Kajian Supply Chain Management : Relationship Marketing Pada Agroindustri Sari Apel (Studi Kasus di CV. Bagus Agriseta Mandiri dan KSU Brosem, Kota Batu)

Laraswati, Yuri (2014) Kajian Supply Chain Management : Relationship Marketing Pada Agroindustri Sari Apel (Studi Kasus di CV. Bagus Agriseta Mandiri dan KSU Brosem, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sari apel merupakan salah satu produk agroindustri yang menjadi andalan Kota Batu karena rasanya yang enak dan segar serta kaya akan manfaat yang berguna bagi tubuh. CV. Bagus Agriseta Mandiri dan KSU Brosem merupakan agroindustri skala menengah dan skala kecil yang mengolah sari apel. Hubungan pemasaran yang terjalin antara CV. Bagus Agriseta Mandiri dan KSU Brosem dengan mitra bisnisnya tidak selalu tanpa hambatan. Indikator permasalahan yang sering terjadi antara CV. Bagus Agriseta Mandiri dan KSU Brosem dengan mitra bisnisnya adalah kurangnya rasa puas terhadap kinerja rekan bisnis, kurangnya komunikasi dan koordinasi antar rekan bisnis. Kondisi inilah yang memaksa berbagai perusahaan untuk menemukan berbagai strategi yang tepat untuk mencapai keunggulan kompetitif, dengan harapan perusahaan dapat mempertahankan pasarnya dan memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) menganalisis relationship marketing pada agroindustri sari apel di CV. Bagus Agriseta Mandiri dan KSU Brosem Kota Batu ditinjau dari dimensi kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan kerjasama dan (b) menganalisis tingkat keterikatan relationship marketing pada agroindustri sari apel di CV. Bagus Agriseta Mandiri dan KSU Brosem Kota Batu. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yang terletak di Jl. Kopral Kasdi No. 2 Dusun Banaran, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji dan Jl. Bromo No. 7 Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Responden penelitian dari masing-masing agroindustri sari apel terdiri dari 3 kelompok, pimpinan perusahaan, petani mitra apel, dan pelanggan sari apel. Responden pimpinan perusahaan ditentukan dengan juri opini eksekutif, sedangkan responden petani mitra apel dan pelanggan sari apel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan skala Likert. Dari analisis relationship marketing pada agroindustri sari apel berdasarkan 4 dimensi (kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan kerjasama) diperoleh hasil pada tiap simpul masing-masing agroindustri. Pada simpul KSU Brosem terhadap petani mitra diperoleh penilaian dengan kategori sedang untuk setiap dimensi kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan kerjasama dengan skor 16 : 10 : 10 : 9. Sedangkan pada simpul CV.Bagus terhadap petani mitra diperoleh penilaian kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan kerjasama dengan skor yakni 17 (tinggi) : 11 (sedang) : 12 (tinggi) : dan 9 (sedang). Pada simpul petani mitra terhadap KSU Brosem diperoleh penilaian dengan kategori sedang untuk setiap dimensi kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan kerjasama dengan skor rata-rata 16,08 : 9,75 : 6,17 : 8,17. Sedangkan pada simpul petani mitra terhadap CV.Bagus diperoleh nilai kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan kerjasama dengan skor rata-rata 17, 47 (tinggi) : 12, 24 (tinggi) : 6, 24 (sedang) : 8, 76 (sedang). Pada simpul KSU Brosem terhadap pelanggan sari apel diperoleh penilaian kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan kerjasama dengan skor 18 (tinggi) : 10 (sedang) : 6 (sedang) : 8 (sedang). Sedangkan pada simpul CV.Bagus terhadap pelanggan sari apel diperoleh kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan kerjasama dengan skor 17 (tinggi) : 13 (tinggi) : 6 (sedang) : 7 (sedang). Pada simpul pelanggan sari apel terhadap KSU Brosem diperoleh kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan kerjasama dengan skor rata-rata 17 (tinggi) : 10, 5 (sedang) : 10 (sedang) : 9 (sedang). Sedangkan pada simpul CV.Bagus terhadap pelanggan sari apel diperoleh kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan kerjasama dengan skor rata-rata 18, 5 (tinggi) : 13, 5 (tinggi) : 10, 5 (sedang) : 9, 5 (tinggi). Tingkat keterikatan relationship marketing KSU Brosem pada semua simpul berada pada level koordinatif. Sementara tingkat keterikatan relationship marketing CV.Bagus pada simpul pelanggan sari apel dan petani mitra terhadap CV.Bagus berada pada level kolaboratif. Kemudian pada simpul CV.Bagus terhadap petani mitra dan pelanggan sari apel berada pada level koordinatif. Pada level koordinatif, hubungan yang terjalin antar agroindustri sari apel dengan rekan bisnis lebih dari sekedar kegiatan transaksional dan telah ada ikatan yang lebih erat. Sedangkan pada level kolaboratif telah terjalin hubungan yang sangat kuat dan keikutsertaan mitra bisnis dalam segala hal perencanaan dan pengambilan keputusan.

