been granted. The purpose of this research is (1) to analyse the influence of an invoice, fulfillment order, return order, shipment, and the status of the service increased retail company. (2) to analyse the application of supply chain management (flow of goods, information flow, and financial flow) influential Rodeo company predominantly towards increased services on a retail company. Determination of the respondents purposive is carried out by specifying a more supermarket 20 was directly involved in the supply chain management company Rodeo. To invoice, after kinds of analysese the fulfillment of order, return, order, and the status of delivery affect services, simultaneously it is shown by f count > f a table ( 3,892 > 3,06 ) with level of trust 98 %. The influence of all the variables together against the Ministry indicates that the company must retain the application of Rodeo management supply chain, because these are considered important variables influencing retail company services. The influential factors of the dominant against is the fulfillment of an order with t count > t table (2,263 > 2, 2,093), return t count > t table (2,357 >2,093), and order t count > t table (2,104 >2,093). Variable return influential dominant to the public, it is because the damaged products hasnt overcome by company rodeo and allow the return of goods and services, lowering when company rodeo want to improve services then company should improve the return by the way, improvement on product on demand and standart products supermarket.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/364/051407055
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 23 Oct 2014 09:25
Last Modified: 20 Oct 2021 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129839
[thumbnail of BAB_I._PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
BAB_I._PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III._KERANGKA_KONSEP_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
BAB_III._KERANGKA_KONSEP_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V._HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
BAB_V._HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II._TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
BAB_II._TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV._METODE_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
BAB_IV._METODE_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI._PENUTUP.pdf]
Preview
Text
BAB_VI._PENUTUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of kata_pengantar,_ringkasan,_daftar.pdf]
Preview
Text
kata_pengantar,_ringkasan,_daftar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item