Pengaruh Kualitas Produk Buah Jambu Biji Kristal (Psidium Guajava L.) Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto Desa Tumapel Kec

Sajali, ChusnatulUlaela (2014) Pengaruh Kualitas Produk Buah Jambu Biji Kristal (Psidium Guajava L.) Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto Desa Tumapel Kec. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan lingkungan senantiasa terjadi secara terus menerus dalam proses perkembangan dunia usaha, yang secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi perilaku manusianya. Hal ini menyebabkan pasar yang semula masih menunjukkan ciri-ciri kekurangan dan lebih banyak dikuasai industri atau penjual telah berubah menjadi pasar pembeli. Kondisi ini akan menjadikan produk yang benar-benar berkualitas dapat diterima dipasar dan mampu bersaing terhadap produk-produk yang sejenis. Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing, akan menuntut setiap perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen. Perusahaan yang mampu menghasilkan produk-produk berkualitas yang akan tetap bertahan dan laku di pasaran. Kualitas produk biasanya berkaitan dengan kehandalan, ketahanan, kemudahan pemeliharaan dan kinerja tertentu. Dari kualitas itulah konsumen akan yakin bahwa produk yang mereka konsumsi akan memberikan dampak yang positif. Berdasarkan kondisi di atas, maka UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto menghasilkan buah jambu biji kristal (Psidium guajava L.) yang merupakan mutasi residu dari Muangthai Pak. Buah jambu biji kristal ini ditemukan pada tahun 1991 di District Kao Shiung-Taiwan. Diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1991 oleh Misi Teknik Taiwan yang sekarang menjadi UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan kualitas produk buah jambu biji kristal ( Psidium guajava L.) di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto, 2) Menganalisis variabel kualitas produk yang meliputi performance (kinerja), features (ciri-ciri tambahan), conformance (kesesuaian dengan spesifikasi) dan durability (daya tahan) yang berpengaruh secara parsial dan simultan serta signifikan terhadap loyalitas konsumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk mengetahui kualitas produk buah jambu biji kristal yang diinginkan konsumen dan untuk melakukan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan regresi berganda menggunakan program SPSS 17.0 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk buah jambu biji kristal yang dinginkan konsumen pada variabel performance (X 1 ) yaitu konsumen menginginkan buah jambu biji kristal yang memiliki rasa yang manis, jumlah biji yang sedikit, dan struktur daging buah empuk. Pada variabel features (X 2 ), konsumen menginginkan buah jambu biji kristal yang sangat bersih, sangat segar, dan warna kulit buah yang sangat cerah. Untuk variabel conformance (X 3 ), konsumen menginginkan buah jambu biji kristal yang bagus, matang, dan memiliki bentuk yang besar. Dalam variabel durability (X 4 ), konsumen menginginkan buah jambu biji kristal yang tidak mudah busuk, sangat tahan terhadap suhu dan cuaca dan memiliki kulit buah yang tidak mudah berubah warna. Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh hasil bahwa variabel kualitas produk ( performance, features, conformance , dan durability ) secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Variabel independen yang paling dominan mempengaruhi nilai variabel dependen adalah variabel performance (X 1 ) dengan nilai koefisien beta (Beta Coefficient) yang tertinggi yaitu 0,381. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja produk yang terdiri rasa yang dimiliki produk, jumlah biji pada produk dan struktur daging buah produk merupakan yang paling dominan yang mempengaruhi loyalitas konsumen di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto. Saran yang dapat diajukan sebagai pelengkap terhadap hasil penelitian yaitu UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto diharapkan mampu menerapkan strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumen seperti melakukan riset berkelanjutan dari segala aspek yang mempengaruhi baik atau buruknya kualitas produk buah jambu biji kristal dan variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap loyalitas konsumen di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Mojokerto.

English Abstract

Environmental changes always occur continuously in the process of development of the business , which directly or indirectly affect human behavior . This causes the original market still shows characteristics shortages and more controlled or vending industry has turned into a buyers market . This condition will make the product truly acceptable quality in the market and are able to compete against similar products . Increasing the intensity of competition and the number of competitors will require each company to always pay attention to the needs and desires of consumers . Companies that are able to produce quality products that will survive and marketable. Quality of product is usually associated with the reliability , durability , ease of maintenance and specific performance . Of quality that consumers will be assured that the products they consume will have a positive impact . Based on the above conditions , the UPT Agribusiness Development Of Food Crops and Horticulture Mojokerto produce crystal guava ( Psidium guajava L. ) is a residue of Thailand Pak mutation . Crystal guava fruit was found in 1991 in the District Kao - Shiung Taiwan . Introduced in Indonesia in 1991 by the Taiwan Technical Mission which is now a UPT ( Technical Implementation Unit) Agribusiness Development Of Food Crops and Horticulture Mojokerto. The purpose of this study are 1) to describe the quality of the product crystal guava ( Psidium guajava L.) in UPT Agribusiness Development Of Food Crops and Horticulture Mojokerto, 2) analyzing the variable quality of products which include performance, features , conformance , and durability the partial effect and simultaneous and significant consumer loyalty. The analysis used in this study is a quantitative analysis. Quantitative analysis is used to determine the quality of the crystal guava fruit products that consumers want and to test the validity, reliability, classic assumption test and multiple regression using SPSS 17.0. The results of this study indicate that the product quality guava reasonable crystal consumers on performance variables ( X 1 ) that consumers want a crystal guava fruit has a sweet taste , a little amount of seeds and soft flesh structure . In variable features ( X 2 ), consumers want crystal guava very clean , very fresh , and the colors are very bright fruit leather . For conformance variable ( X 3 ),

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/336/051406794
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 24 Oct 2014 14:18
Last Modified: 20 Oct 2021 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129808
[thumbnail of skripsi_chusnatul_ulaela_sajali.pdf]
Preview
Text
skripsi_chusnatul_ulaela_sajali.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item