English Abstract

Apple cider is one of agro-products is a mainstay of the Batu City because it tastes good and fresh and rich in useful benefits for the body. CV. Bagus Agriseta Mandiri and KSU Brosem is a medium scale agroindustry and small scale agroindustry that processing apple cider. Marketing relationship that exists between CV. Bagus Agriseta Mandiri and KSU Brosem with business partners is not always without a hitch. Indicators of problems that often occur between CV. Bagus Agriseta Mandiri and KSU Brosem with business partners is a lack of satisfaction with the performance of business partners, lack of communication and coordination among the business partners. These conditions force companies to find the best strategies to achieve competitive advantage, the company hopes to maintain its market and won the competition. The purpose of this study was (a) analysing the relationship marketing in agro-industry apple cider CV.Bagus Agriseta Mandiri and KSU Brosem Batu Town in terms of the dimensions of trust, commitment, satisfaction, and cooperation and (b) analysing the level of attachment relationship marketing in agro-industry apple cider CV.Bagus Agriseta Mandiri and KSU Brosem Batu Town. The research location chosen purposively located on Jl. Kopral Kasdi Num.2 Banaran Hamlet, Village Bumiaji and Jl. Bromo Num.7 Sisir Village, District of Batu. Respondents from each of apple cider agro-industry consists of 3 groups, business leaders, farmers partner apples, apple cider and customers. Respondents leader of the company executives is determined by the judges opinion, while respondents farmer partners and customers apple cider using purposive sampling method. This study used a descriptive analysis using a Likert scale. From the analysis of the agro-industry relationship marketing apple cider by 4 dimensions (trust, commitment, satisfaction, and cooperation) results obtained at each node of each agroindustry. At KSU Brosem knot on farmers partner with category ratings were obtained for each dimension of trust, commitment, satisfaction, and cooperation with a score of 16: 10: 10: 9. While the node CV.Bagus to partner farmers obtained ratings of trust, commitment, satisfaction, and cooperation with the score of 17 (high): 11 (medium): 12 (high): and 9 (medium). At node farmers against KSU Brosem partners with category ratings were obtained for each dimension of trust, commitment, satisfaction, and cooperation with an average score of 16.08: 9.75: 6.17: 8.17. While the farmers node partners to CV.Bagus obtained value of trust, commitment, satisfaction, and cooperation with an average score of 17, 47 (high): 12, 24 (high): 6, 24 (medium): 8, 76 (medium). Node at KSU Brosem customer cider obtained ratings of trust, commitment, satisfaction, and cooperation with a score of 18 (high): 10 (medium): 6 (medium): 8 (medium). While the node to the customer CV.Bagus apple cider gained confidence, commitment, satisfaction, and cooperation with a score of 17 (high): 13 (high): 6 (medium): 7 (medium). At the customer node to the KSU Brosem apple cider obtained trust, commitment, satisfaction, and cooperation with an average score of 17 (high): 10, 5 (medium): 10 (medium): 9 (medium). While the node to the customer CV.Bagus apple cider gained confidence, commitment, satisfaction, and cooperation with an average score of 18, 5 (high): 13, 5 (high): 10, 5 (medium): 9, 5 (high ). The level of relationship marketing linkages KSU Brosem on all nodes at the level of coordination. While the level of attachment relationship marketing CV.Bagus the customer node apple cider and farmers CV.Bagus partners at the level of the collaborative. Then the node CV.Bagus to partners and customers farmer apple cider at the level of coordination. At the level of coordination, the relationship between agro-industry business associate cider with more than just transactional activities and there has been closer ties. While the level of collaborative has established a very strong relationship and business partners participating in all planning and decision making.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/266/051406094
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 17 Oct 2014 15:34
Last Modified: 17 Oct 2014 15:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129730
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item