Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kacang Sihobuk (Studi Kasus pada Toko Martabe, Kecamatan Sipaholon, Tapanuli Utara, Sumatera Utara).

Sianipar, Nurliana (2014) Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kacang Sihobuk (Studi Kasus pada Toko Martabe, Kecamatan Sipaholon, Tapanuli Utara, Sumatera Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara agraris yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Sektor pertanian sebagai salah satu sektor unggulan yang dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Komoditi pertanian yang dapat dikembangkan, salah satunya adalah tanaman kacang tanah. Di daerah Tapanuli Utara, kacang tanah diolah menjadi kacang sihobuk. Kacang sihobuk sampai saat ini sudah menjadi buah tangan oleh masyarakat sekitar yang berkunjung ke Tapanuli Utara. Saat ini semakin banyak merek kacang sihobuk yang sudah tersebar memberikan berbagai pilihan kepada konsumen dalam mengkonsumsi kacang sihobuk. Oleh karena itu perlu diketahui jenis atribut yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Variabel atribut tersebut dianalisis untuk mengetahui produk kacang sihobuk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Selain pengaruh atribut produk, produsen juga perlu mengetahui karakteristik umum konsumen dan tahapan yang dilalui konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian produk kacang sihobuk sebagai buah tangan Tapanuli Utara. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis atribut-atribut dari produk yang menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian kacang sihobuk. (2) Untuk menganalisis sikap dan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian kacang sihobuk. Hipotesis hasil penelitian adalah: (1) Diduga atribut-atribut harga, merek, kemasan, label, rasa, lokasi, pelayanan dan promosi dari produk menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian kacang sihohuk. (2) Diduga sikap konsumen dalam keputusan pembelian kacang sihobuk berdasarkan atribut produk adalah positif dan perilaku konsumen adalah bermaksud membeli kacang sihobuk. Penelitian dilakukan di Toko Martabe yang berlokasi di Desa Sihobuk, kec Sipaholon, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Penentuan lokasi ini ditentukan secara purposive dengan pertimbangan bahwa perusahaan ini memiliki lokasi yang strategis dan sudah cukup terkenal diantara banyak pesaing kacang sihobuk di kecamatan Tapanuli Utara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling yang diperoleh dari survei dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji Cohran Q Test, uji validitas, dan uji reliabilitas. Pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 16.0 for windows dan Microsoft Excel. Skala pengukuran yang digunakan dengan skala likert 1-5. Hasil uji Cohran yang dilakukan pada atribut-atribut produk kacang sihobuk yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pembelian adalah atribut harga, merek, kemasan, rasa, dan pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji validitas dari instrumen dari tiap-tiap variabel adalah valid dan hasil uji reliabilitas dari instrumen adalah reliabel. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai korelasi tiap-tiap variabel lebih besar dari nilai kritis r tabel dan diperoleh nilai Alpha Chronbach lebih besar dari 0,6 sehingga dapat dikatakan bahwa semua instrumen adalah reliabel. Sebagian besar responden memiliki kecenderungan bersikap positif terhadap produk kacang sihobuk dengan persentase sebesar 58 persen dan sebanyak 80 persen menyatakan kemungkinan responden akan terus membeli produk kacang sihobuk. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian, yaitu: (1) Untuk meningkatkan hasil penjualan, maka produsen diharapkan memperhatikan atribut-atribut seperti harga, merek, kemasan, rasa, dan pelayanan dan produk kacang sihobuk. (2) Dengan memperhatikan sikap dan perilaku pembelian konsumen, diharapkan perusahaan lebih memperhatikan konsumen yang menjadi segmen pasar dari produk kacang sihobuk.

English Abstract

Indonesia is one of the most countries who are agrarian and rich in natural realm. In a sector of farming, it is as one of the most important sector that could develop Indonesia’s economy situation. The farming commodity that could be developed, one of them is the peanut planting. In the area of North Tapanuli, peanut are proceeded into a sihobuk peanut. Sihobuk peanut up until today has been one of the most precious products that people would buy when they visit North Tapanuli. Nowadays there are many sihobuk peanut brandings that have been spreaded by giving many choices in consuming sihobuk peanut. Therefore it is needed to know a kind of attribute that is suitable to the consumers wants and needs. That attribute variable is analysized to determine the sihobuk peanut product’s suitableness to the consumers in terms of their needs and wants. Aside of the product attribution effect, producers also need to know consumers general characteristic and steps that the consumers went through in the process of making decision in buying sihobuk peanut product as their souvenirs from North Tapanuli. The objective of this research is: (1) to analyze attributes from the product being the consuments consideration in making a decision to buy the sihobuk peanut product. (2) to analyze attitudes and behaviors in the decision of buying sihobuk peanut. Hypothesis seen from the result of the research are: (1) it is speculated that attributions such as price, brand, package, label, flavor, location, service and promotion by the product become the consumers consideration in making their decisions to but sihobuk peanut. (2) it is speculated that consumers attitude in their decision to buy sihobuk peanut in accordance to the attribution of product is positive and that consumers are really meant to buy the sihobuk peanut. The research was conducted in Martabe Shop that is located in Sihobuk Village, in District of Sipaholon of North Tapanuli, North Sumatra. The locatation that was chosen was made by a purposive with a consideration that this company has a strategic location and it is quite known to other people who are also competing with Sihobuk peanut in District of North Tapanuli. Data to be used in this research is primary data and secondary data. Sample collection was conducted by using accidental sampling method that was obtained by surveying and using questionnaires. The method of data analysis used was descriptive analysis, Cohron O Test examination, validity examination, and reliability examination. Data processing was by using SPSS version 16.0 for iv windows and Microsoft Excel. Scale of measurement that was used is the likert scale 1-5. The Cohron examination done in sihobuk peanut product attributes that has become the consumers consideration in buying the product is the proce attribute, brand, package, flavor and service. The result of the research shows that validity examination result from the instrument from every variables are valid and reliability examination result from the instrument is reliable. This is shown by the big amount of correlation value in every variables are bigger from the critical value table r and obtained the Alpha Chronbach value is bigger than 0.6 meaning that it could be said that all of the instruments are reliable. Most of the respondents have its attitude showing a positive attitude to the sihobuk peanut product with a percentage of 58 percent and for as much as 80 percent stated that they would buy the sihobuk peanut product continously. Suggestion given in accordance to the research result, are: (1) to increase the selling, producers are hoped to give attention to such attributes as price, brand, package, flavor, and service and sihobuk peanut production. (2) by paying attention to attitudes and behaviors of people buying the product, it is hoped that the company would be more caring to those consumers, who are actually the market segment from the sihobuk peanut product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/211/051404787
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Aug 2014 07:34
Last Modified: 20 Oct 2021 05:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129668
[thumbnail of Lampiran_fix.pdf]
Preview
Text
Lampiran_fix.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Bab_1_-_6_fix.pdf]
Preview
Text
Bab_1_-_6_fix.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan_etc.pdf]
Preview
Text
Ringkasan_etc.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item