Analisis Atribut Produk Dan Strategi Pemasaran Pada Produk Carang Mas Rejeki (Studi Kasus Di Ud.Rejeki Kota Jombang)

Astuti, ImanuellaPuji (2014) Analisis Atribut Produk Dan Strategi Pemasaran Pada Produk Carang Mas Rejeki (Studi Kasus Di Ud.Rejeki Kota Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan agroindustri di Jawa Timur kini mulai terlihat dengan banyaknya merek makanan dan minuman yang diolah oleh agroindustri yang menjadi buah tangan para wisatawan yang berkunjung ke daerah wisata tersebut. Di Kabupaten Jombang perkembangan agroindustri didominasi oleh pengolah makanan tradisional seperti carang mas, kue satru, jepit ketan hitam, emping jlarut, aneka jenang dan dodol, sedangkan untuk home industri pengolah minuman yang terdapat di Kabupaten Jombang yaitu aneka jamu tradisional dan kopi kapulaga. Banyaknya agroindustri di suatu daerah memiliki tujuan yaitu untuk mengenalkan khas makanan .Selain itu, melalui agroindustri juga dapat menambah lapangan pekerjaan dan pendapatan masyarakat setempat. Makanan ringan carang mas atau yang dapat disebut dalam bahasa Jawa dengan nama cekeremes merupakan makanan tradisional yang sudah lama ada khususnya di wilayah Jawa Timur. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan jaman makanan carang mas ini kurang diminati oleh sejumlah masyarakat dikarenakan makanan carang mas kurang dapat bersaing dengan makanan ringan yang eksis pada saat ini. Pemahaman akan perilaku konsumen merupakan merupakan hal yang terpenting dalam menjalankan suatu usaha sebab melalui pemahaman perilaku konsumen suatu agroindustri mampu merencanakan produksi, mengembangakan produk dan memasarkan produk sehingga dapat diminati oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah 1.Menganalisis atribut mana yang harus dipertahankan dan dikembangkan oleh UD.Rejeki, 2.Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Carang Mas Rejeki dan 3.Merumuskan strategi pemasaran yang tepat guna mengenalkan produk carang mas yang dihasilkan oleh UD.Rejeki Kabupaten Jombang. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif-kuantitatif . Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Skala Likert hal ini dimaksudkan supaya data kualitatif dapat dikuantitatifkan sehingga atribut yang diukur dapat dinyatakan dalam bentuk angka. Dalam penelitian ini analisis atribut produk dapat dilihat dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan tingkat kepuasan konsumen dilihat dengan menggunakan metode Customer Sastifaction Index (CSI) serta penyusunan strategi pemasaran dengan menggunakan metode analysis SWOT. Pada penelitian ini atribut yang digunakan yaitu merek, kemasan (bahan kemasan, bentuk kemasan, ukuran kemasan), promosi, label (jaminan halal dan desain), Harga (harga terjangkau dan kesesuaian harga dengan kualitas produk), manfaat dan kemudahan mendapatkan produk. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis menunjukkan atribut produk yanng perlu dipertahankan dan dikembangkan yaitu atribut bentuk kemasan, ukuran kemasan jaminan halal, rasa , kerenyahan dan keterjangkuan harga produk. Sedangkan atribut yang perlu diperbaiki adalah atribut bahan kemasan, manfaat bahan baku produk, promosi, dan kemudahan mendapatkan produk. Nilai hasil perhitungan dengan menggunakan metode Customer Sastifaction Index diperoleh sebesar 77 persen yang yang berada pada kisaran 0,66-0,80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan konsumen merasa puas terhadap kinerja atribut-atribut yang diteliti dari produk carang mas Rejeki. Strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh UD.Rejeki yaitu 1. Strategi SO dibuat berdasarkan jalan pikiran agroindustri, yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. Strategi SO yang ditempuh oleh UD.Rejeki dengan mempertahankan kualitas produk (rasa dan kerenyahan) Carang Mas Rejeki, sebab melalui pertahanann pada kualitas produk maka akan lebih menarik konsumen untuk melakukan pembelian secara berulang, 2.Strategi ST adalah strategi dalam menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman. Strategi ST ditempuh oleh UD.Rejeki yaitu a. Konsistensi terhadap harga jual produk di pasaran, b. Berkerjasama dengan pemasok bahan baku c.Membuat variasi kemasan pada produk carang mas, 3.Strategi WO (Mendukung Strategi Turn-Around)Strategi ini diterapkan berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada. Strategi WO yang ditempuh oleh UD. Rejeki yaitu a.Melakukan promosi produk dengan cara mengikuti kegiatan pameran UKM, pemberian brosur.b.Memperluas saluran pendistribusian produk dengan menjual produk di sekitar Pondok Tebu Ireng dan Makam Gusdur, 4.Strategi WT Strategi ini didasarkan pada kegiatan yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman. Strategi WT ditempuh oleh UD.Rejeki yaitu meningkatkan brand image pada carang mas Rejeki dan meningkatkan loyalitas konsumen

