Analisis Peramalan Penjualan Kecap Mencoo (Studi Kasus Di Perusahaan Kecap Murni Jaya Kediri )

Wahyuningtyas, Eka (2014) Analisis Peramalan Penjualan Kecap Mencoo (Studi Kasus Di Perusahaan Kecap Murni Jaya Kediri ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pertanian sangatlah penting dalam perekonomian di Indonesia. Salah satu komoditas pertanian yang memiliki peluang besar dan dapat dikembangkan dalam dunia bisnis adalah kedelai. Meskipun kedelai termasuk komoditas Indonesia yang memiliki tingkat impor tinggi (75%) dan belum mampu untuk memenuhi tingkat permintaan konsumen kedelai dalam negeri, namun produksi kedelai di Indonesia mengalami peningkatan pada tahun 2013 ini, setelah mengalami penurunan dari tahun 2011-2012. Selain itu, konsumsi kedelai di Indonesia mencapai 2,2 juta ton per tahun. Peluang dari peningkatan produksi kedelai dan tingkat konsumsi Indonesia ini dapat dikembangkan melalui agroindustri. Agroindustri mempunyai peran yang sangat besar dalam pembangunan pertanian di Indonesia terutama dalam rangka transformasi struktur perekonomian dan dominasi sektor pertanian ke dominasi sektor agroindustri ataupun industri. Produk agroindustri yang kini tetap eksis dan terus berkembang yang diolah dari bahan kedelai adalah produk kecap dengan tingkat konsumsi masyarakat yang meningkat dari tahun 2013-2014 yaitu sebesar 0,03%. Agroindustri kecap merupakan ide usaha yang dikembangkan dan didasarkan pada situasi pasaran kecap yang sangat bagus, baik untuk proses memasak maupun untuk penyajiannya. Salah satu agroindustri yang bergerak dalam pengolahan kecap yang berada di Kediri yaitu perusahaan Kecap Murni Jaya. Peluang peningkatan konsumsi kecap di Indonesia seharusnya mempengaruhi peningkatan penjualan kecap pada agroindustri-agroindustri di Indonesia, namun hal ini tidak terjadi pada perusahaan Murni Jaya. Penjualan perusahaan Murni Jaya cenderung menurun dan fluktuatif. Penelitian ini perlu dilakukan mengingat perusahaan Murni Jaya merupakan perusahaan yang telah berdiri cukup lama dan harus mampu bertahan dan bersaing dengan perusahaan kecap lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendapat konsumen, pelanggan, distributor terhadap strategi penjualan perusahaan. Metode analisis peramalan menggunakan metode Winter-Aditif dengan parameter α = 0.5, =0.1 dan β=0.1 (setelah diuji dengan trial dan error). Hasil Peramalan dapat membantu untuk menentukan perencanaan produksi agar tidak terjadi kelebihan ataupun kekurangan stok produk. Dalam mengidentifikasi pendapat konsumen, pelanggan, distributor terhadap strategi penjualan perusahaan.dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian antara lain: 1. Pola data penjualan produk kecap Mencoo pada bulan Januari 2011 – Desember 2013 fluktuatif 2. Peramalan penjualan kecap Mencoo cenderung menurun dengan penurunan yang cukup besar, pada tahun 2014 terjadi penurunan sebesar 55 % dari tahun 2013 dan pada tahun 2015 terjadi penurunan 60 % dari tahun 2013. ii ii 3. Pendapat konsumen terhadap perbaikan strategi penjualan perusahaan Murni Jaya terdapat pada tiga faktor yang perlu diperhatikan yaitu promosi, harga jual, dan cita rasa produk. Pendapat pelanggan terhadap perbaikan strategi penjualan perusahaan Murni Jaya terdapat pada enam faktor yang harus diperhatikan yaitu ketersediaan produk, sistem pembayaran, tempat pembelian, macam bentuk pembelian, promosi, dan kerusakan produk. Sedangkan pendapat distributor yang perlu untuk diperhatikan sebagai acuan untuk melakukan perbaikan strategi penjualan kecap Mencoo diantaranya pada faktor promosi, saluran distribusi, dan kendala distribusi.

English Abstract

Agricultural sector is crucial in the economy in Indonesia. One of the commodities which has the big opportunity and can be developed in business is soybean. Although soybean is Indonesia commodity which has high level of importing (75%) and have not met a local consuming demand, the soybean production increased in 2013 after it decreased in 2011-2012. Moreover, the soybean consumption reached up to 2.2 billion in a year. The opportunities of improving the soybean production and consumption level in Indonesia can be developed through agro-industry. Agro-industry has big role in the development of agricultural in Indonesia concerning in economy structural transforming and the dominance of agricultural sector to the agro-industry or industry. The existing and developing agro-industry product of soybean is soy sauce production with the increasing consumption level up to 0.03% in 2013-2014. Agro-industry of soy sauce is a developed effort which based on the good market situation of soy sauce for not only cooking but also serving. One of agro-industry of soy sauce production in Kediri is Murni Jaya Company. The opportunity of the increasing of soy sauce consumption in Indonesia affects the increasing of soy sauce selling in any agro-industry, but it does not happen in Murni Jaya Company. The selling of soy sauce in Murni Jaya Company decreases and fluctuates. This study is needed to be conducted since Murni Jaya Company have been built for long time and needed to survive and compete with other soy sauce companies. The aim of the study is to investigate selling data pattern, forecast selling, and identify the sales strategy according to the argument of consumers, customers, and distributor in company. Analysis method of forecasting uses Winter-Aditif method through α= 0.5, =0.1 and β=0.1 (after trial and error testing). The result of forecasting is used to decide the production planning in order to avoid the excess and shortage of production supply. Descriptive analysis through some arguments of consumer, customer and distributor is used to identify the sales strategy in company. The results of the study that: 1. The pattern data is fluctuation on January 2011 to December 2013 2. The Forecasting tends to to decrease with a substantial reduction, in 2014 a decline of 55% from 2013, and in 2015 a decline of 60% from 2013. 3. According to the argument of consumers that can be used as a reference to improve sales strategies of kecap Mencoo are the promotion, price, and taste. Arguments of customer against improved sales strategy of Murni Jaya company are availability product, payment system, the place of buying product, A wide of purchase, promotion, and also product failure. Whereas the arguments of distributor that are distribution access and also distribution access problem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/340/051406798
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 24 Oct 2014 14:01
Last Modified: 20 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129813
[thumbnail of skripsi_eka.pdf]
Preview
Text
skripsi_eka.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item