Analisis Relationship Marketing Antara Produsen Wingko Dengan Pemasok Dan Pelanggan (Studi Pada Agroindustri Wingko Di Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan)

Rakhmawati, Eka (2014) Analisis Relationship Marketing Antara Produsen Wingko Dengan Pemasok Dan Pelanggan (Studi Pada Agroindustri Wingko Di Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu industri yang berkembang di Lamongan adalah industri pengolahan makanan. Dari berbagai macam industri pengolahan makanan yang ada di Kabupaten Lamongan, produsen wingko adalah salah satu industri yang berpotensi dikembangkan karena wingko merupakan produk unggulan dari Kabupaten Lamongan. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan produsen wingko menyebabkan banyaknya pelaku usaha baru yang ikut dalam persaingan di produsen wingko. Produsen wingko harus mampu menjalin relationship marketing yang baik dengan anggota rantai pasok lainnya mulai dari bagian hulu (upstream) dalam menyediakan bahan baku atau input hingga bagian hilir (downsteam) dalam distribusi dan pemasaran produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis relationship marketing ditinjau dari dimensi kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan ketergantungan antara produsen wingko dengan pemasok dan pelanggan. Tujuan kedua yaitu untuk menganalisis tingkat keterikatan relationship marketing antara produsen wingko kecil dengan pemasok dan pelanggan di Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif statisti dengan skala likert. Relationship marketing antara produsen wingko dengan pemasok dan pelanggan diukur melalui empat dimensi yaitu kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan ketergantungan. Sedangkan untuk tingkat keterikatan relationship marketing antara produsen wingko dengan pemasok dan pelanggan terdiri dari level kooperatif, koordinatif, dan kolaboratif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa relationship marketing antara produsen wingko dengan pemasok dan pelanggannya untuk produsen wingko skala menengah pada simpul produsen wingko terhadap pemasok bahan baku untuk diperoleh kategori tinggi pada dimensi kepercayaan, komitmen, ketergantungan, dan kategori sedang pada dimensi kepuasan, dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 15:13:11:9. Sedangkan untuk produsen wingko wingko skala kecil diperoleh kategori sedang pada dimensi kepercayaan, kepuasan, ketergantungan, dan kategori tinggi pada dimensi komitmen, dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 14:8:11:12. Pada simpul pemasok bahan baku terhadap produsen wingko skala menengah diperoleh kategori sedang pada dimensi kepercayaan, kepuasan, dan ketergantungan, dan kategori tinggi pada dimensi komitmen, dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 14:7:9:12,5. Sedangkan untuk pemasok dari produsen wingko skala kecil diperoleh kategori sedang pada dimensi kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan ketergantungan, dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 13:11,5:7:10. Pada simpul produsen wingko terhadap pelanggan untuk produsen wingko skala menengah diperoleh kategori tinggi pada dimensi kepercayaan, komitmen, dan kategori sedang pada dimensi kepuasan, dan ketergantungan, dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 15:12:6:11. Sedangkan untuk produsen wingko skala kecil juga diperoleh kategori sedang pada dimensi kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan ketergantungan dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 14:11:6:11. Pada simpul pelanggan terhadap produsen wingko untuk pelanggan dari produsen wingko skala menengah diperoleh kategori tinggi pada dimensi kepercayaan, komitmen, kategori sedang pada dimensi kepuasan dan ketergantungan, dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 14,75:11,87:8,75:12,12. Sedangkan untuk pelanggan dari produsen wingko skala kecil diperoleh kategori sedang pada dimensi kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan ketergantungan dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 13,6:11:8:11,4. Tingkat keterikatan relationship marketing produsen wingko terhadap pemasok berada pada level kolaboratif untuk skala menengah dan level koordinatif untuk skala kecil. Pada simpul pemasok terhadap produsen wingko berada pada level koordinatif untuk skala menengah dan skala kecil. Pada simpul produsen wingko terhadap pelanggan untuk skala menengah dan skala kecil berada pada level koordinatif. Pada simpul pelanggan terhadap produsen wingko berada pada level kolaboratif untuk skala menengah dan skala kecil.

English Abstract

One of industry that developed in Lamongan is food processing industries. From many kinds of food processing industry in Lamongan, wingko producer is one industry that has the potential to be developed as a superior product wingko of Lamongan. With the increasing amount of wingko producer causing many new producer participate in competition to produce wingko. Wingko producers must be able to establish a good relationship marketing with other members of the supply chain from the upstream in the supply of raw materials or inputs to the downstream in the distribution and marketing of products. The purpose of this research is to analyze the relationship marketing in terms the dimensions of trust, commitment, satisfaction, and reliance on mediumscale producers wingko with small scale between suppliers and customers. The second purpose is to analyze the level lingkage of relationship marketing on wingko medium-scale producers with small scale between suppliers and customers in the Babat subdistrict Lamongan district. The method in this study use descriptive analysis with Likert scale. relationship marketing Wingko producer between suppliers and customers is measured through four dimensions: trust, commitment, satisfaction, and dependence. While for the level of attachment relationship marketing wingko producer between suppliers and customers consist of the level of cooperation, coordination, and collaborative. Based on this research results known that the relationship marketing between wingko producers with suppliers and customers to medium-scale producers at node wingko producers to suppliers of raw materials to obtain high category on the dimensions of trust, commitment, dependability, and the category of being the dimension of satisfaction, with scores on each dimension is 15:13:11:9. As for small-scale wingko producers obtained categories were on the dimensions of trust, satisfaction, dependability, and high categories on the dimensions of commitment, the value of each dimension is 14:8:11:12. At the knot material suppliers against wingko producers medium scale category were obtained on the dimensions of trust, satisfaction, and dependence, and high categories on the dimensions of commitment, the value of each dimension is 14:7:9:12,5. As for suppliers of small-scale producers wingko obtained categories were on the dimensions of trust, commitment, satisfaction, and dependence, the value of each dimension is 13:11,5:7:10. At the knot wingko producer against customer to medium-scale wingko producers obtained higher category on the dimensions of trust, commitment, and satisfaction categories were on the dimensions, and dependence, the value of each dimension is 15:12:6:11. As for small-scale producers also obtained wingko medium category on the dimensions of trust, commitment, satisfaction, and dependence on the value of each dimension is 14:11:6:11. At the knot customer against wingko producer to customer from mediumscale wingko producers obtained higher category on the dimensions of trust, commitment, satisfaction dimensional medium category and dependence on, the value in each dimension is 14,75:11,87:8,75: 12.12. While for the customers of small-scale producers wingko obtained categories were on the dimensions of trust, commitment, satisfaction, and dependence on the value of each dimension is 13,6:11:8:11,4. Level of attachment to the wingko producer cooperative relationships at the level of collaborative supplier for medium-scale and small-scale levels to coordinate. At node wingko supplier to producers at the level of coordination for medium scale and small scale. At node wingko producers to customers for medium-scale and small-scale at the level of coordination. At the customer node to the producer at the level of collaborative wingko for medium and small scale.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/233/051405407
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 02 Sep 2014 14:16
Last Modified: 20 Oct 2021 05:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129693
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_6.pdf]
Preview
Text
BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN_DAN_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN_DAN_KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item