English Abstract

Agro industry development in East java has been seen through many food and drink brands which is produced by agro industry as a gift for tourist visiting the tourism place. Agro industrial development in Jombang is dominated by the traditional food processing such as carang mas, kue satru, jepit ketan hitam, emping jlarut, aneka jenang, and dodol, while home industri of drink processing is traditional herb and coffee kapulaga. Many of agro industries in one of area aim to introduce the specialty. Moreover, agro industry can improve employment and people’s. Carang mas or cekeremes (Javanese name of food) is a traditional food in East java. However, during the times carang mas is less devotee because it cannot compete with the existing snack. An understanding of consumer behavior is an crucial thing in running a business because through understanding consumer behavior an agro industry be able to plan production, develop the product and market the product in order to be demanded by the public The aims of the study are 1. to analyze the attribute that should be maintained and developed by UD.Rejeki, 2. to analyze the level of customer satisfaction to Carang Mas Rejeki and 3. to formulate the marketing to introduce carang mas produced by UD.Rejeki, Jombang. In this tudy, analysis of product attribute employee the Importance Performance Analysis (IPA) method and Customer Sastifaction Index (CSI) which is used to measure the level of customer satisfaction as well as a SWOT analysis of the methods used to formulate marketing strategy. Attribute being used in the study is brands, packages (packaging materials, packaging shape, size packaging), promotion, label (halal assurance and design), price (affordable price and suitability of prices and products), the benefit and the easiness of finding the products. The results of the study through using Importance Performance Analysis method show that the maintaining and developing product attributes are packaging shape, size packaging, halal assurance, taste, crunchiness, and affordable product. While the attributes need to be improves are packaging material, the benefit of raw materials, promotion, and the easiness of finding the products. The result of Customer Sastifaction Index shows that 77 percent in 0,66-0,80. It can be conclude that the consumers felt satisfied on the performance of studied attributes of carang mas Rejeki. Marketing strategies that can be done by UD.Rejeki namely Marketing strategies that can be done by UD.Rejeki are 1.Strategies SO (Supporting Strategy grwoth) This strategy is based agro-industry way of thinking, that is by utilizing all the power to seize and exploit opportunities as possible. SO strategies adopted by UD.Rejeki with maintaining product quality (taste and crispness) Carang Mas Rejeki because through defense on the quality of the product will attract more consumers to make purchases repeatedly, 2.Strategies ST (Supports Diversification Strategy) is the strategy in using the power of the company to cope with the threat. ST strategies pursued by UD.Rejeki namely: a. The consistency of the product price in the market, b.Collaboration with suppliers of raw materials c.Make variations on the product packaging mas branches, 3.WO Strategy (Turn-Around Strategy Support) this strategy is implemented by exploiting existing opportunities by minimizing weaknesses. WO strategies adopted by UD. Rejeki namely a). the promotion of products by following UKM fair giving brosur b).Expand product distribution channels by selling products around the cottage Tebu Ireng and Tomb Gusdur. 4.WT Strategies (Strategy Defense Support) strategy is based on activities that are defensive and try to minimize weaknesses and avoid threats. WT strategies pursued by UD.Rejeki namely improving brand image on Carang Mas Rejeki and increase customer loyalty

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/219/051405393
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 01 Sep 2014 11:35
Last Modified: 20 Oct 2021 05:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129676
[thumbnail of Ringkasan_+_Daftar_Isi_.pdf]
Preview
Text
Ringkasan_+_Daftar_Isi_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item